Travelling ke Aceh, Tapi Takut Peraturan ‘Ekstrim’nya? Bacalah Ini



Ingin Travelling ke Aceh Kilometer nol

Coba jujur, apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata Aceh? Oke, biar saya tebak apa yang anda pikirkan. Pria gak boleh pakai celana pendek kah? Gak boleh boncengan sama wanita saat naik motor kah? Pria harus pakai sarung kah? Wanita gak boleh pakai celana jeans kah? Pasti masih banyak hal-hal yang lain lagi yang ada dipikiran anda, bukan? Percayalah,  saya juga pernah memikirkan hal yang sama seperti anda ketika saya belum pernah sampai ke Aceh waktu dulu sehingga saya pun berpikiran ketika hendak ke Aceh “Apakah saya akan menjadi lebih shaleh saat berada di Aceh nanti?” 

Mirwaners, memang sih, ketika kita belum pernah berada di Aceh, yang kita pikirkan tentang Aceh adalah sebuah provinsi yang sangat kental dengan keislamannya sehingga hal ini menjadi sebuah kekhawatiran bagi orang luar atau mungkin orang yang non islam yang ‘kurang’ terbiasa dengan kentalnya situasi keislaman saat mereka hendak mengunjungi Aceh.

Bener banget, Aceh yang dijuluki sebagai Serambi Mekah ini memanglah tempat yang paling islami di Indonesia ini. Hal ini bisa kita lihat dari persentase penduduk muslimnya yang hampir mendekati 100%. Selain itu, saya hampir tidak pernah melihat wanita yang beragama islam yang berpakaian seksi dan menampakkan aurat serta tidak berjilbab. Saya juga sepertinya belum pernah melihat wanita yang berjalan-jalan, keluyuran dan nongkrong di tengah malam. Gak tau juga sih kalau ditempat yang lain, tapi selama 1 tahun saya tinggal di Banda Aceh, saya belum pernah melihat hal-hal itu. Biasanya, tempat-tempat hiburan, café dan tempat-tempat nongkrong lainnya hanya diisi oleh pria. Selain itu juga, ada satu peraturan dimana kalau anda kedapatan berdua-duaan dengan yang bukan muhrim didalam satu ruangan atau didalam rumah dan anda dicurigai melakukan hal yang tidak sepatunya, maka anda akan mendapat hukuman sesuai dengan peraturan yang ada, yaitu di cambuk. Hukuman cambuk ini tentunya dilaksanakan setelah melalui beberapa tahap penyelidikan.

Jadi, Kalau Berkunjung ke Aceh, yang Wanita Harus Pakai Jilbab dan gak boleh pakai celana jeans ya?


Terserah sih. Tapi seperti yang kita ketahui, bagi wanita yang beragama islam, berjilbab  dan memakai pakaian yang tidak menampakkan aurat tentunya hal yang diwajibkan. Pada umumnya celana jeans yang dipakai oleh wanita itu terlihat sangat ketat sehingga menampakkan lekukan tubuhnya. Wanita itu wajib menutup aurat dimana pun berada, baik di Aceh, maupun di kota anda sendiri, kecuali kalau lagi bersama suami diruangan tertutup. Berjilbab itu bermanfaat banget bagi wanita, selain bertakwa kepada Allah, mereka juga akan terlindungi dari kejahatan-kejahatan. Jadi, seperti yang saya sebutkan tadi, wanita-wanita di Aceh itu semuanya memakai jilbab dan jarang sekali wanita Aceh memakai celana jeans saat keluar rumah. Jadi, jika anda yang berasal dari luar Aceh tidak memakai jilbab dan memakai celana jeans saat di Aceh, maka anda akan terlihat beda sendiri dikalangan bidadari-bidadari Aceh. Gak ada hukuman sih dari pemerintah setempat, palingan yang menghukum anda nanti adalah langsung dari Allah SWT karena menampakkan aurat.

Terus, Wanita yang Non-Muslim Gimana dong? Harus Pakai Jilbab Juga kah?

komentar mirwaners

Bagi wanita yang beragama non Islam dan ingin mengunjungi Aceh, jangan terlalu khawatir dengan hal ini. Berkunjunglah dengan tenang dan tanpa ragu. Islam itu toleran. Orang-orang Aceh mengerti kok bahwa anda tidak diwajibkan memakai jilbab. Anda tidak akan dipaksa untuk memakai jilbab. Tapi jika anda ingin memakai jilbab, anda akan terlihat menghormati dan tentunya akan terlihat lebih cantik. Namun, itu semua tidak ada paksaan. So, jangan ragu datang ke Aceh ya.


Gimana Kalau Berboncengan Naik Motor dengan yang bukan muhrim?

komentar mirwaners

Sama seperti kasus berjilbab tadi. Anda tidak dikenakan hukuman dari pemerintahan Aceh ketika anda berboncengan dengan yang bukan muhrim. Jadi, santai aja kalau mau berboncengan. Tapi awas! Wala taqrabuz zina! Jangan mendekati zina. Sesungguhnya zina itu perbuatan keji dan suatu jalan yang buruk, seperti yang difirmankan dalam QS. Al-Israa ayat 32. Pasti ada yang bilang “Kalau berboncengan, gue gak berpikiran segitunya keleus”, Iya okay, tapi ingat! Ketika anda berdua, yang ketiganya siapa? Setan, of course. Setan itu selalu menggoda, ketika pada awalnya anda tidak berniat, bisa-bisa saja anda berubah niat gara-gara bisikan saitan. Kejahatan akan datang ketika ada niat dan kesempatan.

Kalau Pria, boleh gak pakai celana pendek? Terus kalau berenang di pantai gimana?

komentar mirwaners

Di Aceh itu boleh kok pakai celana pendek bagi pria. Ketika saya di Aceh kemaren, saya sering lihat mereka main bola sepak dan mereka semua pakai celana pendek. Begitu juga saat  berenang di pantai, ramai kok dari mereka yang memakai celana pendek. Tapi kalau di jalan dan tempat-tempat lain sih jarang lihat mereka pakai celana pendek. Jadi, intinya, sesuaikan aja dengan situasi dan kondisi. Tapi ingat satu hal, masalah aurat. Tau sendirikan aurat pria itu dari mana sampai mana. Dan tau sendirikan apa hukumannya kalau memamerkan aurat bagi yang muslim?

Kesimpulannya, anda tidak perlu khawatir ketika ingin mengunjungi Aceh. Peraturan-peraturan yang ada tidaklah se-ekstrim yang anda pikirkan selama ini. Kecuali kalau anda memang melampaui batas. Berkunjunglah dengan perasaan yang tentram. Santai aja, oke? 

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


25 comments

2/03/2017

iya sih mas selama gak aneh2 ya asyik aja. cuma aceh memang istimewa ya

Iya mas, santai aja kita, yang penting jangan aneh-aneh aja.

2/03/2017

Nyan bereh thaat. .
Kek ny yg paragraf awal t bermula dari cerita kmi jg laa t 😁😁

Gak juga, kayaknya semua orang yang belum pernah ke Aceh rata-rata berpikiran kayak gitu memang. hehhe...

Waahhh aku selama ini belom kepikiran utk jalan2 ke aceh. Gatau kenapa. Aku baru tau aceh ada peraturan yang agak gimana sama masalah pakaian. Soale aku di bali kayaknya santai2 aja. Hehehehe. Tapi tetep ajasih yaaa sebagai orang Timur mosok mau masuk mall pake handuk ato sarung doang Karna abis renang ke pantai gabawa salinan :'(

Makasih info nyaaa kak

Masuk mall pake handuk ntar di panggil satpam. Hheheh....

Sebenarnya santai aja sih kalau mau jalan-jalan ke Aceh. Kadang2 orang-orang terlalu berlebihan memikirkan masalah pakaian di Aceh.

Ih, pertanyaan eikeh dicapture. Jadi malu, hahaha

Hahahaha... gak usah malu cyynn... Kan sekalian promosiin iyey....

sekilas aku baca, wanita non muslim berarti boleh pakai jilbab? better jilbab atau kerudung kain yang menutupin?


deddyhuang.com

Iya koh, siapa aja boleh kok pakai jilbab, kerudung atau sejenisnya, walaupun wanita non muslim. Kalau milih jilbab atau kerudung kain, ya terserah pemakainya sih. Sebenarnya sama aja.

ohh, jadi mikirin sesuatu aku #sesuatu yang berkaitan dengan Aceh #sesuatu atau seseorang ya ya tepatnya? #halah...

Tau aja ah si mbak... hehehee.... :D

2/04/2017

harus disebarin nie.. karena gak banyak juga orang yg tau.. dan yg muncul2 di tv cuma cerita orang2 dihukum cambuk aja... kayaknya tv sengaja biar keliatan tertutup infonya

Iya silakan disebarin mas. Semoga tulisan ini bisa menjadi pencerahan bagi mereka yang masih mikir kalau Aceh itu terlalu ektrim untuk di kunjungi.

2/06/2017

Aceh indah sekali alamnya yaa, unik pula..

Bener banget mbak. Aceh memang indah alamnya.

2/08/2017

wah. menjawab banget nih mas Mirwan. Kemarin temenku sempet curhat karena mengunjungi Aceh menggunakan celana jean. Dari sana saya berpikir, wah Aceh ini syariah banget. Menarik. Saya sih justru senang, hehe.
Jadi pengen segera ke Aceh. Beberapa teman ada yang asli saya. Sekalian silaturahmi. Saya suka sekali soal budaya dan kehidupan sosial masy. Aceh. Adakah yang bisa direkomendasikan ke saya, Mas?

Aceh memang itu memang syariat banget mas. Tapi sebagian mereka menganggap hal ini ekstrim bagi mereka. padahal Aceh itu gak se-ekstrim yang mereka bayangkan. Ayo mas ke Aceh. Ada sih teman, tapi dia udah pulang kampung, saya juga udah pulang dari Aceh.

2/15/2017

Aceh yah... aku juga 1 bulan lalu smpet diajakin ke Aceh sama temen. Cma aku tolak karena yah gtu takut sama peraturannya. Nggak tau kenapa sih cma aku orangnya agak cablak klo ngomong jadinya takut salah ucap terus dihukum. Padahal mah aslinya aceh nggk sebegitu ekstremm kok.

Selama ini memang banyak salah persepsi tentang Aceh sehingga mereka jadi mikir dua kali kalau mau ke Aceh.

Anonim
8/06/2017

Ini salah satu destinasi wajib di Sumatera, belum lengkap rasanya kalo belum sampe ke Sabang

12/06/2017

Saya non muslim, dan Aceh masuk ke dalam daftar destinasi wisata saya utk 2018. Saya tidak khawatir apalagi takut utk kesana, karena saya percaya Islam yang sesungguhnya adalah tentang bagaimana bertoleransi kepada sesama. Hidup Indonesia !!!!

12/31/2017

Bener banget gan... Setuju saya.

12/31/2017

Mantap gan.... jangan khawatir deh kalau mau ke Aceh... Pokoknya Aceh itu gak seseram yang orang lain bayangkan... Apa lagi untuk yang non muslim... jangan khawatir dah...

10/21/2019

Waah, kalo ke Aceh..bener2 gak pengen deh.....🙄

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Travelling ke Aceh, Tapi Takut Peraturan ‘Ekstrim’nya? Bacalah Ini
Travelling ke Aceh, Tapi Takut Peraturan ‘Ekstrim’nya? Bacalah Ini
Travelling ke Aceh, Tapi Takut Peraturan ‘Ekstrim’nya, peraturan daerah Aceh, travel ke Aceh
https://3.bp.blogspot.com/-pUQgyA0Lzvo/WJR5SIVMOYI/AAAAAAAAQnI/gU3EMUxA10oQrJkw-CmTsgtCtMN_bT0HQCK4B/s1600/a5.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-pUQgyA0Lzvo/WJR5SIVMOYI/AAAAAAAAQnI/gU3EMUxA10oQrJkw-CmTsgtCtMN_bT0HQCK4B/s72-c/a5.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/02/ingin-travelling-ke-aceh-tapi-takut.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/02/ingin-travelling-ke-aceh-tapi-takut.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy