Gerhana Matahari, Antara Ekspektasi dan Realita

Pagi-pagi lagi bangun dan mandi, siap-siap lihat gerhana matahari dan shalat gerhana matahari . Ka...


Pagi-pagi lagi bangun dan mandi, siap-siap lihat gerhana matahari dan shalat gerhana matahari. Katanya pagi hari ini (9 Maret 2016) akan berubah menjadi malam bagi jutaan orang di Indonesia, saat bulan melintas tepat di depan matahari dan menyebabkan gerhana matahari total itu terjadi. Jadi saya harus siap-siap dari pagi, mandi, pakai baju, pakai perfume untuk menyaksikan gerhana matahari dan melaksanakan shalat. Gerhana matahari kali ini pasti subhanallah banget.

gerhana matahari

Dari kemaren, dalam hati selalu berfikir, Waaah… gerhana kali ini pasti amazing banget seperti yang saya lihat-lihat orang share di Facebook. Dan gak sabaran banget saya mau menyaksikannya. Lebih kurang pukul 6.30 pagi saya udah siap-siap keluar rumah.

Setelah beberapa menit kemudian, setelah mengagungkan kekuasaan Allah itu, saya pun bergegas keluar ruangan ingin melihat dengan mata kepala saya sendiri. Pingin melihat seperti apa sih sesungguhnya gerhana matahari itu.

Jangan lihat langsung ke matahari, cukup di bumi aja lihatnya

Kata orang-orang, jangan melihat langsung ke matahari saat gerhana matahari terjadi. Wadduuh… gimana cara lihatnya nih? Katanya gerhana itu sendiri dapat dilihat secara aman dengan mata telanjang hanya dalam waktu beberapa detik saja, dan hanya jika saya berada di lokasi di mana matahari benar-benar tertutup seluruhnya oleh bulan. Katanya melihat secercah saja sinar matahari pada saat terjadi gerhana dapat mengakibatkan kerusakan mata permanen atau kebutaan. Dan katanya kacamata hitam saya yang bikin saya ganteng pun tidak akan membantu.

Wahai gerhana matahari, aku akan melihat mu

Tapi walau bagaiaman pun, saya harus coba melihatnya. Pokoknya harus coba, harus lihat fenomena alam ini yang sangat langka sekali, yang bisa dilihat lagi dalam sekian tahun lagi. Saya pergi keluar, tanpak cuaca agak gelap, saya coba pejamkan mata. Dengan rasa ragu saya arahkan muka saya ke matahari, lalu saya perfikir, Ooh.. apa yang akan terjadi kalau saya buka mata, akan kah rusak mata saya? Akan kah buta permanen mata saya seperti orang-orang bilang? Namun tekad saya untuk melihatnya sangat kuat. Dengan bimbang dan ragu saya usaha dan coba sedikit demi sedikit saya buka mata saya. Saya usaha lagi buka mata saya dengan perlahan-lahan dan berbicara dalam hati, “wahai gerhana matahari, aku akan melihat mu.”

Dan ternyata…

Saya buka mata, dan ohh… matahari! Lohhhh! Mana mataharinya? Manaaa? Ohh ternyata saya salah arah. Malunyaaa… untung gak ada yang lihat. Saya coba balik badan dan terlihatlah gerhana mataharinya.

gerhana matahari pekanbaru

Dalam hati berkata : “Oh cuma kayak gini gerhananya? Kok beda ya? Kok beda sama yang saya lihat di Facebook. Kalau yang di Facebook itu kelihatan wow banget. Dan nyatanya yang saya lihat cuma seperti ini. Terlindung awan mendung. Hhmm.. ini lah namanya ekspektasi jauh beda sama realita. Namun saya tetap menyaksikannya hingga selesai sambil cekrek-cekrek. :D

ekspektasi realita gerhana matahari

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Gerhana Matahari, Antara Ekspektasi dan Realita
Gerhana Matahari, Antara Ekspektasi dan Realita
https://1.bp.blogspot.com/-WEy9voWPMkY/Vt-oeRjyV6I/AAAAAAAANW0/pwfiCz1Z50I/s400/gerhana_2.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WEy9voWPMkY/Vt-oeRjyV6I/AAAAAAAANW0/pwfiCz1Z50I/s72-c/gerhana_2.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/03/gerhana-matahari-antara-ekspektasi-dan.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/03/gerhana-matahari-antara-ekspektasi-dan.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy