Kangen Bagan Siapiapi, Beli Kacang Pukul di Bukalapak




Bagan Siapiapi, Kacang Pukul

Jadi ceritanya begini, kemaren saya mengikuti sebuah event bersama orang-orang Pekanbaru dalam kegiatan Bagan Heritage di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir. Yang ikut terlibat dalam acara ini terdiri dari berbagai kalangan, seperti  beberapa selebgram, blogger Pekanbaru, photographer, wartawan, admin situs-situs terkenal dan beberapa orang lain yang dikenali sangat aktif di dunia maya. Dan saya sebagai seorang yang rajin menulis di blog juga diajak untuk bergabung di acara yang seru ini. 


Diadanya acara ini tentunya ada tujuan tersendiri, yaitu agar kami bisa menggunakan keahlian kami masing-masing untuk mempromosikan tempat-tempat bersejarah yang berpotensi menjadi lokasi wisata tersebut ke media-media yang kami miliki seperti media sosial, blog dan website. Sehingga dengan adanya promosi ini akan menggenjot tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Bagansiapiapi, sebagai kota bersejarah yang memiliki bangunan-bangunan kuno.

Hal yang sangat menggembirakan itu adalah ketika bisa pergi bersama-sama sambil canda tawa ke Bagan Siapiapi sambil menjelajah lokasi-lokasi yang memiliki peninggalan bersejarah yang ada di kota Ikan tersebut. Kadang-kadang sebagian dari kami yang sangat rempong mewarnai indahnya perjalanan ini. Tidak hanya satu atau dua, bahkan lebih dari itu jumlah destinasi wisata sejarah yang kami kunjungi kemaren. Destinasi wisata sejarah tersebut antara lain Bekas Pelabuhan Tua Belanda, Kantor cabang bank BRI, Gereja Tua Santo Petrus, Rumah kapitan, Rumah Sakit DR R.M. Pratomo, Water Leding, Klenteng In Hok Kiong, dan Tugu perjanjian.

Beberapa destinasi wisata sejarah tersebut memiliki keunikan masing-masing. Misalnya, bekas pelabuhan tua Belanda. Pelabuhan tua ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu memiliki bekas besi yang hingga kini masih utuh. Selain itu, pelabuhan ini kini sudah menjadi daratan yang dulunya adalah merupakan laut. Dipelabuhan ini juga terdapat satu unit meriam yang usianya sudah lebih dari 3 abad. Begitu juga dengan Rumah Kapitan. Rumah tua peninggalan sejarah ini sampai saat ini masih berdiri dengan kokoh. Didalam rumah tua yang diukir dengan seni arsitektur yang klasik dipadu dengan gaya Tradisional Tionghoa dan Melayu ini masih terdapat beberapa barang-barang kuno. Rumah tua ini memang memiliki keunikan tersendiri, bagitu juga dengan destinasi wisata sejarah lainnya yang terdapat di Bagan Siapiapi ini.


Bagan Heritage

Disaat sedang menjelajah destinasi-destinasi bersejarah ini, kami sempat mengambil waktu untuk beristirahat sejenak sambil menikmati berbagai macam kuliner yang ada di kota tersebut seperti Kue Leker, Sop Buah, Es Tebu, Bakwan Udang, Rendang Kerang dan jenis makanan lainnya. Tidak lupa juga kami mencoba kuliner khas daerah yang sudah kami nanti-nantikan sejak kedatangan kami di kota Bagan Siapiapi ini, yaitu Kacang Pukul.


Kacang Pukul merupakan makanan yang menjadi oleh-oleh khas Kota Bagan Siapiapi. Kacang Pukul dianggap sebagai oleh-oleh wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Bagan Siapiapi. Makanan ini merupakan salah satu oleh-oleh yang sudah cukup dikenal dan banyak dijadikan buah tangan. Di kota ini sudah banyak memproduksi kacang pukul. Industri berskala rumah tangga yang memproduksi makanan ringan ini sudah ada sejak 1950-an. Sampai saat ini makanan ini sudah mendunia.

Kacang Pukul ini rasanya gurih, rangup dan pecah dimulut. Dengan rasa Kacang Pukul yang gurih itu, kami jadi bertanya-tanya bagaimana bisa mereka pembuat makanan seenak ini. Kami mencoba mendatangi tempat pembuatan Kacang Pukul tersebut untuk melihat dengan mata kepala sendiri proses pembuatannya. Untungnya, kami dibenarkan untuk melihat dan mengambil foto proses pembuatan Kacang Pukul tersebut secara langsung. Foto-foto tersebut akan kami pergunakan sebagai bahan promosi wisata kuliner Bagan Siapiapi. Terdapat peralatan yang canggih dan higienis dalam proses pembuatan Kacang Pukul tersebut. Dengan peralatan yang canggih dan higienis inilah Kacang Pukul yang dihasilkan menjadi gurih dan enak. Jadi, Kacang Pukul ini merupakan makanan khas Bagan Siapiapi yang harus dibanggakan dan dilestraikan.

Bagan Siapiapi, Kacang Pukul

Dengan adanya promosi destinasi bersejarah dan kuliner khas daerah yang kami lakukan ini, diharapkan semoga kedepannya Bagan Siapiapi bisa dikenali oleh orang-orang Indonesia atau bahkan mungkin dikenali oleh orang-orang dari luar negeri, sehingga mereka akan memasukkan kota Bagansiapiapi ke dalam daftar kunjungan mereka saat mereka berlibur atau dalam kegiatan travelling.

Mulai Kangen Bagan Siapiapi...

Kini beberapa hari sudah berlalu, namun keceriaan acara Bagan Heritage masing terngiang-ngiang di teliga. Beberapa acara resmi di Dekranasda masih melekat diingatan. Asiknya makan-makan di pinggir jalan masih berbekas di memori. Kacang Pukul yang saya makan kemaren masih terasa di lidah. Rasanya saya ingin lagi melalui peristiwa-peristiwa tersebut. Namun, sepertinya hal itu tidak akan terjadi lagi. Semuanya sudah terlewati. Betapa besar rasa kangen di hati. Kangen sama Bagan Siapiapi.

Namun, kini apa yang bisa saya lakukan adalah hanya melihat foto-foto kenangan bersama teman-teman saat di kota tersebut. Untungnya, ada satu hal yang masih bisa membuat saya seolah-olah berada di Bagan Siapiapi, meskipun lokasi saya sekarang sudah tidak di kota itu lagi. Yang membuat saya seakan-akan berada di Bagan Siapiapi adalah Kacang Pukul, cemilan khas dari kota tersebut. Saya beli Kacang Pukul hanya karena ingin merasakan suasana Bagan Siapiapi. Dengan menikmati makanan ini memang saya seolah-olah berada di kota tersebut. Dan hal ini setidaknya bisa mengurangi kerinduan saya kepada kota Bagan Siapiapi.


Terimakash Bukalapak, yang telah membantu saya. Lima hari yang lalu saya coba mencari Kacang Pukul khas Bagan Siapiapi di beberapa toko online. Ternyata di Bukalapak ada jual makanan yang saya cari-cari itu. Harganya bervariasi dan lumayan murah. Harganya ada yang hanya Rp. 28.000/bungkus. Betapa senangnya melihat Kacang Pukul yang bisa saya peroleh dengan mudah. Dikarenakan lagi kangen sama Bagan Siapiapi, tanpa berfikir panjang, saya langsung beli Kacang Pukul itu sebanyak 5 bungkus di toko online itu. Saya beli dengan jumlah sedemikian banyak agar bisa makan dengan puas dan rasa kangen saya sama Bagan Siapiapi bisa terobati.

Setelah dua hari kemudian, Kacang Pukul yang saya idam-idamkan akhirnya sampai juga dirumah dikirim melalui jasa pengiriman JNE. Kacang Pukul pengobat rindu ini rasanya sangat gurih. Makan Kacang Pukul khas Bagan Siapiapi sambil menulis blog tentang Bagan Siapiapi memang sesuatu yang sangat mengasikkan. Dalam 1 hari saya menghabiskan 1 bungkus Kacang Pukul. Sampai hari ini, masih ada tersisa sebungkus Kacang Pukul didalam tas saya. Kalau sudah habis dan masih kangen Bagan Siapiapi, tinggal beli saja lagi di Bukalapak.

KACANG PUKUL
,
Jadi, bagi anda yang lagi kangen sama makanan khas suatu daerah. Anda tidak perlu khawatir. Kini anda bisa mendapatkan makanan atau barang tersebut dengan mudah meskipun anda sedang tidak berada didaerah tersebut. Caranya, anda bisa langsung ke toko online Bukalapak dengan mengunjungi www.bukalapak.com, atau anda bisa langsung pesan lewat aplikasi Bukalapak yang bisa didownload di Smartphone anda dari Playstore atau App Store. Sangat mudah, bukan? Saya tidak perlu lagi pergi ke kota Bagan Siapiapi hanya untuk mendapatkan Kacang Pukul ini. Hanya beli secara online dari rumah dan barannya pun langsung dikirim ke alamat rumah saya.

Kemaren kebetulan saya akses Bukalapak dari browser smartphone. Saya kunjungi situsnya Bukalapak di www.bukalapak.com dan langsung log in dengan akun saya sendiri yang sudah lama saya miliki. Saya coba cari di kolom pencarian dengan kata kunci “Kacang Pukul ”. Setelah itu, tanpa menunggu terlalu lama, langsung muncul pilihan-pilihan kacang pukul yang berasal dari Bagan Siapiapi. Saya pilih salah satu sesuai dengan selera dan bentuk bungkusannya yang mirip dengan bungkusan kacang pukul yang pernah saya beli waktu di acara Bagan Heritage kemaren.

BUKALAPAK

Oh ya, sekarang lagi ada promo Bukalapak yang sedang berlangsung di Shop Page Bukalapak di Excite Shop. Jadi, jika anda ingin berbelanja di Bukalapak melalui Excite Shop, maka anda akan mendapatkan promo, diskon, kode Kupon dan voucher belanja sehingga pada ujungnya perbelanjaan anda menjadi murah. Caranya gampang. Buka situs Excite Shop di http://shop.excite.co.id dan cari promo dari Bukalapak dengan mengetik kata kunci “Bukalapak” di kolom pencarian. Terus anda akan disuguhkan beberapa promo dari Bukalapak. Anda tinggal pilih promo yang ada dengan meng-klik “Lihat Penawaran”. Setelah itu, secara otomatis anda akan di arah ke situs Bukalapak dan langsung bisa berbelanja seperti biasa. Promo, Diskon, Kode Kupon dan Voucher belanja anda akan terkumpul di Excite Shop yang mana anda akan bisa menggunakannya untuk berbelanja lagi. Mudah, kan? 

Excite shop

Kini, untuk memenuhi kebutuhan kita, sudah semakin dipermudah. Kecanggihan teknologi saat ini benar-benar membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Jika ingin berbelanja, tinggal ambil handphone dan buka Bukalapak. Jika ingin mendapatkan harga promo, diskon dan voucher, tinggal kunjungi Excite Shop. Sungguh luar biasa, bukan? Jadi, pergunakanlah teknologi yang ada. Penuhilah kebutuhan sehari-hari anda dengan berbelanja di Bukalapak melalui Excite Shop sekarang! Mumpung promonya masih hangat, teman-teman.


BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 20
Loading...
Name

Aceh Affiliate Bagan Siapiapi Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Info Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Kangen Bagan Siapiapi, Beli Kacang Pukul di Bukalapak
Kangen Bagan Siapiapi, Beli Kacang Pukul di Bukalapak
Terimakash Bukalapak, yang telah membantu saya mencari Kacang Pukul khas Bagan Siapiapi di beberapa toko online.
https://3.bp.blogspot.com/-Q9GhGJQ8YqI/WPikFbQriWI/AAAAAAAARPg/3EOYRS7jGeQThl7RYwDggBabit5pgQQwACK4B/s1600/buka.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Q9GhGJQ8YqI/WPikFbQriWI/AAAAAAAARPg/3EOYRS7jGeQThl7RYwDggBabit5pgQQwACK4B/s72-c/buka.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2017/04/kangen-bagan-siapiapi-beli-kacang-pukul.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/04/kangen-bagan-siapiapi-beli-kacang-pukul.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy