PMI Melayani dengan Sepenuh Hati

Kemaren (19/5) dikampus lagi ada kegiatan   Unsyiah Blood Donor's Day . Saya pun ikut berpar...


pmi

Kemaren (19/5) dikampus lagi ada kegiatan Unsyiah Blood Donor's Day. Saya pun ikut berpartisipasi mendonorkan darah. Itulah kali pertama saya mendonorkan darah. Saya belum pernah mendonorkan darah sebelumnya. Kemaren itu, mumpung lagi waktu istirahat, jadi saya pun mengambil kesempatan itu untuk pergi ke PMI dan mendonorkan darah pertama saya.

Sebenarnya sudah lama saya ingin mendonorkan darah. Tapi belum ada kesempatan dan situasi yang cocok. Sampailah saat ini, saya berada di Aceh, sedang melanjutkan pendidikan di Unsyiah, salah satu universitas di provinsi ini.

Tanpa berpikir panjang, saya pun langsung pergi ke tempat dimana acara Unsyiah Blood Donor's Day dilakasanakan. Setelah sampai, saya pun langsung disambut dengan senyuman sama mbak PMI. Terus disuruh duduk dulu karena harus antri mendaftar. Sambil menikmati snack kotak yang dikasi oleh mbak PMI, saya pun melihat-lihat disekeliling dan berkata dalam hati “ Waaah, ramai juga ya yang mau donor darah”.

Tak lama kemudian tibalah giliran saya untuk mendaftar. Sebelum mendonorkan darah, mbak PMI itu pun dengan ramah menanyakan beberapa pertanyaan tentang apakah saya memiliki penyakit tertentu. Dan saya bilang tidak ada. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, darah saya pun dicek untuk mengetahui golongan darah saya. Dulu saya pernah cek darah. Tapi saya sudah lupa golongan darah saya apa. Oleh karena itu golongan darah saya dicek lagi.

Dan akhirnya tibalah disebuat ruangan. Rungan untuk melaksanakan penyedotan darah. Ada dua relawan PMI diruangan tersebut. Pak PMI itu pun dengan ramah dan senyum melayani beberapa orang pendonor, salah satunya adalah saya. Pak PMI itu mengajak saya ngobrol-ngobrol supaya saya tetap relax dan santai dan tidak takut dengan jarum yang lumayan lebih besar ukurannya dari pada jarum suntik biasa.

Disaat detik-detik pak PMI itu menancapkan jarum ditangan saya, saya sempat berfikir “kira-kira sakit gak ya?” Saya lihat teman saya yang disebelah saya yang lagi disedot darahnya raut wajahnya biasa-biasa saja. Tidak ada tanda-tanda kalau mereka lagi kesakitan dicucuk jarum. “Cewek itu saja tidak sakit dicucuk jarum, masak saya kalah!”, pikir saya dalam hati. Akhirnya saya lihat pak PMI itu mengambil sebuah kantong untuk darah dan diujung selang kecil itu ada sebuah jarum. Jarum yang ukurannya agak lebih besar dari pada jarum suntik yang biasanya. “Waah... Ini sepertinya sakit nih.” Setelah itu, dokter itu pun menancapkan jarum itu di lengan saya. Dan “Oohh... begini rasanya... Saya pikir rasanya sakit”. Ternyata mendonor darah itu rasanya tidak sakit. Karena jarumnya itu tidak langsung menancap kedalam daging lengan kita. Sepertinya jarum itu menancap dari permukaan kulit langsung ke pembuluh nadi. Tidak sampai kena daging dalam. Jadi rasanya tidak sakit.

Beberapa menit kemudian, proses penyedotan darah pun selesai. Kami pun dikasi beberapa bingkisan dan kupon. Mbak PMI itu bilang, dengan kupon itu nanti saya disuruh ambil baju di acara PMI dalam beberapa minggu lagi. Horeeee! Dapat baju! Gratis! Setelah itu, kami pun tak lupa berfoto ria setelah semuanya selesai. Ada seorang pak PMI yang baik hati ingin mengambilkan foto untuk kami. Meskipun kami ingin difoto berulang-ulang kali, tapi pak PMI ini tetap melayani kami dengan seyum dan baik hati. Terimakasih ya, pak. PMI, dimanapun untuk siapapun! Hidup PMI!

Setelah ini, saya berniat untuk mendonorkan darah lagi secara rutin. Katanya kita bisa mendonorkan darah minimal per tiga bulan sekali. Jadi, bulan agustus nanti saya akan mendonorkan darah lagi. Semoga darah yang saya donorkan ini sangat bermanfaat bagi mereka yang lagi butuh. Dan semoga dengan mendonorkan darah ini saya pun menjadi sehat, segar bugar, awet muda dan tetap ganteng. Amin!

oleh :
Mirwan Choky
22 Mei 2016

COMMENTS

BLOGGER
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: PMI Melayani dengan Sepenuh Hati
PMI Melayani dengan Sepenuh Hati
https://2.bp.blogspot.com/-53KqhRGavpY/V0GCumbs7II/AAAAAAAAN-c/QhMDRlyHXcMj58iGJ1msdJyaR7kicQKRwCK4B/s400/pmi.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-53KqhRGavpY/V0GCumbs7II/AAAAAAAAN-c/QhMDRlyHXcMj58iGJ1msdJyaR7kicQKRwCK4B/s72-c/pmi.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/05/pmi-melayani-dengan-sepenuh-hati.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/05/pmi-melayani-dengan-sepenuh-hati.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy