Asiknya Ikut Kegiatan KMD Pramuka di Krueng Jreu

M irwaners, tau gak sih, kemaren saya ikut kegiatan KMD, Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat ...


Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar

Mirwaners, tau gak sih, kemaren saya ikut kegiatan KMD, Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar. Gak nyangka ya, pada akhirnya saya jadi pembina pramuka juga. Ya, kalau kita memang mau jadi seorang guru yang profesional, kita harus bisa semuanya termasuk menjadi pembina pramuka, iya kan?

Sudah dari dulu, sejak MTs saya memang suka dan sudah ikut bergabung dalam dunia kepramukaan. Hingga SMA saya sangat menyenangi kegiatan ini. Walaupun pramuka hanya kegiatan ektrakurikuler sekolah, kegiatan yang tidak diwajibkan bagi siswa, tapi saya tetap ikut berpartisipasi di kegiatan ini. Saya suka mengikuti kegiatan ini karena selain mendapat ilmu dan banyak teman, saya juga bisa jalan-jalan alias menjelajah alam. Ternyata sudah dari dulu saya suka jalan-jalan, travelling, backpackeran, berkemah, atau apalah. Sekarang saya baru menyadari bahwa hal ini sudah menjadi salah satu hobby saya.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar

Lokasi

Kini, sebagai calon guru profesional, saya harus bisa membina peserta didik saya nantinya. Salah satunya yaitu membina di kepramukaan. Kebetulan sekali saya memang menyukasi kegiatan ini. Oleh karena itu, saya ikut Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar seperti yang telah saya sebutkan tadi. Kegiatan ini berlangsung selama 6 hari di Escape building Ulee Lheue Banda Aceh dan Krueng Jrue Aceh.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Peserta Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar

Jenis Kegiatan

Dalam kursus ini, ada berbagai jenis kegiatan yang kami ikut seperti cara membuat Peta Pita, cara menggunakan kompas, P3K, Packing Carrier alias cara packing barang yang benar, Survival & Bivak atau cara bertahan hidup di alam terbuka, menaksir jarak atau cara mengukur jarak berkilo-kilo meter tanpa menggunakan alat pengukur dan cara mengukur ketinggian pohon tanpa harus manjat-manjat pohon itu, Panorama atau membuat laporan tertulis tentang pemandangan yang kita lihat, Topografi atau menghitung jarak dan skala dalam peta, cara membuat sandi dan beberapa jenis kegiatan lainnya. Dan tidak lupa juga kakak pembina kami mengajarkan kepada kami cara mengajarkan hal-hal tersebut kepada peserta didik kami.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar

Regu Garuda Memang Hebat

Dalam kegiatan ini, peserta kursus dibagi dalam beberapa regu. Saya kebetulan dimasukkan ke regu yang hebat yang diberi nama regu Garuda. Kenapa saya bilang hebat? Karena buktinya regu kami, regu Garuda bisa sampai duluan ke destinasi saat menjelajah dihutan kemaren. Padahal regu kami adalah regu yang ke empat yang dilepaskan ke hutan. Mungkin karena kekompakan dan kerjasama kami sehingga regu kami bisa menjadi regu yang pertama nyampe ke destinasi tanpa sesat dijalan seperti regu lainnya. Selain itu, peran ketua regu juga menentukan hal ini. Novry, sebagai ketua regu kami memang bisa diandalkan. Sebagai ketua, dia memang bertanggungjawab dan bisa mengontrol anak buahnya. Pokoknya, regu Garuda memang mantap.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Regu Garuda memang hebat dan tangguh.

Ketemu Bunga Bangkai / Raflesia

Mirwaners, saat diperjalanan menuju ke lokasi kegiatan Flying Fox, saya ketemu sebuah bunga yang belum pernah saya lihat didunia nyata. Bentuk bungannya mirip sekali dengan bunga bangkai. Mungkin aja itu memang bunga bangkai. Walaupun bentuknya kurang sempurna, tapi mirip banget lho sama bunga bangkai. Bunga bangkai itu susah lho nyarinya. Katanya, hanya setahaun sekali bunga bangkai itu berbunga. Whatever, yang penting kalau ketemu yang aneh-aneh, jangan lupa selfie.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Ketemu bunga yang mirip seperti bunga Reflesia.

Tempat “Nembak”

Tempat berkemahan kami juga bagus, dikelilingi oleh pepohonan hijau. Dan kalau subuh, dinginnya parah banget. Ada sungainya juga untuk mandi-mandi dan tempat “nembak”. Untung saja air sungainya mengalir, jadi kami bisa “nembak” seenaknya tanpa kawatir “pelurunya” terapung lama-lama dipinggiran sungai itu. Lagian, disungai ini banyak ikan-ikan kecil sehingga “peluru” kami habis dimakannya. (Maaf agak jorok. Hehehe...)

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Sungai mengalir, tempat mandi dan "nembak".

Kaki Cedera

Walaupun kaki sakit karena terpeleset di bebatuan saat saya mandi, saya tetap mengikuti semua kegiatan yang dibuat oleh panitia dengan senang hati. Bagi saya, kaki sakit bukanlah menjadi penghalang untuk menikmati setiap langkah perjalanan di bumi perkemahan ini. Terimakasih ya Pusat Penaggulangan Krisis Kesehatan karena telah mengobati luka kaki saya.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Kaki cedera, terpeleset di bebatuan.

Dan diakhir kursus ini, semua peserta dinyatakan lulus oleh panitia. Alhamdulillah, akhirnya saya jadi pembina pramuka beneran juga. Kedepannya insyallah saya akan belajar lagi lagi dan lagi tentang kepramukaan. Semoga kedepannya saya akan menjadi lebih baik lagi. Doain yah, Mirwaners.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Kepala Nandar botak seperti bakso. Hahahaa...

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Dalam perkemahan.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Salah satu pemateri kami adalah TNI. Memberi penerangan tentang Bela Negara.

Kursus Mahir Pembina Pramuka Tingkat Dasar
Novry, ketua regu Garuda sedang mecari jarak di peta dalam pembelajaran Topografi.

COMMENTS

BLOGGER: 4
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Asiknya Ikut Kegiatan KMD Pramuka di Krueng Jreu
Asiknya Ikut Kegiatan KMD Pramuka di Krueng Jreu
https://2.bp.blogspot.com/-klhjLwuq8EA/V51cIvkUmjI/AAAAAAAAO8g/tE2twNOPUIkNQ7MREXuHsaSWzDpPXolqwCK4B/s640/IMG-20160731-WA0004.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-klhjLwuq8EA/V51cIvkUmjI/AAAAAAAAO8g/tE2twNOPUIkNQ7MREXuHsaSWzDpPXolqwCK4B/s72-c/IMG-20160731-WA0004.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/07/asiknya-ikut-kegiatan-kmd-pramuka.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/07/asiknya-ikut-kegiatan-kmd-pramuka.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy