Review Toko Online Lazada Indonesia : Inilah Sistem Toko Online yang Perlu Dirubah



 Sistem Toko Online Indonesia

Dizaman serba digital ini, kehidupan manusia sepertinya tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Internet telah menguasai berbagai aspek kehidupan. Mau dengar lagu, sreaming di internet. Mau masak, cari resep di internet. Tersesat dijalan, buka Google Map yang terhubung ke internet. Bahkan ingin berbelanja pun bisa lewat internet. Dengan adanya internet ini, sebenarnya kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan terbantu dalam melakukan aktifiras sehari-hari. Contohnya, seperti yang saya sebutkan tadi, adalah berbelanja lewat internet alias belanja online. Belanja online ini bisa kita lakukan di toko online.  Kini, toko online semakin hari kian menjamur. Diantara toko online yang sudah dikenali baik di Indonesia yaitu Tokopedia, Bukalapak, Bhineka, Muslimarket, Lazada, dan masih banyak lagi toko online lain yang bermunculan akhir-akhir ini. Semakin banyak toko online yang tersedia, semakin mudah pula kita untuk memilih toko online yang sesuai dengan selera kita. Karena tiap-tiap toko online mempunya fitur handalan tersendiri. 

Namun, terlepas dari fitur-fitur handalan yang ada, setiap toko online pasti mempunya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bagi toko online yang sudah mempunya kelebihan, bisa dipertahankan. Namun, bagi toko online yang mempunyai kekurangan, bisa-bisa saja kekurangan tersebut menjadi sumber masalah, dan menurut saya perlu segera diadakan perubahan atau perbaikan system. Contoh permasalahan yang mungkin bisa diperbaiki yaitu dalam system ongkos kirim barang. 


PENGALAMAN BERBELANJA DI TOKO ONLINE

Salah satu toko online yang memberlakukan system ongkir (ongkos kirim) adalah Lazada Indonesia. Saya rasa, toko online yang lain juga memberlakukan system ongkir seperti Lazada Indonesia. Lazada ini adalah toko online dimana tempat saya sering belanja. Yang membuat saya sering ke Lazada kalau belanja online adalah ketersediaan barangnya yang sangat lengkap. Namun, ada satu hal yang menurut saya perlu diperbaiki sistemnya, yaitu system ongkos kirimnya, seperti yang saya sebutkan tadi. Di Lazada mau pun di toko online lain, biasanya, ongkos kirim dihitung per item barang. Seperti pengalaman saya kemaren saat berada di Aceh, saya membeli beberapa item barang di Lazada, seperti Smartphone, Jam Tangan, Solar Charger, Wireless Earphone dan Tripod. Dari beberapa barang tersebut, ongkos kirim dihitung per 1 barang. Disaat itu, ongkos kirim ke Aceh sebesar Rp. 30.000. Artinya, 1 barang yang saya pesan harus bayar biaya ongkir sebesar 30 ribu rupiah. Sedangkan saat itu barang yang saya pesan ada 5 item.  5 x 30.000 = 150.000. Jadi, ongkos kirim dari 5 item barang yang saya pesan adalah Rp. 150.000.

BIAYA ONGKIR

Sistem Toko Online Indonesia

Semenjak itu, saya langsung berfikir, uang ongkir 150 rupiah itu kayaknya bisa buat belanja barang lain jika belanja di toko di sebelah rumah saya. Mending belanja di toko di sebelah rumah dari pada belanja di toko online. Lagian belanja online harus nunggu beberapa hari baru nyampe barang pesanan. Sebenarnya, yang jadi pertanyaan saya tentang system ongkir ini adalah : “Kenapa sih ongkir harus dihitung ber item barang? Kenapa tidak dihitung per package barang aja?” Pada akhirnya, saya pun jadi mikir dua kali kalau mau belanja dengan jumlah item yang banyak di toko online.

MASUKAN & SARAN

Jadi, berdasarkan pengalaman berbelanja online ini, saya dapat beri masukan kepada toko online seperti Lazada mau pun toko online lainnya yang menganut system yang sama. Sebaiknya, jika ada satu orang pelanggan yang sedang memesan barang 1 atau lebih item barang dalam satu waktu, maka sebaiknya ongkos kirim tetap dihitung satu barang walaupun pelanggan tersebut membeli lebih banyak barang. Contohnya seperti ini : Saya, sebagai pelanggan toko online, sedang berada di Aceh. Saya berbelanja barang di Lazada pada jam 7 pagi. Saya membeli barang 5 item, pada jam 7 pagi tersebut. Nah, sebaiknya ongkos kirim barang yang saya belanja tersebut dijadikan satu saja, yaitu tetap Rp. 30.000. Bukan Rp. 150.000. Tapi jika saya belanja lagi pada jam 8 atau jam 9 pagi atau pada sorenya, bisa saja ongkos kirimnya dibedain dengan barang belanjaan yang pada jam 7. Jadi, selama belanja dalam 1 jam tersebut, biaya ongkir dihitung hanya 1 item, karena 5 barang yang dibeli bisa di packing dalam satu bungkusan.

Sistem Toko Online Indonesia

Kenapa dibedain selama 1 jam? Karena sebagain besar pelanggan toko online, salah satunya saya sendiri, membutuhkan waktu untuk menelusuri dan membanding-bandingkan barang-barang yang tersedia di toko online tersebut. Pelanggan tentunya ingin memilih-milih barang yang cocok buat dirinya. Namun dalam system ini, tidak harus per satu jam. Bisa saja per 30 menit atau per 2 jam.

MANFAAT DARI SARAN

Jika system ini diterapkan, maka tentunya bisa memanjakan lagi pelanggan. Pelanggan tidak akan mikir-mikir lagi tentang ongkos kirim saat berbelanja dengan jumlah yang banyak. Mereka pasti dengan senang hati menambah jumlah item barang yang ada ditroli. Jika pelanggan sudah senang, maka barang-barang pun akan banyak dibeli, dan pada akhirnya toko online tersebut laku keras dan mendapat keuntungan.

Demikianlah pengalaman saya tentang berbelanja di toko online. Permasalahan yang saya temui saat berbelanja mungkin tidak terlalu signifikan. Meskipun dibeberapa daerah dibebaskan dari biaya pengiriman barang, namun ada baiknya untuk menerapkan masukan, saran dan ide yang telah saya sebutkan diatas  pada daerah yang dikenakan biaya pengiriman barang. Semoga bermanfaat. 



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 12
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Hotel Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
Mirwan Choky: Review Toko Online Lazada Indonesia : Inilah Sistem Toko Online yang Perlu Dirubah
Review Toko Online Lazada Indonesia : Inilah Sistem Toko Online yang Perlu Dirubah
Review Toko Online Lazada Indonesia. Lazada ini adalah toko online dimana tempat saya sering belanja. Yang membuat saya sering ke Lazada kalau belanja online adalah ketersediaan barangnya yang sangat lengkap.
https://4.bp.blogspot.com/-SUEb9aCeBpc/WNzWMQQsjWI/AAAAAAAARAc/JIp5CyIWfT82LBELZf4bYEfurtS1xh7sQCK4B/s1600/tokko.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-SUEb9aCeBpc/WNzWMQQsjWI/AAAAAAAARAc/JIp5CyIWfT82LBELZf4bYEfurtS1xh7sQCK4B/s72-c/tokko.jpg
Mirwan Choky
http://www.mirwans.com/2017/03/inilah-sistem-toko-online-indonesia.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/03/inilah-sistem-toko-online-indonesia.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy