Cara Menjadi Guru yang Menyenangkan Bagi Siswa

Mirwaners, akhir-akhir ini agak lumayan sibuk saya. Workshop dari jam 8 pagi sampai jam 4 sor...


suami guru

Mirwaners, akhir-akhir ini agak lumayan sibuk saya. Workshop dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Sampai asrama langsung tepar dikasur. Menghibur diri sejenak, melepaskan lelah sambil bikin video gila.  Nih contoh videonya. Sebelum lihat, jangan lupa sediain dulu kantong plastik tempat muntah, ya :D

Oke deh, kembai ke topik. Berikut akan saya rangkumin sedikit dari apa yang saya dapat waktu di workshop kemaren dan beberapa tips yang saya baca-baca dari internet. Berikut adalah tips cara menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa-siswi kita. Bagi kamu yang berprofesi sebagai guru, mungkin tips ini sangat berguna.

1. Tampil didepan Kelas dengan Prima

Berusahalah tampil di muka kelas dengan prima. Kuasai betul materi pelajaran yang akan kamu berikan kepada siswa. Jika perlu, ketika berbicara di muka kelasa tidak membuka catatan atau buku pegangan sama sekali. Berbicaralah yang jelas dan lancar sehingga terkesan di hati siswa bahwa kita benar-benar tahu segala permasalahan dari materi yang disampaikan.

2. Selalu Ceria di Depan Kelas

Berusahalah selalu ceria di muka kelas. Jangan membawa persoalan-persoalan yang tidak menyenangkan dari rumah atau dari tempat lain ke dalam kelas sewaktu kita mulai dan sedang mengajar.

3. Kendali Emosi

Jangan mudah marah di kelas dan jangan mudah tersinggung karena perilaku siswa. Ingat siswa yang kita ajar adalah remaja yang masih sangat labil emosinya. Siswa yang kita ajar berasal dari daerah dan budaya yang mungkin berbeda satu dengan yang lainnya dan berbeda dengan kebiasaan kita, apalagi mungkin pendidikan di rumah dari orang tuanya memang kurang sesuai dengan tata cara dan kebiasaan kita. Marah di kelas akan membuat suasana menjadi tidak enak, siswa menjadi tegang. Hal ini akan berpengaruh pada daya nalar siswa untuk menerima materi pelajaran yang kita berikan.


4. Jangan Sombong

Tidak menyombongkan diri di hadapan murid atau jangan membanggakan diri sendiri, baik ketika sedang mengajar ataupun berada di lingkungan lain. Jangan mencemoohkan siswa yang tidak pandai di kelas dan jangan mempermalukan siswa (yang salah sekalipun) di muka orang banyak. Namun pangillah siswa yang bersalah dan bicaralah dengan baik-baik, tidak berbicara dan berlaku kasar pada siswa.

5. Berlakulah dengan Adil

Berusahalah berlaku adil dalam memberi penilaian kepada siswa. Jangan membeda-bedakan siswa yang pandai/mampu dan siswa yang kurang pandai/kurang mampu Serta tidak memuji secara berlebihan terhadap siswa yang pandai di hadapan siswa yang kurang pandai.

6. Tepuk Pundak

Pernahkah pundak kamu ditepuk-tepuk oleh guru pada saat disekolah? Kalau pernah, pastilah kamu masih ingat siapa guru itu sampai sekarang. Jadi, ketika kamu sedang mengajar dikelas, sesekali tepuklah salah satu pundak siswa pada saat kamu berbicara menyampaikan materi. Percayalah, hal itu akan membekas dihati mereka bahwa mereka itu mendapat perhatian dari guru. Bahkan sampai mereka kuliah dan membesar nanti, mereka yang kamu tepuk pundaknya akan mengingati kamu.

7. Perlakukan mereka sebagaimana kamu ingin diperlakukan pada saat sekolah dahulu

Kamu pada waktu sekolah dulu ingin diperlakukan seperti apa oleh guru? Ingin diperhatikan? Ingin suasana akrab? Atau yang lainnya, maka perlakukanlah mereka seperti yang kamu inginkan pada saat sekolah dulu.  Selama itu masih dalam koridor positif dan bisa memotivasi, maka lakukanlah. Ciptakanlah suasana yang akrab dengan siswa. Sesekali traktir dia ke kantin. Dan kalau dia berjalan kaki pulang sekolah, sesekali kasi tumpangan. Lakukan hal itu supaya tercipta suasana yang menyenangkan dan nyaman saat kamu berada dikelas mengajarnya, terlebih lagi diluar jam sekolah.

Demikianlah, tips cara menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa versi saya. Semoga tips ini bermanfaat buat kamu para guru dan calon guru. Mungkin Mirwaners punya tambahan, silakan ditambah di kolom komentar ya. 

Mirwan Choky

COMMENTS

BLOGGER
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Cara Menjadi Guru yang Menyenangkan Bagi Siswa
Cara Menjadi Guru yang Menyenangkan Bagi Siswa
https://2.bp.blogspot.com/-rFqdpBC8l10/VvQB9LE_69I/AAAAAAAANho/SnZSZ9r6D8k5jbJN3XCDGJScdFWD_NjtQ/s640/10177925_10204019900012826_8287235662033210968_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-rFqdpBC8l10/VvQB9LE_69I/AAAAAAAANho/SnZSZ9r6D8k5jbJN3XCDGJScdFWD_NjtQ/s72-c/10177925_10204019900012826_8287235662033210968_n.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/03/cara-menjadi-guru-yang-menyenangkan.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/03/cara-menjadi-guru-yang-menyenangkan.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy