Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator

M irwaners, kemaren ketika pulang dari berenang di Wisata Mata Air Panjupian (baca : Asiknya Berena...


Mirwaners, kemaren ketika pulang dari berenang di Wisata Mata Air Panjupian (baca : Asiknya Berenang di Wisata Mata Air Panjupian), saya sempat singgah di sebuha gubuk yang merupakan saksi sejarah ketika Mohammad Hatta berkunjung ke Aceh Selatan di masa awal-awal Indonesia merdeka. Gubuk ini disebut dengan Jambo Hatta.

Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator

Jambo hatta ini merupakan sebuah gubuk kecil di atas bukit. Lokasinya sekitar 8 kilometer dari Tapaktuan, ibukota Aceh Selatan. Kenapa disebut jambo? Disebut Jambo karena bentuknya berupa gubuk. Meskipun letaknya di atas bukit, tapi jambo itu tetap dibangun menyerupai rumah panggung.

Untuk masuk ke gubuk ini, kita harus melalui sejumlah anak tangga yang harus dinaiki. Secara keseluruhan, gubuk itu terbuat dari kayu. Beberapa bagian tampak sudah terkelupas, seiring usianya yang kian menua.

Jika kita lihat, bangunan 2 lantai ini berasistekkan gaya clasik kas Aceh Selatan tempoe dulu. Katanya sih bagunan ini sudah beberapa kali dipugar. Kini tempat persinggahan wakil Presiden pertama ini menjadi tempat wisata yang juga kaffe tempat, jika melintas anda bisa singgah untuk berteduh atau menikmati suasana disini. Dan sekarang bangunan yang disebut gubuk ini sangat nyaman dan bersih untuk disinggahi. Tempat duduk yang tersedia juga luas dan pondok-pondok yang nyaman untuk menikmati secangkir kopi dan alam yang luar biasa. Kalau ingin memesan menu lainnya juga tersedia.

Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator

Tersedia kamar mandi jika anda ingin ke belakang untuk sekedar buang air dan ada mushala untuk menunaikan shalat.

Nah, bagaimana dengan kata “Hatta” diakhirannya? Kalimat di sebuah prasasti  yang tertulis dengan huruf kapital di bagian bawah gubuk itu terbaca :

Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator

“DI TEMPAT INI, PROKLAMATOR/WAKIL PRESIDEN RI, DRS MOHAMMAD HATTA, BERISTIRAHAT DALAM PERJALANAN KELILING ACEH DI TAHUN 1953, UNTUK MEMPERERAT PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA.”

Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator

Mirwaners, Jambo itu memang merupakan saksi sejarah ketika Mohammad Hatta berkunjung ke Aceh Selatan di masa awal-awal Indonesia merdeka dulu. Menariknya, kedatangan proklamator RI itu ke Aceh langsung menuju Aceh Selatan, tanpa melalui ibukota Provinsi. Di bukit antara dua gampông itulah Hatta beserta rombongan singgah pertama sekali. Di bukit itu kemudian didirikan sebuah gubuk yang dikenal dengan “Jambo Hatta” yang sebelumnya disebut-sebut dengan “Panorama Hatta”.

Jambo Hatta ini diapit oleh dua gampong: Panjupian dan Lhok Reukam, Kecamatan Tapaktuan. Secara teritorial, Jambo Hatta masuk ke dalam wilayah Gampông Lhokreukam. Gampông ini pun menyimpan keunikan tersendiri. Dulunya di gampông itu terkenal “ketibang” atau kelapa tiga cabang.

Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator

Benar sekali, ketika saya berada di lokasi Jambo Hatta ini, saya memandang ke arah Lhok Reukam, saya melihat laut yang luas membentang, mulai dari tengah sampai pecahan buih di bibir pantai. Beberapa perahu kecil milik nelayan menambah keindahan tersendiri gampông tersebut. Ditambah lagi dengan barisan nyiur yang condong ke arah laut. Daunnya tampak rapi dan hijau ranum.

Nah, bagaimana kalau kita melihat ke arah berlawanan? Disann akan tampak pula jalanan berbelok-belok di bukit Panjupian. Tatkala ada mobil yang melintas di atas jalan tersebut, pemandangan sekilas seperti dalam lukisan. Hijaunya pepohonan rimbun, sedangkan pada bagian bawah ada birunya laut, ditambah keberadaan mobil yang melaju, serasa benar asrinya.

Jadi, seperi yang saya sebut sebelumnya. Aceh itu penuh dengan tempat dan pemandangan yang luar biasa indahnya. Saya bersyukur karena telah memiliki kesempatan menginjakkan kaki ditanah Aceh ini.

Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator

Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator

COMMENTS

BLOGGER: 7
Loading...
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator
Jambo Hatta, Si Gubuk Kecil Saksi Sejarah Proklamator
https://2.bp.blogspot.com/-DqE9yhj64Rg/V498PPP4EmI/AAAAAAAAO30/KJggTdMbf7ox5TPljnsa94yjRRphVgVvgCK4B/s640/Untitled-1.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-DqE9yhj64Rg/V498PPP4EmI/AAAAAAAAO30/KJggTdMbf7ox5TPljnsa94yjRRphVgVvgCK4B/s72-c/Untitled-1.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/07/jambo-hatta-si-gubuk-kecil-saksi.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/07/jambo-hatta-si-gubuk-kecil-saksi.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy