Travelling ke Aceh, Tapi Takut Peraturan ‘Ekstrim’nya? Bacalah Ini



Ingin Travelling ke Aceh Kilometer nol

Coba jujur, apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata Aceh? Oke, biar saya tebak apa yang anda pikirkan. Pria gak boleh pakai celana pendek kah? Gak boleh boncengan sama wanita saat naik motor kah? Pria harus pakai sarung kah? Wanita gak boleh pakai celana jeans kah? Pasti masih banyak hal-hal yang lain lagi yang ada dipikiran anda, bukan? Percayalah,  saya juga pernah memikirkan hal yang sama seperti anda ketika saya belum pernah sampai ke Aceh waktu dulu sehingga saya pun berpikiran ketika hendak ke Aceh “Apakah saya akan menjadi lebih shaleh saat berada di Aceh nanti?” 

Mirwaners, memang sih, ketika kita belum pernah berada di Aceh, yang kita pikirkan tentang Aceh adalah sebuah provinsi yang sangat kental dengan keislamannya sehingga hal ini menjadi sebuah kekhawatiran bagi orang luar atau mungkin orang yang non islam yang ‘kurang’ terbiasa dengan kentalnya situasi keislaman saat mereka hendak mengunjungi Aceh.

Bener banget, Aceh yang dijuluki sebagai Serambi Mekah ini memanglah tempat yang paling islami di Indonesia ini. Hal ini bisa kita lihat dari persentase penduduk muslimnya yang hampir mendekati 100%. Selain itu, saya hampir tidak pernah melihat wanita yang beragama islam yang berpakaian seksi dan menampakkan aurat serta tidak berjilbab. Saya juga sepertinya belum pernah melihat wanita yang berjalan-jalan, keluyuran dan nongkrong di tengah malam. Gak tau juga sih kalau ditempat yang lain, tapi selama 1 tahun saya tinggal di Banda Aceh, saya belum pernah melihat hal-hal itu. Biasanya, tempat-tempat hiburan, café dan tempat-tempat nongkrong lainnya hanya diisi oleh pria. Selain itu juga, ada satu peraturan dimana kalau anda kedapatan berdua-duaan dengan yang bukan muhrim didalam satu ruangan atau didalam rumah dan anda dicurigai melakukan hal yang tidak sepatunya, maka anda akan mendapat hukuman sesuai dengan peraturan yang ada, yaitu di cambuk. Hukuman cambuk ini tentunya dilaksanakan setelah melalui beberapa tahap penyelidikan.

Jadi, Kalau Berkunjung ke Aceh, yang Wanita Harus Pakai Jilbab dan gak boleh pakai celana jeans ya?


Terserah sih. Tapi seperti yang kita ketahui, bagi wanita yang beragama islam, berjilbab  dan memakai pakaian yang tidak menampakkan aurat tentunya hal yang diwajibkan. Pada umumnya celana jeans yang dipakai oleh wanita itu terlihat sangat ketat sehingga menampakkan lekukan tubuhnya. Wanita itu wajib menutup aurat dimana pun berada, baik di Aceh, maupun di kota anda sendiri, kecuali kalau lagi bersama suami diruangan tertutup. Berjilbab itu bermanfaat banget bagi wanita, selain bertakwa kepada Allah, mereka juga akan terlindungi dari kejahatan-kejahatan. Jadi, seperti yang saya sebutkan tadi, wanita-wanita di Aceh itu semuanya memakai jilbab dan jarang sekali wanita Aceh memakai celana jeans saat keluar rumah. Jadi, jika anda yang berasal dari luar Aceh tidak memakai jilbab dan memakai celana jeans saat di Aceh, maka anda akan terlihat beda sendiri dikalangan bidadari-bidadari Aceh. Gak ada hukuman sih dari pemerintah setempat, palingan yang menghukum anda nanti adalah langsung dari Allah SWT karena menampakkan aurat.

Terus, Wanita yang Non-Muslim Gimana dong? Harus Pakai Jilbab Juga kah?

komentar mirwaners

Bagi wanita yang beragama non Islam dan ingin mengunjungi Aceh, jangan terlalu khawatir dengan hal ini. Berkunjunglah dengan tenang dan tanpa ragu. Islam itu toleran. Orang-orang Aceh mengerti kok bahwa anda tidak diwajibkan memakai jilbab. Anda tidak akan dipaksa untuk memakai jilbab. Tapi jika anda ingin memakai jilbab, anda akan terlihat menghormati dan tentunya akan terlihat lebih cantik. Namun, itu semua tidak ada paksaan. So, jangan ragu datang ke Aceh ya.


Gimana Kalau Berboncengan Naik Motor dengan yang bukan muhrim?

komentar mirwaners

Sama seperti kasus berjilbab tadi. Anda tidak dikenakan hukuman dari pemerintahan Aceh ketika anda berboncengan dengan yang bukan muhrim. Jadi, santai aja kalau mau berboncengan. Tapi awas! Wala taqrabuz zina! Jangan mendekati zina. Sesungguhnya zina itu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk, seperti yang difirmankan dalam QS. Al-Israa ayat 32. Pasti ada yang bilang “Kalau berboncengan, gue gak berpikiran segitunya keleus”, Iya okay, tapi ingat! Ketika anda berdua, yang ketiganya siapa? Setan, of course. Setan itu selalu menggoda, ketika pada awalnya anda tidak berniat, bisa-bisa saja anda berubah niat gara-gara bisikan saitan. Kejahatan akan datang ketika ada niat dan kesempatan.

Kalau Pria, boleh gak pakai celana pendek? Terus kalau berenang di pantai gimana?

komentar mirwaners

Di Aceh itu boleh kok pakai celana pendek bagi pria. Ketika saya di Aceh kemaren, saya sering lihat mereka main bola sepak dan mereka semua pakai celana pendek. Begitu juga saat  berenang di pantai, ramai kok dari mereka yang memakai celana pendek. Tapi kalau di jalan dan tempat-tempat lain sih jarang lihat mereka pakai celana pendek. Jadi, intinya, sesuaikan aja dengan situasi dan kondisi. Tapi ingat satu hal, masalah aurat. Tau sendirikan aurat pria itu dari mana sampai mana. Dan tau sendirikan apa hukumannya kalau memamerkan aurat bagi yang muslim?

Kesimpulannya, anda tidak perlu khawatir ketika ingin mengunjungi Aceh. Peraturan-peraturan yang ada tidaklah se-ekstrim yang anda pikirkan selama ini. Kecuali kalau anda memang melampaui batas. Berkunjunglah dengan perasaan yang tentram. Santai aja, oke? 



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 20
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Travelling ke Aceh, Tapi Takut Peraturan ‘Ekstrim’nya? Bacalah Ini
Travelling ke Aceh, Tapi Takut Peraturan ‘Ekstrim’nya? Bacalah Ini
Aceh yang dijuluki sebagai Serambi Mekah ini memanglah tempat yang paling islami di Indonesia ini.
https://3.bp.blogspot.com/-pUQgyA0Lzvo/WJR5SIVMOYI/AAAAAAAAQnI/gU3EMUxA10oQrJkw-CmTsgtCtMN_bT0HQCK4B/s1600/a5.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-pUQgyA0Lzvo/WJR5SIVMOYI/AAAAAAAAQnI/gU3EMUxA10oQrJkw-CmTsgtCtMN_bT0HQCK4B/s72-c/a5.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2017/02/ingin-travelling-ke-aceh-tapi-takut.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/02/ingin-travelling-ke-aceh-tapi-takut.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy