Cara Menjalani Hidup Sehari-hari Supaya Selalu Semangat

Mirwaners, saya menulis tulisan ini karena ada teman di Facebook menanyakan tentang resep hidup...


sahabat


Mirwaners, saya menulis tulisan ini karena ada teman di Facebook menanyakan tentang resep hidup alias bagaimana cara menjalani hidup supaya selalu bersemangat menjalaninya. Hal ini ditanyai oleh seseorang di Facebook kepada Ade Ariani Pane. Dan si Ade pun menanyakan kembali siapa yang bisa jawab pertanyaan ini.

Facebook messenger

Oke, disini saya mencoba menjawab sebisa yang saya bisa. Saya menulis ini bukan berarti saya sok pintar atau sok apa ya. Ini hanya menurut pandangan saya. Mohon ambil yang positifnya dan buang yang dianggap negatif.

Mirwaners, kita sebagai manusia normal memang wajar selalu mengalami naik turunnya semangat dalam menjalani hidup. Kadang-kadang hidup ini begitu sangat mudah dijalani dan terasa begitu menyenangkan. Terkadang pula justru hidup ini begitu sulit dan sangat menyedihkan. Tetapi ada sebagian orang yang justru bisa membuat hidupnya selalu stabil dalam hal semangat. Contohnya saja si Ade Ariani Pane. Bukan karena hidupnya yang kelihatan selalu mudah dan tak ada masalah. Akan tetapi itu dikarenakan ia menjadikan hidupnya bukan menjadi suatu masalah dan ia tidak menjadikan hidupnya sebagai suatu kesulitan. Lalu bagaimana hal tersebut bisa terjadi ? Kuncinya ada di dalam diri kamu sendiri.

Namun bagi saya, kuncinya adalah sebagai berikut :

1. Iqro'! Bacalah! Sering-seringlah Membaca

Membaca disini ada 2 jenis:

Membaca Alam
Lihatlah, bacalah dan pelajari alam disekitar kamu. Sadarkanlah diri kamu bahwa semua ini adalah ciptaan tuhan yang maha Esa. Tidak ada satu pun yang Ia ciptakan dengan sia-sia. Bahkan nyamuk yang Ia ciptakan ada gunanya. Sadarkanlah diri kamu bahwa semua ini ada ditangan Allah. Allah yang mengatur semuanya. Allah yang mengatur alam ini. Allah yang mengatur hidup ini. Allah yang mengatur hidup kamu. Allahlah tuhan kita. Kamu menginginkan hidup kamu seperti apa? Maka datanglah kepada Allah. Mintalah kepadaNya.

Membaca Buku
Ada istilah mengatakan, “kamu adalah apa yang kamu makan”. “Apa yang masuk adalah apa yang keluar”. Maka dari istilah tersebut, dapatlah kita terapkan dalam hal membaca buku. Buku yang membawa mu ke arah postif. Iqro! Bacalah. Bacalah buku. Bacalah buku positif seperti buku pengembangan pribadi, buku motivasi, buku inspirasi dan terutama sekali bacalah kalamullah, Al-Quran. Karena otak kita itu harus selalu dilatih dan di motivasi. Selain itu, berkumpullah dengan orang-orang yang sukses dan yang selalu semangat supaya kamu kecipratan dan tertular semangatnya.

2. Berolahragalah

Kamu pernah gak seharian tidur-tiduran dirumah? Gimana rasa badan kamu? Loyo dan gak bersemangat, kan? Jadi, berolah ragalah. Olahraga itu gak harus Jogging, fitness, dan angkat beban yang sebagian orang malas melakukannya. Lakukan gerakan-gerakan ringan aja udah cukup. Seperti berjalan kaki selama 30 menit. Bersepeda atau berenang. Karena olah raga itu bikin kita semangat. Ketika kita berolah raga, kelenjar yang ada di otak kita akan mengeluarkan zat yang bernama edorfin yang  bisa membuat kita merasa senang, optimis, ceria, waspada, lebih muda, dan tentunya membuat kita sangat semangat.

3. Ingatlah Selalu Cita-cita Mu Apa

Saya percaya setiap orang mempunya impian atau cita-cita. Oleh karena itu kita harus punya target kapan mau mencapainya dan buat perencanaan setiap hari. Ukurlah dan perbaikilah rencana secara periodik. Ini semua akan menjadikan kamu terfokus kepada cita-cita atau impian kamu, dan bukan kepada masalah dan keadaan sekarang saja.

Demikianlah tips atau cara menjalani hidup supaya selalu semangat. Mungkin masih ada banyak lagi faktor yang bisa bikin kamu menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hidup. Tapi bagi saya setidaknya 3 hal ini udah cukup kok. Semoga tulisan ini membantu. Seperti yang saya bilang tadi, ambil yang positif dan tinggalkan kalau ada yang negatif. Kalau ada yang mau menambahkan silakan di kolom komentar yah :D

Mirwan Choky

COMMENTS

BLOGGER
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Cara Menjalani Hidup Sehari-hari Supaya Selalu Semangat
Cara Menjalani Hidup Sehari-hari Supaya Selalu Semangat
https://3.bp.blogspot.com/-NepzxRlzD2g/VvZEuHc2zSI/AAAAAAAANlI/PL-J6LNvN9AYajzjOw7ZpF08vGsIFcqLA/s400/12801184_1313953111954562_3712969894663842668_n.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-NepzxRlzD2g/VvZEuHc2zSI/AAAAAAAANlI/PL-J6LNvN9AYajzjOw7ZpF08vGsIFcqLA/s72-c/12801184_1313953111954562_3712969894663842668_n.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/03/cara-menjalani-hidup-supaya-selalu.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/03/cara-menjalani-hidup-supaya-selalu.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy