Pengalaman Pertama ke Kota Solo, Surakarta

M irwaners, akhirnya saya bisa juga jalan-jalan ke kota Solo. Sebelumnya, saya ingin ngasi inform...


Kota Solo, Surakarta

Mirwaners, akhirnya saya bisa juga jalan-jalan ke kota Solo. Sebelumnya, saya ingin ngasi informasi bahwa Solo, atau disebut juga dengan kata Sala, atau Surakarta, adalah merupakan nama sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini terletak pada jalur yang sangat strategis, yaitu pertemuan jalur dari Semarang dan dari Yogyakarta menuju Surabaya dan Bali. Selain itu, wilayah di sekitar kota Solo ini juga sering pula disebut sebagai Surakarta, yaitu bekas wilayah Keresidenan, pada awal masa Republik.

Sejarah singkat kota Solo

Jangan salah! Kota Solo ini memiliki sejarah juga lho. Dahulu di kota ini banyak ditumbuhi tanaman pohon Sala, sejenis pohon pinus gitu deh, seperti yang tertulis dalam serat Babad Sengkala yang disimpan di Sana Budaya Yogyakarta. Kata “Sala” ini berasal dari bahasa Jawa asli, dalam lafal bahasa jawa cara nyebutnya “Solo”. Pada akhirnya orang-orang mengenalnya dengan nama Kota Solo. Nah, gitulah sejarah singkatnya.


Akomodasi

Kemaren itu saya pergi ke Solo naik pesawat Garuda. Sebuah pesawat Indonesia yang mendapat Anugerah penghargaan sebagai maskapai "berbintang 5" sedunia dari Skytrax dan menjadi anggota dari 8 maskapai dunia yang mendapat penghargaan tersebut. Memang bener! Ketika saya naik pesawat ini, rasanya nyaman banget. Pelayanannya bagus. Pramugarinya cantik-cantik dan ramah pula, dan melayani dengan senyuman.

tiket pesawat garuda

Tempat penginapan

Setelah sampai di bandara Adisumarmo International Airport, kota Solo, maka perjalanan pun berlanjut naik teksi ke tempat penginapan, di Lorin Solo Hotel. Lorin Solo Hotel ini merupakan tempat penginapan yang terletak di pusat kota Solo yang berjarak sekitar 10 menit berkendara dari bandara internasional Adisumarmo dan stadion Manahan Solo. Jadi, saya naik taksi gak jauh-jauh amat deh pokoknya. Yang bikin asiknya lagi, hotel ini menawarkan kamar-kamar ber-AC dan kolam renang outdoor, serta menyediakan Wi-Fi gratis di seluruh area gedungnya. Jadi, sangat enjoy saya di hotel ini.

hotel lorin Kota Solo, Surakarta

Selain itu, kamar-kamarnya menampilkan jendela besar dan menyuguhkan penerangan alami yang berlimpah. Terdapat juga teras pribadi yang menyuguhkan pemandangan taman. TV layar datar, kulkas, dan fasilitas membuat teh atau kopi tersedia di kamar. Kamar mandi dalamnya menyediakan shower dan perlengkapan mandi gratis. Mantap banget dah.

hotel lorin Kota Solo, Surakarta

Tidak lama kemudian, maka terdengarlah sana sini orang-orang tempatan menghidupkan lagu Jawa, sebuah bahasa yang tidak asing lagi ditelinga saya. Meskipun saya orang melayu tapi saya ngerti dan bisa ngomong pakai bahasa Jawa. Jadi, ketika mau ngomong sama orang lokal di Solo, saya gak susah lagi. Contohnya ketika saya pergi ke pasar membeli baju batik, saya bisa berkomunikasi dengan si penjual dengan bahasa Jawa dengan lancar.

Batik Khas Solo

Katanya setiap batik tradisional di setiap daerah itu memiliki keunikan tersendiri. Nah, saya coba hunting baju batik di kota ini, di salah satu pasar yang ada di kotanya, yaitu pasar PGS (Pusat Grosir Solo). Kata orang-orang, batik Solo memiliki beragam motif, dua di antaranya yang paling populer adalah Parang Kusumo dan Truntum. Batik Truntum identik dengan motif bunga kecil-kecil yang membentuk sebuah pola besar. Dan batik Parang Kusumo berbeda lagi. Kataya batik ini dikenal sebagai batik yang biasa dipakai kalangan bangsawan Solo. Ciri dari batik ini adalah lajur motif diagonal yang dilukis dari bawah ke atas yang menandakan bahwa pemakainya masih berasal dari keturunan raja.

batik Kota Solo, Surakarta

Malam harinya saya disuguhi dengan beberapa performance diatas panggung yang tak jauh dari hotel penginapan. Saya lupa namanya. Kayaknya performance khas Solo gitu deh pokoknya. Makan malam juga tersedia di dekat acara performance itu. Sambil makan malam sambil melihat performance. Cucok!!!

Kota Solo, Surakarta

Setelah 3 hari menjelajah kota Solo dan membeli beberapa souvenir, akhirnya saya kembali ke Aceh dengan hati fresh karena dapat berlibur. Kapan-kapan kalau ada waktu, saya mau kesana lagi ah.

makanan pesawat garudabungalow lorin solo

Mirwan Choky


COMMENTS

BLOGGER
Name

Aceh English Zone Featured Fitness Kesehatan Kuliner Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Religi Riau Sponsored Surakarta Tips Travelling
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Pengalaman Pertama ke Kota Solo, Surakarta
Pengalaman Pertama ke Kota Solo, Surakarta
https://2.bp.blogspot.com/-cvy5OmbbpTw/V7He4uc0HvI/AAAAAAAAPFs/9bOipUr36yMEl5XgXPa2niEvmGuvqjnNQCK4B/s640/photo703077917654099949.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-cvy5OmbbpTw/V7He4uc0HvI/AAAAAAAAPFs/9bOipUr36yMEl5XgXPa2niEvmGuvqjnNQCK4B/s72-c/photo703077917654099949.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2016/08/perjalanan-saya-ke-kota-solo-surakarta.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2016/08/perjalanan-saya-ke-kota-solo-surakarta.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy