Jejak Tsunami, Kini Hutan Kota BNI Banda Aceh Terlihat Mempesona

( Jalan masuk ke Hutan Kota BNI Banda Aceh ) Alhamdulillah, akhirnya tercapai juga keinginan s...


hutan kota bni aceh
( Jalan masuk ke Hutan Kota BNI Banda Aceh )

Alhamdulillah, akhirnya tercapai juga keinginan saya untuk melihat lokasi bekas jejak Tsunami di Banda Aceh ini. Katanya sih ada beberapa lokasi yang bisa dikunjungi jika ingin melihat bekas-bekas Tsunami. Salah satunya adalah Hutan Kota BNI. Hutan Kota BNI ini terletak di desa Tibang, Kec. Syiah Kuala, tak terlalu jauh dari Simpang Mesra menuju arah Krueng Raya, tempat ini memang masih tergolong baru. Lokasinya yang sedikit tersembunyi, membuat kamu terkadang bisa saja melewatinya jika tidak melihat papan nama Hutan Kota BNI yang ada di pinggir jalan. Lokasi ini juga tak jauh dari tempat wisata Alue Naga.

Menurut Sekilas Sejarah & Budaya Atjeh, hutan kota ini dibangun atas kerja sama Pemko Banda Aceh, BNI dan Yayasan Bustanussalatin serta masyarakat Tibang sendiri. Katanya hutan kota ini merupakan daerah yang sebelumnya lahan rawa ini disulap menjadi sebuah Hutan dengan berbagai macam tumbuhan.

hutan kota bni aceh

Mirwaners, untuk bisa berkeliling melihat hutan kota ini, kamu disediakan jalan setapak, terdapat juga jembatan, kolam penampungan air dan tempat beristirahat. Setiap tumbuhan yang ada disini pun diberi papan nama agar pengunjung mengetahui nama dari tumbuhan itu. Bahkan perjalanan kamu mengelilingi Hutan Kota akan semakin menarik ketika melintas diatas jembatan menuju hutan bakau. Jembatan dari kayu itu, akan menambah “sensasi hutan” dengan tanaman bakau di kiri kanannya.

hutan kota bni aceh

Selain jalur pejalan kaki, Hutan Kota BNI dilengkapi kolam retensi yang didesain untuk sarana rekreasi. Sisi-sisinya sengaja dibuat landai agar aman bagi berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Sementara itu, sebuah jembatan entrance sepanjang 25 meter menjadi penghubung area Hutan Kota BNI Banda Aceh dengan area parkir di pinggir jalan besar.

hutan kota bni aceh
( Mereka lah tour guide saya. Hehehe... Thanks ya bro. Thanks juga buat teman-teman yang gak ada didalam foto ini. )

Berdasarkan dari berbagai sumber yang saya baca, keunikan dari Hutan Kota BNI Banda Aceh adalah hutan kota yang dibangun dimulai dari kondisi tak ada hutan eksisiting. Lahan yang digunakan adalah lahan terbuka dan rusak karena tsunami. Sejak dibebaskan oleh Pemko Banda Aceh lahan ini tak produktif. Sebagian besar tanah adalah tanah urugan sehingga diperkirakan tak memiliki nutrisi dan unsur hara yang baik. Lokasi Hutan Kota BNI berada hanya 20 menit berkendaraan mobil dari pusat Kota Banda Aceh sehingga sangat mudah diakses masyarakat. Jalan beraspal dan lebar menambah kenyamanan. Secara formil, lahan ini sudah ditetapkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Banda Aceh sebagai kawasan hijau. Meski pembangunan Hutan Kota BNI tersebut masih dalam tahap awal, namun menfaat yang dirasakan saat ini adalah lahan yang dulunya terbengkalai sekarang menjadi lebih hijau, meningkatkan keanekaragaman hayati, meningkatkan kualitas air dan tanah, serta meningkatkan kepedulian dan rasa memiliki masyarakat.

hutan kota bni aceh
( Jembatannya panjang banget kayak tembok Cina )

Pokoknya bagi kamu yang sudah nyampe di Aceh, rugi banget kalau kamu gak nyempatin ke Hutan Kota ini. Oke, ini salah satu lokasi jejak Tsunami. Next time, saya ingin pergi melihat lokasi jejak Tsunami lainnya. Katanya ada yang namanya Aceh Tsunami Museum. Aahh..  rasanya gak sabar saya mau lihat.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Jejak Tsunami, Kini Hutan Kota BNI Banda Aceh Terlihat Mempesona
Jejak Tsunami, Kini Hutan Kota BNI Banda Aceh Terlihat Mempesona
https://4.bp.blogspot.com/-EFCalOCNVMI/VvgBtmuTBhI/AAAAAAAANlg/-vM-2dzdnxc0Un0XiAAX9HCWywhMBcY-w/s400/1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-EFCalOCNVMI/VvgBtmuTBhI/AAAAAAAANlg/-vM-2dzdnxc0Un0XiAAX9HCWywhMBcY-w/s72-c/1.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/03/jejak-tsunami-kini-hutan-kota-bni-banda.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/03/jejak-tsunami-kini-hutan-kota-bni-banda.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy