5 Cara Terbaik Menghadapi Haters di Media Sosial

Apa itu Haters? Haters secara bahasa artinya adalah pembenci. Haters secara lebih luas artinya...




Apa itu Haters?

Haters secara bahasa artinya adalah pembenci. Haters secara lebih luas artinya dalah adalah orang-orang yang selalu membenci atau tidak menyukai sebaik apapun hal yang kita perbuat. Kalau kalau ada orang yang benci kalau kita memang melakukan hal yang buruk itu wajar namanya.

Contoh yang dinamakan haters adalah ketika saat kita berubah dalam perilaku ke arah yang lebih baik, misalnya berhenti merokok. Dulunya kita seorang perokok, tapi sekarang tiba-tiba berhenti merokok karena sadar bahwa sehat itu penting, terus tiba-tiba ada orang yang membicarakan kita dalam konteks tuduhan-tuduhan negatif yang tidak sejalan dengan yang sedang kita upayakan seperti “Ahh… cemen loe”, Gak laki banget, masak gak ngerokok”, “Dasar bencong lu”. Nah, orang-orang tersebut adalah haters. Mereka tidak suka dengan hal yang kita buat walaupun hal yang kita buat itu adalah hal yang baik.

Begitulah manusia, sebaik-baiknya manusia, pasti ada saja yang tidak menyukai. Jangankan manusia yang jahat, manusia mulia yang luhur budi pekerti, halus tutur kata dan bersih hatinya  seperti nabi Muhammad SAW pun banyak yang membenci.

Mirwaners, dizaman era digital ini, fenomena bully di media social makin banyak terjadi. Tidak hanya di dunia nyata, di dunia maya juga begitu. Para pengguna medsos bebas mengekspresikan hinaan, ejekan, caci-maki, bahkan fitnah di media sosial. Para pembenci atau dikenal dengan istilah “haters” ini sangat kreatif mengekspresikan kebenciannya terhadap orang atau objek yang dibencinya. Bahkan tak dipungkiri juga sering terjadi saling serang antar dua kubu yang berseberangan, menjadi debat-debat yang tak berkesudahan.

Mirwaners, apakah anda memiliki “hater” dimedia sosial? Nah, jika anda memiliki, apa yang harus anda lakukan untuk menghadapi orang-orang seperti ini? Berikut saya akan bagikan cara-cara menghadapi haters di jejaringan media social :


1. Rubahlah Cara Anda Melihat Haters

Contohnya, jika saya sedang  menghadapi orang-orang yang rajin menghina, menjelek-jelekkan, memaki dan merendahkan saya,  Bila dalam benak saya berfikir bahwa mereka adalah orang-orang jahat, maka sudah pasti saya akan merasa sedih, marah, kesal, sakit hati dan ingin membalas dengan prilaku yang sama buruknya dengan para penghina itu. Emosi negatif ini akan berpengaruh buruk pada diri saya. Tapi akan berbeda halnya bila saya merubah cara padang saya terhadap penghina itu bahwa mereka membenci saya karena mereka tak mampu berbuat sebaik saya. Mereka patut dikasihani. Jadi saya adalah orang yang lebih beruntung dan lebih baik kehidupannya dibanding mereka. Nah, pikirkan aja seperti ini untuk menghadapi mereka.

2. Tahan Emosi

Mirwaners, ketahuilah bahwa haters itu punya cara paling kreatif untuk mengekspresikan ejekan, cemoohan dan hinaan terhadap diri kita. Tujuan mereka adalah untuk menjatuhkan, membuat anda merasa minder, sedih dan rapuh. Jangan biarkan mereka mencapai tujuan mereka itu. Tetaplah bergembira dan tetap fokus pada kemampuan diri anda sendiri. Walau kita tidak bisa mengontrol prilaku orang lain, tapi kita bisa sepenuhnya mengontrol diri kita sendiri. Jangan biarkan prilaku buruk mereka mempengaruhi diri anda. Stay happy.

3. Jangan dilayani

Ada istilah mengatakan “Haters’ gonna hate”. Haters itu selalu membenci apa pun yang kita lakukan. Jangan buang waktu anda untuk meladeni ocehan mereka dengan cara membuktikan bahwa anda tidak seperti anggapan buruk mereka. Percuma saja karena seperti yang saya bilang tadi, orang yang membenci anda  tak akan pernah suka dengan apa pun yang anda lakukan. Dan alangkah lebih baiknya salurkan semua perhatian, energi dan usaha anda untuk berkarya dan berprestasi. Balas dendam paling manis pada haters itu adalah dengan membuat hidup anda sendiri makin cemerlang dalam kesuksesan. Selain itu, sibukkan diri anda sendiri dengan berpikir positif dan melakukan hal-hal yang positif. Sibuklah membahagiakan orang terkasih di sekeliling anda hingga tak punya waktu untuk meladeni mereka dan merasa sakit hati.

4. Doakan Mereka

Pada umumnya haters itu adalah orang-orang yang gemar menebar kata-kata bernada negatif. Hati mereka penuh dengki. Keburukan yang mereka lakukan ibarat  meludah ke langit, tak akan terkena pada orang yang dibenci kecuali ke wajah mereka sendiri. Maka berdoalah untuk mereka supaya mereka diberi hidayahNya.

5. Jadikan ia sebagai Motivasi

Mirwaners, jadikanlah jeritan sakit hati mereka sebagai motivasi untuk berbuat lebih baik dari apa yang mereka lakukan. Yakinkan bahwa anda tidak akan melakukan keburukan yang sama seperti mereka, karena perkara mengolok-olok ini tidak baik dalam ajaran agama kita.

Demikianlah yang bisa saya tuliskan tentang 5 Cara Terbaik Menghadapi HATERS di Media Sosial. Semoga bermanfaat yah.

Mirwan Choky

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: 5 Cara Terbaik Menghadapi Haters di Media Sosial
5 Cara Terbaik Menghadapi Haters di Media Sosial
https://2.bp.blogspot.com/-ts3ZE4TZm34/VuTLUyEA3eI/AAAAAAAANaw/yvPTVO_ZA0oiLiAqeh7oi_-f-amQFGYdg/s400/haters.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-ts3ZE4TZm34/VuTLUyEA3eI/AAAAAAAANaw/yvPTVO_ZA0oiLiAqeh7oi_-f-amQFGYdg/s72-c/haters.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/03/5-cara-terbaik-menghadapi-haters-di.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/03/5-cara-terbaik-menghadapi-haters-di.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy