Sambut Ramadhan, Rakyat Aceh Laksanakan Acara Meugang



meugang aceh

Setelah melaksanakan kegiatan bakti sosial bergotong royong (baca : Sambut Bulan Suci Ramadhan, Peserta PPG SM3T Unsyiah Laksanakan Kegiatan Bakti Sosial) disalah satu masjid terdekat, peserta PPG SM3T Unsyiah melaksanakan acara Meugang. Ya, Aceh punya tradisi unik yang tak ada di daerah lain dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Tradisi yang diperingati dua atau sehari jelang puasa ini namanya makmeugang atau meugang; membeli daging, memasak dan memakannya bersama keluarga dan tetangga.

meugang aceh

Apa itu Meugang

Meugang ini merupakan tradisi memasak daging dan menikmatinya bersama keluarga, kerabat dan yatim piatu oleh masyarakat Aceh. Meugang atau Makmeugang adalah tradisi menyembelih kurban berupa kambing atau sapi dan dilaksanakan setahun tiga kali, yakni Ramadhan, Idul Adha, dan Idul Fitri. Selain kambing dan sapi, masyarakat Aceh juga menyembelih ayam dan bebek. Tradisi Meugang di desa biasanya berlangsung satu hari sebelum bulan Ramadhan atau hari raya, sedangkan di kota berlangsung dua hari sebelum Ramdhan atau hari raya. Biasanya masyarakat memasak daging di rumah, setelah itu membawanya ke mesjid untuk makan bersama tetangga dan warga yang lain. Dan ada juga masak bersama-sama dan makan bersama-sama, seperti yang peserta PPG SM3T Unsyiah laksanakan tadi pagi, 05/06.

Sejarah Meugang

Seperti yang penulis dapatkan dari Wikipedia, tradisi Meugang ini sudah dilaksanakn sejak ratusan tahun yang lalu di Aceh. Meugang dimulai sejak masa Kerajaan Aceh. Kala itu (1607-1636 Masehi), Sultan Iskandar Muda memotong hewan dalam jumlah banyak dan dagingnya dibagikan secara gratis kepada seluruh rakyatnya. Hal ini dilakukan sebagai rasa syukur atas kemakmuran rakyatnya dan rasa terima kasih kepada rakyatnya. Setelah Kerajaan Aceh ditaklukan oleh Belanda pada tahun 1873, tradisi ini tidak lagi dilaksanakan oleh raja. Namun, karena hal ini telah mengakar dalam kehidupan masyarakat Aceh, maka Meugang tetap dilaksanakan hingga saat ini dalam kondisi apapun. Tradisi Meugang juga dimanfaatkan oleh pahalawan Aceh dalam bergerilya, yakni daging sapi dan kambing diawetkan untuk perbekalan.

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


2 comments

Asik ya, Mas. Selain bisa makan bareng, bisa kumpul juga ya, terlebih momen ramadhan hingga lebaran nanti. Tambah seru lagi tentunya..

Iya bener banget mas.... Ramadhan di Aceh pingin kengen dah...

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,31,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,38,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Sambut Ramadhan, Rakyat Aceh Laksanakan Acara Meugang
Sambut Ramadhan, Rakyat Aceh Laksanakan Acara Meugang
Sambut Ramadhan, Rakyat Aceh Laksanakan Acara Meugang, budaya Aceh, Meugang adalah, sejarah meugang
https://1.bp.blogspot.com/-PFCEqmgqOV0/V1PjoPUL68I/AAAAAAAAOD0/lzN7RA9JZ_4hxIZa0znz43AwDVyHIYmTwCK4B/s1600/3.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PFCEqmgqOV0/V1PjoPUL68I/AAAAAAAAOD0/lzN7RA9JZ_4hxIZa0znz43AwDVyHIYmTwCK4B/s72-c/3.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/06/peserta-ppg-sm3t-unsyiah-melaksanakan.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/06/peserta-ppg-sm3t-unsyiah-melaksanakan.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy