Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Jebol dipertengahan Bulan

Mirwans.com – Mirwaners, pasti kamu sering banget mengalami beberapa kesulitan dalam mengatur k...


Padang Hijau Sukaer Laran
Mirwans.com – Mirwaners, pasti kamu sering banget mengalami beberapa kesulitan dalam mengatur keuangan bulanan, iya kan? Sebagian dari kamu kadang merasa bahwa gaji kamu tergolong cukup untuk memenuhi keperluan sehari-hari, tapi  pada kenyatanya kamu merasakan ada kekurangan disaat di pertengahan bulan bahkan  pada akhir bulan. Dan tak jarang juga kamu pada akhirnya berhutang atau mengambil di tabungan.
Mirwaners, hal ini seharusnya tidak boleh lho terjadi terus-menerus. Apalagi ketika kamu udah cukup berumur dan matang, sudah seharusnya lho kamu mengutamakan menyimpan uang atau menabung daripada beli itu ini yang tidak terlalu dibutuhkan. Oleh karena itu, pengaturan keuangan itu sangatlah penting. Dibawah ini ada beberapa  cara mengatur keuangan yang mungkin bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari kamu.

KamuHarus Membuat Suatu Anggaran dan Rencana Keuangan Selama Sebulan

Mirwaners, ketahuilah bahwa membuat suatu anggaran bulanan tidak sesulit yang dibayangkan kok. Kamu itu hanya perlu membuat sebuah daftar pengeluaran kebutuhan harian, seperti kebutuhan untuk membeli makanan, transportasi, make up atau perawatan diri, pulsa, jalan-jalan dan lainnya. Dan jangan lupa sediakan anggaran yang maksimal untuk kebutuhan yang tak terduga, misalnya kebutuhan jika nanti kamu sakit atau mungkin ada musibah lain. Jangan terlalu pelit kali untuk diri kamu sendiri dan jangan pula terlalu boros yah, Mirwaners!

Jangan ditunda. Bayar Segera Tagihan Bulanan Kamu, dan Jangan Sampai Membengkak

Mirwaners, apabila kamu memiliki iuran atau tagihan bulanan yang harus kamu bayar, seperti cicilan motor, cicilan mobil, cicilian rumah, sewa kost, tagihan listrik dan air, tagihan TV kabel, tagihan internet, telepon rumah dan kebutuhan lainnya, usahakan jangan sampai telat bayar yah. Prioritaskan membayar tagihan yang sudah menjadi kewajiban kamu sebelum membeli kebutuhan lain. Mungkin saja ada toleransi atas keterlambatan pembayaran tagihan kamu, tapi hal ini tidak lah bagus buat kamu, ini nantinya bisa menjadi kebiasaan kamu, pembayaran membengkak dan pada akhirnya bikin kamu repot sendiri lho.

Sisihkan Uang hasil dari Gaji Kamu untuk Orang Tua di Rumah

Bagi kamu ini mungkin hal yang sangat  sepele, tapi kamu juga harus percaya lho segala rejeki datangnya dari Tuhan. Apabila kamu berbagi rejeki untuk orang lain, terlebih lagi untuk orang tua kamu sendiri pasti rejekimu akan lebih berkah. Sekecil apapun itu, jangan lupa berbagi rezeki dengan orang tua kamu ya, Mirwaners.

Jangan lupa sisihkan juga untuk Tabungan kamu secara rutin

Pada umumnya uang tabungan pribadi kamu adalah sisa dari gaji kamu setelah dikurangi kebutuhan-kebutuhan dalam sebulan. Nah, kali ini kamu harus mencoba ya menyisihkan uang gaji terlebih dahulu untuk menabung, kemudian baru dipakai untuk kebutuhan mu dan hal ini harus kamu lakukan secara rutin pada bulan-bulan berikutnya.
Jangan gengsi membeli barang diskonan, karena membeli barang diskonan itu tak ada salahnya lho
Pasti diantara kamu berfikir bahwa membeli barang diskon itu terlihat murahan, terus gengsi. Mirwaners, siapa bilang membeli barang diskonan itu sesuatu yang salah? Jangan salah ya. Jangan karena kegengsian kamu lantas kamu ogah membeli barang diskonan. Ketahuilah, Mirwaners, dengan membeli barang diskonan, kamu itu akan mendapatkan barang yang lebih murah dan bisa membuat kamu lebih hemat.
Cobalah mulai berpikir untuk menginvestasikan sebagian gajimu
Mirwaners, perlu kamu tahu bahwa usia muda bukanlah menjadi penghalang bagi kamu untuk menginvestasikan sebagian penghasilan kamu. Kamu itu bisa menginvestasikan sebagian penghasilan atau gaji kamu ke dalam bentuk  yang lain yang nilainya tidak mudah berubah, seperti tanah, polis asuransi, emas atau yang lainnya.
Lakukanlah sebuah evaluasi dan perbandingannya pada tiap-tiap bulan
Mirwaners, muali sekarang biasakanlah untuk mencatat pengeluaran harian kamu, kumpulkan bon atau struk belanjaan kamu. Tulis dan bandingkan dengan jumlah gaji yang kamu dapatkan. Coba kamu lakukan hal ini selama 3 bulan dan bandingkanlah. Nanti kamu pasti akan menemukan suatu kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Mirwaners, dengan melakukan evaluasi ini nanti kamu akan menjadi orang yang lebih bijak dalam mengatur keuangan kamu sendiri.
Demikianlah tips mengatur keuangan agar tidak jebol di pertengahanbulan. Walau bagaimana pun, itu semua tergantung kepada kebijakan kamu sendiri dalam mengatur keuangan. Mudah-mudahan tips di atas bermanfaat ya, Mirwaners.
Mirwan Choky

COMMENTS

BLOGGER
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Jebol dipertengahan Bulan
Tips Mengatur Keuangan agar Tidak Jebol dipertengahan Bulan
https://1.bp.blogspot.com/-ZdRXlbzd_78/Vq9mPN0XB3I/AAAAAAAAM_I/BRbB9G-_ITM/s400/C360_2015-02-22-20-05-31-884.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-ZdRXlbzd_78/Vq9mPN0XB3I/AAAAAAAAM_I/BRbB9G-_ITM/s72-c/C360_2015-02-22-20-05-31-884.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/02/tips-mengatur-keuangan-agar-tidak-jebol.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/02/tips-mengatur-keuangan-agar-tidak-jebol.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy