Keindahan di Balik Pulau Nusakambangan, Cilacap

Mirwaners, apabila mendengar nama Nusakambangan, maka yang teringat di benak anda mungkin mengenai...


Mirwaners, apabila mendengar nama Nusakambangan, maka yang teringat di benak anda mungkin mengenai rumah bagi warga binaan atau Lembaga Pemasyarakatan yang selalu dijaga ketat. Namun dibalik nama dan kesan serius dan angker tempat ini, Nusakambangan yang berada di Cilacap ini mempunyai potensi keindahan dan wisata alam yang mempesona. Pulau seluas 121 km2 ini menghadirkan keindahan pantai Karangpandan dan Nusakambangan yang sayang untuk anda lewatkan.  Di Cialacap juga sudah di fasilitasi dengan beberapa hotel pilihan yang dibangun, sehingga akan semakin membuat nyaman wisatawan yang berkunjung ke Cilacap.

Nusakambangan merupakan pulau yang berada di wilayah pantai selatan Kabupaten Cilacap yang dikelilingi oleh segara anakan. Pulau ini menawarkan keindahan alam berupa area pantai pasir putih dan beberapa kawasan hutan yang masih dihuni oleh beberapa satwa atau binatang seperti kera, ular, dan beberapa jenis burung. 

Pantai Permisan
Pantai Permisan ini memiliki keindahan alam yang cukup mengagumkan. Terletak di salah satu area di Nusakambangan, yaitu di sebelah selatan Lembaga Pemasyarakatan atau LP Parmisan. Pantai ini memiliki pasir putih yang terlihat masih alami dengan gelombang laut yang nampak cukup besar dari bibir pantai. Selain itu, dari lokasi pantai ini dapat terlihat beberapa pulau kecil beserta batu karang yang ada di sekitar pantai. 
Batu karang tersebut mempunyai kisah menarik sebelum akhirnya dinamakan dengan batu karang Syahrir.
Kisah ini diawali dari kedatangan seorang pejabat negara bernama Syahrir. Saat itu, ia bersama rombongan di jajaran pemerintahan melakukan kunjungan ke Pantai Permisan, Cilacap. Ia bermaksud menuju ke batu karang yang berada di tengah laut pada saat gelombang air laut kecil, namun saat kembali ke daratan, gelombang besar datang menghadang hingga akhirnya ia menunggu di batu karang selama beberapa jam hingga air laut dan gelombang menjadi lebih kecil dan surut.
Dari peristiwa tersebut, maka nama Syahrir yang akhirnya menjabat sebagai Perdana Menteri pertama bangsa Indonesia itu juga dikenal sebagai nama dari batu karang yang ada di Pantai Permisan yaitu batu syahrir.
Berdasarkan keterangan sejarah yang ada, Pantai Permisan menjadi saksi sejarah dilakukannya pelatihan para pasukan dan prajurit pembela bangsa saat menghadapi para penjajah. Para prajurit sangat bersemangat menghimpun kekuatan dan pertahanan untk kesatuan Indonesia. Simbol atas tekad dan semangat para prajurit ini kemudian diabadikan dalam sebuah simbol salah satu atribut yaitu pisau komando yang menancap pada sebuah batu karang.
Adapun cara menuju Pantai Permisan dapat ditempuh dengan menggunakan perahu dari Pelabuhan Wijayakusuma atau Lomanis menuju ke Nusakambangan. Setelah itu, dilanjutkan melalui jalur darat baik dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa penyewaan kendaraan/mobil menuju ke Permisan.
Pantai Karang Bolong
Pantai karang bolong ini cukup sulit untuk dicapai karena harus melewati jalur laut dengan menggunakan perahu. Pantai karang bolong yang berada di kawasan Nusakambangan ini, sering kali menjadi lokasi keberangkatan sebelum melakukan perjalanan menyusuri keindahan wisata di Nusakambangan.
Menuju ke lokasi lebih dalam di kawasan Nusakambangan ini, anda akan menemukan kawasan atau area hutan. Rute perjalanan menuju lokasi tersebut cukup sulit karena didominasi oleh kondisi alami jalan yang cukup menanjak dan dipenuhi oleh banyak bebatuan. Sepanjang rute juga akan banyak ditemukan pepohonan yang cukup rindang dan lebat.  Meskipun begitu, rute ini cukup aman untuk dilalui anda dan keluarga saat berekreasi di alam terbuka.
Perjalanan selanjutnya akan menemui goa yang dipenuhi beberapa akar pohon yang menjulang cukup besar. Di lokasi sekitarnya juga terdapat beberapa benteng dan bangunan tua yang sudah berusia puluhan bahkan ratusan tahun. Di dalam benteng pertahanan di zaman penjajahan tersebut juga terdapat sebuah meriam kuno. 
Meskipun garis Pantai Karangbolong tidak seluas Pantai Teluk Penyu, namun keindahannya mempunyai daya tarik tersendiri. Pasir putih yang lembut di sekitar pantai dan batuan karst membuat pantai ini nampak berbeda dari pantai lainnya di Indonesia. Di pantai ini, anda bisa bermain air, pasir dan beragam jenis permainan pantai lainnya. Namun jika anda hendak mencari warung makan, maka di lokasi pantai ini tidak ditemukan banyak warung makanan dan minuman.
Di sekitar pantai hanya ada makanan ringan dan minuman yang tidak terlalu banyak jenisnya sehingga anda perlu mempersiapkan bekal makanan yang cukup untuk kebutuhan selama berwisata di pantai ini dan di sekitar Nusakambangan. Yang perlu anda pastikan ialah saat kembali menuju ke lokasi awal pemberangkatan. Jangan sampai anda tertinggal jadwal para nelayan yang akan membantu anda menyeberangi kawasan ini dan kembali ke tempat asal keberangkatan tadi.
Pantai Karang Pandan
Pantai Karang Pandan berada di lokasi yang sama dengan Pantai Karang Bolong. Rute perjalanan yang ditempuh menuju kawasan ini cukup mudah dan lancar dengan waktu tempuh yang relatif singkat yaitu sekitar 10 menit perjalanan. Jalur lain juga dapat ditempuh dengan melalui Benteng Portugis di pulau Nusakambangan. Namun waktu tempuh menjadi lebih lama dari jalur sebelumnya.
Pantai dengan garis pantai yang cukup panjang ini, memiliki beberapa karang di sebagian besar di tepian atau bibir pantai. Karena adanya batu karang yang menyebar di beberapa titik di pantai ini menyebabkan pantai jarang digunakan untuk berenang. Pantai Karang Pandan ini menjadi salah satu titik primadona wisata pantai Cilacap.  Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari titik keberangkatan dan ramainya para pedagang kaki lima membuat sebagian besar wisatawan memilih mengunjungi tempat ini.
Pantai Karang Pandan juga dikenal sebagai pantai yang masih alami dengan keindahan pasir putihnya. Dari pantai ini dapat terlihat, dua pulau karang atau Majethi yang masih dipercaya memiliki makna tertentu yang unik, arti itu bermakna sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya bunga Wijayakusuma.
Beberapa masyarakat melakukan serangkaian kegiatan menjelang diadakannya sedekah laut atau larungan sesaji dalam adat budaya Jawa di pantai ini. Kegiatan tersebut juga mencakup ziarah ke beberapa makam di sekitar pantai tersebut.  
Pantai Tebeng
Pantai tebeng adalah salah satu pantai yang belum terlalu ramai dikunjungi. Pantai ini cocok untuk wisatawan yang ingin berenang. Pantai dengan keindahan pasir putihnya yang lembut semakin menarik karena kondisi garis pantai yang cukup panjang dan air laut yang cukup jernih tanpa adanya batuan karang sehingga anda lebih leluasa untuk berenang. Sayangnya lokasi pantai ini cukup jauh dari Pantai Karangbolong. Namun bukan berarti anda lantas melewatkan view dan kenikmatan berenang di sekitar pantai pasir putih dengan suasana sunyi dan nyaman. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki untuk menuju kawasan pantai ini jika ditempuh dari lokasi Pantai Karang Bolong. 
Sumber Gambar: Rubrikwisata.com

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Keindahan di Balik Pulau Nusakambangan, Cilacap
Keindahan di Balik Pulau Nusakambangan, Cilacap
https://2.bp.blogspot.com/-cXYLU-i4F2M/V2lrHt68lZI/AAAAAAAAORI/rBfK3wDN_AscAmiH_JJDVG_suBuYgIzWwCK4B/s400/1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-cXYLU-i4F2M/V2lrHt68lZI/AAAAAAAAORI/rBfK3wDN_AscAmiH_JJDVG_suBuYgIzWwCK4B/s72-c/1.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/06/keindahan-di-balik-pulau-nusakambangan.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/06/keindahan-di-balik-pulau-nusakambangan.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy