Hey, Cowok! Inilah Amalan Yang Bikin Kamu Semangat di Hari Jumat

Mirwans.com – Hello, Mirwaners, ini khusus untuk cowok aja yaaah. Gak terasa yah hari ini uda...


pria shaleh

Mirwans.com – Hello, Mirwaners, ini khusus untuk cowok aja yaaah. Gak terasa yah hari ini udah hari jumat. Rasanya cepet banget waktu berlalu. Padahal baru kemaren deh hari jumat. Eeh.. sekarang udah jumat lagi. Nah, buat kamu para cowok-cowok, tau kan harus ngapain aja dihari jumat? What? Sunnah rasul? Ya elaahh… Kayak udah punya istri aja. Kamu kan jomblo. Ya gak mungkin lah mau sunnah rasul segala. Ya kan?

Sebenarnya saya mau ngingetin buat kamu cowok-cowok. Hari ini adalah hari jumat dan ada amal-amal tertentu yang sunnah dikerjakan dihari jumat. Kamu mau dapat pahala kan? Of course iya. Jangan cari dosa doang. Cari pahala juga dong yah. Hari jumat gitu lho. Hari yang paling mulia bagi seluruh kaum muslimin wal muslimat dan semua mereka memuliakanannya.

Oke ya Mirwaners, buat kamu yang mau menghidupkan syariat nabi shallahu alaihi wassalam, buat yang mau aja yah. Yang gak mau ya udah. Kamu yang rugi. Oke, buat kamu yang mau, ada beberapa adab yang harus kamu perhatikan.

Yang pertama, mandi. Kamu harus mandi biar bersih. Jangan seperti kemaren ya, gak mandi. Bau. Bikin gak betah kalau ada orang disamping mu tau gak. Oke, kalau udah mandi, udah bersih, jangan lupa pakai perfume, biar wangi, biar harum. Biar orang senang berada didekat mu.  Terus, pake baju. Jangan gak pakai baju ya. Pakai baju yang terbaik yang kamu punya. Karena ada hadistnya lho :

Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda :
"Siapa yang mandi pada hari jum'at dan memakai pakaian terbaik yang dimiliki, memakai harum-haruman jika ada, kemudian pergi jum'at dan di sana tidak melangkahi bahu manusia lalu ia mengerjakan sholat sunnah, kemudia ketika imam datang ia diam sampai selesai sholat jum'at maka perbuatannya itu akan menghapuskan dosanya antara jum'at itu dan jum'at sebelumnya." (HR. Ibnu Hibban dan Al-Hakim).”

Yang kedua, lihat kuku-kuku jari mu. Kalau kelihatan panjang dan kotor. Potong!!! Biar bersih gitu lho. Terus coba ngaca. Lihat kumis mu. Kalau terlalu panjuang, potong!!! Kalau kurang rapi, dirapiin yah. Nih haditsnya :

"Adalah Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda :"Memotong kuku dan mencukur kumis pada hari jum'at sebelum beliau pergi sholat jum'at.(HR. Al-Baihaqi dan At-Thabrani).”

Yang ketiga, banyakin membaca surah Al-Kahfi. Kebanyakan kamu pasti bacanya surat yasin kan? Nah, membaca surat yasin juga gak apa-apa. Tetap dapat pahala. Tapi, ada haditsnya laho kalau hari jumat itu seharusnya banyakin membaca surat Al-Kahfi. Nih haditsnya :

“Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda :“Barangsiapa membaca surat al-kahfi pada hari jum’at, maka cahaya akan menyinarinya diantara dua jum’at”. (H.R al-Hakim hadits shahih).”

Yang keempat, sering-seringlah bershalat keatas nabi. Karena salah satu bentuk kecintaan kita kepada beliau adalah dengan perbanyakkan shalat keatas beliau. Nih, ada haditsnya:

Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda : “ Maka perbanyaklah (sholawat) kepadaku pada hari (jum’at) ini, sesungguhnya sholawat kalian akan ditampakkan kepadaku” (H.R Abu Daud no.1047 hadits shahih).

Yang kelima, bersegeralah menuju masjid. Jangan sampai telat lagi seperti kemaren. Khatib udah berkhutbah, eeh… kamu baru nongol. Jangan seperti itu lagi. Jangan sampai telat lagi. Ada keutamaannya lho kalau kita bersegera ke masjid. Inih :

Dari Abu hurairoh berkata: Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda : “Pada hari jum’at disetiap pintu mesjid ada beberapa malaikat yang mencatat satu persatu orang yang hadir sholat jum’at sesuai dengan kualitas kedudukannya, Apabila imam datang/ naik mimbar maka para malaikat itu menutup lembaran catatan tersebut lalu meraka bersiap-siap mendengarkan khutbah, perumpamaan orang yang datang lebih awal seperti orang yang berqurban seekor unta gemuk, orang yang datang berikutnya seperti orang yang berqurban sapi, dan orang datang berikutnya seperti orang yang berqurban kambing, dan orang yang datang berikutnya seperti orang yang bersedeqah ayam, dan orang yang datang berikutnya (kelompok akhir) seperti orang yang bersedekah sebutir telur.” (H.R Bukhori no:929 Muslim no:850)

Yang keenam, kalau udah sampe ke mesjid, sambil nunggu khatib naik mimbar, ada baiknya kamu shalat sunnah terlebih dahulu ya. Karena ada hadits yang mengatakan :

Abu Huroiroh radhiallahu ‘anhu menuturkan bahwa Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda : “Barang siapa mandi kemudian datang untuk sholat Jumat, lalu ia sholat semampunya dan dia diam mendengarkan khotbah hingga selesai, kemudian sholat bersama imam maka akan diampuni dosanya mulai jum’at ini sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim)

Yang ketujuh, kalau udah selesai mengerjakan shalat jumat, jangan lupa mengerjakan shalat sunnah ya.
Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam bersabda :“Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata,“Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka sholatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi).

Nah, itulah yang bisa kamu lakukan dihari jumat. Sebenarnya masih ada amalan lainnya yang bisa kamu kerjakan, seperti bersedekah, jangan lupa ya, kalau ke mesjid itu jangan lupa bawa uang, untuk dimasukin ke kotak amal, seikhlasnya aja. Dan jangan pelit-pelit amat. Selain bersedekah, kamu hendaknya membahagiakan istri ya, kamu yang udah punya istri lho. Bagi kamu yang jomblo, gak usah!!! Emang istri siapa yang pingin kamu bahagiain? Hayooo… siapa?

Okeh, mungkin itu aja yang bisa saya omongin kali ini, Mirwaners. Yuk shalat jumat!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Hey, Cowok! Inilah Amalan Yang Bikin Kamu Semangat di Hari Jumat
Hey, Cowok! Inilah Amalan Yang Bikin Kamu Semangat di Hari Jumat
https://1.bp.blogspot.com/-8MvLKWMOySo/VqGwxVnkbkI/AAAAAAAAM28/Ec02hJGoYRM/s640/11181317_10203515789450377_3032233482759213969_n.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8MvLKWMOySo/VqGwxVnkbkI/AAAAAAAAM28/Ec02hJGoYRM/s72-c/11181317_10203515789450377_3032233482759213969_n.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/01/hey-cowok-inilah-amalan-yang-bikin-kamu.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/01/hey-cowok-inilah-amalan-yang-bikin-kamu.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy