Ingin Sekali Pergi keluar Negeri, Katanya Bisa Meluaskan Sudut Pandang

Mirwaners, seperti mana yang kita ketahui bahwa Indonesia itu memang indah dengan berjuta-juta pe...


Mirwaners, seperti mana yang kita ketahui bahwa Indonesia itu memang indah dengan berjuta-juta pesonanya. Setidaknya kita harus merasakan dan mengunjungi dan melihat sendiri keelokan itu. Namun, katanya pergi ke luar negeri atau berkeliling dunia tetaplah sebuah kewajiban. Seperti mana yang Rhenald Kasali katakan dalam situs www.beasiswa.getscholars.com :
“Pergilah keluar negeri yang tak berbahasa melayu. Tidak boleh ke Malaysia, Singapura, Timor Leste atau Brunei Darussalam. Pergilah sejauh yang mampu dan bisa dijangkau.”

Inilah Alasannya Mengapa Wajib Kita Keluar Negeri

nur fitriani big ben
( Nur Fitriani )

1. Katanya di luar negeri itu bisa mengeluarkan kita dari zona nyaman

Mirwaners, kita sama-sama ketahui bahwa hidup di negeri sendiri memang sebuah surga. Segalanya yang ada sudah menjadi kebiasaan kita. Tapi, katanya, apa yang kita alami di luar negeri sangatlah berbeda dengan yang kita alami di Negara kita sendiri. Katanya kita akan dilempar dari kebiasaan kita sehari-hari. Mulai dari bahasa, budaya, aturan, dan lainnya semuanya berbeda. Katanya keluar dari zona nyaman akan memberikan diri kita banyak pelajaran.

2. Katanya, Pergi ke luar negeri itu terkadang mampu menyadarkan diri kita

Katanya, pergi ke negara lain, khususnya Negara-negara yang maju, akan membuat diri kita sadar bahwa yang selama ini terjadi di Negara kita dan dianggap biasa ternyata sebuah hal yang tidak seharusnya dikerjakan di luar negeri. Contohnya jika kita pergi ke singapura, masyarakat di sana tertib, rela mengantri, tidak merokok di tempat umum, taat aturan, tidak buang sampah sembarangan, dan sebagainya. Dengan begitu kita pasti akan bisa berpikir dan mulai bertindak, bagaimana ya caranya agar masyarakat di negeri kita mampu seperti mereka.

3. Katanya pergi ke luar negeri itu akan membawa diri kita lebih menghargai perbedaan

Mirwaners, katanya, jika kita tinggal di lingkungan minoritas, misal kita seorang muslim, dan kita pergi ke suatu negara yang populasi muslimnya sangat sedikit bahkan tidak ada. Katanya di sana kita akan merasakan bagaimana menjadi seorang minoritas. Sehingga ketika kita kembali ke negara asal kita, kita akan memperluas sudut pandang kita, tidak hanya berorientasi kepada kelompok namun berorientasi kepada seluruh masyarakat. Memang benar. Hal ini sudah pernah saya rasakan, ketika saya tinggal di Nusa Tenggara Timur selama 1 tahun, meskipun masih dalam Indonesia, tapi setidaknya saya merasa sebagai minoritas disana karena mayoritas penduduk disana beragama Kristen. Hal ini lah yang sedikit banyaknya membuat sudut pandang saya menjadi berubah.
Sm3t NTT
( Bersama anak didik di Nusa Tenggara Timur )

4. Katanya pergi ke luar negeri itu akan merubah pola pikir kita

Katanya, sebuah pola pikir positif bisa kita dapatkan saat kita mengunjungi dunia luar. Asalkan perjalanan kita tidak hanya sekedar “jalan-jalan”. Ketika kita berinteraksi dengan orang luar, bertukar pikiran, menjalani hari-hari di sana. Pola pikir kita yang mungkin sempit bisa menjadi lebih terbuka.
Dan katanya masih banyak hal-hal positif lainnya bisa kita dapatkan jika kita ke luar negeri.
Oleh karena  itu, saya ingin sekali pergi ke luar negeri. Negeri yang tidak menggunakan bahasa melayu. Ingin melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana mereka mengarungi kehidupan sehari-hari. Bagaimana mereka berinteraksi. Bagaimana mereka memandang negeri mereka sendiri. Dan ingin bertukar pola pikir dengan mereka secara face to face. Sehingga ketika saya pulang ke Negara sendiri, saya akan melihat negeri ini dengan sudut pandang yang berbeza, yang lebih luas.
Saya ingin sekali ke luar negeri, tapi bukan hanya sekedar travelling, cuci mata atau liburan. Saya ingin berlama-lama disana. Melanjutkan pendidikan dan bisa berkolaborasi dengan maksimal dengan mereka.
Namun, sayangnya, saat ini saya belum bisa mewujudkan hal itu. Karena saya akan melaksanakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam beberapa hari lagi. Mungkin insya Allah, setelah PPG, tahun depan atau tahun depannya lagi akan segera terlaksana keingin saya ini. Amiiinnn… Mohon doanya ya, teman-teman.
Mirwan Choky

COMMENTS

BLOGGER
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Ingin Sekali Pergi keluar Negeri, Katanya Bisa Meluaskan Sudut Pandang
Ingin Sekali Pergi keluar Negeri, Katanya Bisa Meluaskan Sudut Pandang
https://3.bp.blogspot.com/-RBbgFesbQ3o/VtayR7HTnZI/AAAAAAAANOU/IQ7UT-1BjZU/s400/941065_10204775433894948_3834612615573392939_n.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-RBbgFesbQ3o/VtayR7HTnZI/AAAAAAAANOU/IQ7UT-1BjZU/s72-c/941065_10204775433894948_3834612615573392939_n.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/03/ingin-sekali-pergi-keluar-negeri.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/03/ingin-sekali-pergi-keluar-negeri.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy