Untuk Ibuku Tersayang yang Selalu Merindui



Mirwan Choky

Sesuatu yang sangat membanggakan ketika ada orang bertanya kepada saya “Mirwan, kamu punya berapa bersaudara?” Terus dengan lantang dan semangatnya saya bilang bahwa saya memiliki 12 bersaudara. Dalam hati merasa bangga karena zaman sekarang ini memang agak sulit untuk menemukan sebuah keluarga yang memiliki jumlah saudara sejumlah pasukan bola sepak. Ditambah lagi saat ini ada yang namanya program KB (Keluarga Berencana) dimana tiap keluarga disarankan untuk memiliki hanya 2 orang anak. Oleh karena itu, sekarang ini sangat jarang kita temukan keluarga yang memiliki jumlah saudara yang mencapai 12 orang seperti di keluarga saya.

mirwans.com
Seperti yang pernah diceritakan oleh almarhum bapak saya, sebagian besar orang pada zaman dahulu berfikir bahwa makin banyak anak, maka makin banyak rezeki. Mungkin dikarenakan pemahaman seperti inilah kedua orang tua saya jadi berkeinginan untuk memiliki anak yang banyak. Tapi bagi saya, hal ini ada benarnya, setiap orang sudah ditentukan rezekinya masing-masing. Jika mempunyai anak yang banyak, otomatis mereka memiliki rezeki yang banyak.

Ketika kami mulai besar, saya sebagai anak yang ke 10 tidak tahu bagaimana cara mereka membesarkan dan mendidik kami dengan segala keterbatasan dikampung. Disaat itu belum ada listrik untuk menunjang kebutuhan kehidupan sehari-hari. Hanya bertemankan lampu minyak tanah ketika malam hari menyapa. Hanya ada baterai AKI untuk menyalakan televisi hitam putih. Belum ada laptop atau gadget yang bisa kami pergunakan untuk mencari informasi terbaru seperti saat ini. Belum ada buku-buku bacaan untuk menggali ilmu baru. Orang tua kami hanya dibekali secuil ilmu yang pernah mereka dapatkan di Sekolah Rakyat untuk mendidik kami sejak dini hingga masuk Sekolah Dasar.

mirwan choky

Semakin kami membesar, syukur, kualitas kehidupan keluarga kami semakin membaik. Kami sudah bisa membantu orang tua dalam mengurusi beberapa pekerjaan rumah seperti memasak, cuci baju, beres-beres rumah, menata halaman dan membantu mereka untuk memanen hasil kebun kelapa dan kopi sebagai sumber kehidupan. Dari hasil panen tersebut juga lah kami bisa membeli sebuah mesin diesel sebagai sumber penerangan dimalam hari dan sebuah televisi warna. Syukur, makin lama kehidupan kami di kampung makin membaik.

Kini kami, anak-anaknya sudah beranjak dewasa, 5 orang kakak saya masing-masing sudah memiliki suami. Dan tinggal dirumah mereka sendiri. Begitu juga dengan 4 orang abang saya, mereka juga sudah tinggal dirumah mereka masing-masing bersama istri mereka. Di rumah ibu saya kini tidak lagi ramai seperti dulu. Ibu terpaksa mengurus pekerjaan rumah sendirian, mulai dari memasak, cuci baju dan pekerjaan rumah lainnya. Sementara bapak hanya mencari nafkah diluar. Ditambah lagi saya yang harus keluar kota dan tinggal di kota Pekanbaru untuk melanjutkan pendidikan. Tinggal hanya 2 orang adik saya dirumah. Tapi tidak lama kemudian, satu adik saya menikah dan tinggal dirumahnya sendiri. Pada akhirnya, kini tinggallah adik saya yang bungsu dirumah bersama kedua orang tua.

mirwans.com
Belum lama ini, sudah ketentuan dari Allah, bapak saya dipanggil kerahmatullah. Saya terbayang betapa sepinya kini dirumah ibu di kampung. Hanya tinggal ibu dan adik saya. Semua pekerjaan rumah tidak akan ada yang membantu, kecuali hanya ibu sendiri yang melakukannya. Kini umur ibu sudah mencapai hampir 60 tahun. Saya yakin tenaga ibu sudah tidak sekuat dulu. Saya ingin sekali membantu ibu. Saya ingin sekali membuat ibu bahagia. Namun apa daya, jarak ini memisahkan kami. 

Dengan keadaan seperti ini, saya jadi teringat betapa besarnya pengorbanan ibu terhadap anak-anaknya. Rasanya pengorbanan ibu tidak pantas hanya dibalas dengan ucapan terimakasih. Mulai dari mengandung selama 9 bulan, dibawa kemana-mana dengan perut yang semakin berat sampai waktu melahirkan dengan perjuangan setengah mati. Memandikan dan menyusui setiap saat. Bergadang sepanjang malam demi menjaga kita agar tidur nyenyak dan terhindari dari gigitan nyamuk. Merawat kita dengan tulus hingga menjadi dewasa seperti sekarang ini. Semua ini dilakukan oleh ibu dengan ikhlas dan tulus tanpa mengharapkan imbalan sepersen pun dari kami. Inilah alasannya kenapa seorang ibu itu memang pantas dan patut kita sayangi.

pengorbanan seorang ibu

Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menyayangi seorang ibu karena sudah menjadi kewajiban seorang anak untuk menyayangi dan membahagiakannya. Rasanya untuk membuat dia bahagia tidak lah sesulit yang kita bayangkan. Kita bisa memulai dengan hal yang sepele namun sangat berarti bagi dia. Diantara lainnya seperti selalu membantu ibu memasak dan mencuci baju. Bagi orang seperti saya yang tinggal di kota, berjauhan dari ibu, kita bisa menelfon dan saling menanya kabar saat kita berada di kejauhan. Disaat menelfon, ibu pernah bilang “andai emak bisa lihat muka mu, nak, di HP ini...”. Air mata saya seketika tidak bisa terbendung. Sepertinya ibu ingin sekali melihat wajah anaknya yang jarang sekali pulang kampung.

Sebagai seorang anak yang tinggal berjauhan dari seorang ibu, ingin sekali saya membeli Handphone yang canggih untuk ibu saya agar kami bisa melakukan panggilan video (video call) dan bisa saling melihat wajah yang penuh kerinduan itu. Dengan adanya handphone yang canggih ini setidaknya kerinduan kami terobati dan ibu merasa bahagia ketika melihat secara live apa saja yang saya kerjakan di kota. Pasti ibu sangat bahagia ketika mendapatkan handphone yang canggih yang di idam-idamkannya sejak lama.

Anak mana yang tidak ingin membahagiakan ibunya. Setidaknya saya tahu apa yang bisa saya lakukan untuk membahagiakan ibu disaat saya berjauhan dari ibu. Salah satunya yaitu mengabulkan barang yang diidam-idamkan oleh ibu sejak lama, yaitu sebuah handphone yang canggih agar bisa video call dengan anaknya yang jauh ini. Saya rasa elevenia sangat cocok dijadikan teman untuk mewujudkan apa yang diinginkan oleh ibu saya.

elevenia

Handphone yang canggih yang bisa buat video call pasti akan sangat membantu saya dalam membahagiakan ibu saya. Ditambah lagi sebuah Power Bank yang bagus untuk mengecas handphone. Karena dikawatirkan baterai handphonenya cepat habis karena keasikkan video call sama saya. Sedangkan sekarang dikampung belum ada listrik di siang hari, kecuali hanya pada malam hari.

Elevenia ini merupakan toko online yang tercpercaya yang memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berbelanja. Selain itu, proses pembayaran yang disediakan juga sudah menggunakan Escrow System, yang menjamin transaksi berjalan aman. Untuk kelebihan lainnya bisa di lihat dibawah ini :
kelebihan elevenia
Selain kelebihan-kelebihan diatas, elevenia juga memberikan diskon bagi pembeli. Dengan diskon yang ada, diharapkan dapat membantu harapan saya dalam mewujudkan keinginan ibu saya yaitu memiliki handphone yang canggih. Selain itu, saya juga tidak perlu kawatir seandainya barang tersebut tidak jadi saya beli, karena sudah ada fitur pembatalannya, sehingga belanja begitu mudah. 

Bagi anda yang ingin berbelanja di elevenia, sangat mudah, tinggal buka gadget atau laptop anda, terus buka browser dan kunjungi www.elevenia.co.id. Mudah, kan? Bagi anda pengguna smartphone, juga bisa langsung download mobile apps nya agar lebih mudah dalam berbelanja kapan pun dan dimanapun anda berada. Jadi, mulai sekarang, ayo kita berbelanja di elevenia dan nikmati diskon dan poinnya. Mari kita bahagiakan orang yang kita sayangi dengan salah satu cara yaitu dengan memberikan barang yang sangat dia idam-idamkan. Dengan barang tersebut tentunya akan bermanfaat dan memiliki kebahagiaan tersendiri bagi orang yang sangat kita cintai tersebut. Lakukanlah sekarang sebelum terlambat.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition “Cerita Hepi Elevenia” yang diadakan oleh Elevenia Indonesia.

lomba blog elevenia

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


22 comments

4/10/2017

elevenia kabulkanlah doa Mirwan yang ingin menghadiahkan sebuah smartphone untuk Ibunda. Aamiin

Senasib mas, ibu saya juga di rumah sendirian, cuman sama ponakan yang nemenin, kadang sering berfikir pengin tinggal di rumah saja... tapi tidak ada kerjaan di kampung...

Saya juga dulu pernah merasakan jaman listrik belum masuk desa....

Kok rasanya kangen masa masa itu ya hehehe

4/10/2017

sepi pasti ini rumah bang, bapak-ibukku juga tinggal berdua ini
kakak-kakaku udah menikah, aku pergi merantau...

semoga cita-cita buat beli hp ibuk segera tercapai :)

ibu orang yang jasanya tiada bandingan,
semoga sukses kompetisinya

Ammmiiiinnnnnn... Hehee... Thannks mbak Evrina.

Iya mas, kita sebenarnya mau aja pulang kampung nemenin ibu, tapi tidak ada pekerjaan di kampung.

Ya sepi banget lah mbak. Udah pada minggat semua.

Amiiiinnnn 😂

Iya mas, bener banget. Makasih doanya.

Semoga rezekinya ya, Mas. Agar bisa memberikan apa yang Mas Mirwan ingin berikan kepada ibunya.. Good Luck, Mas..aamiin..

Amiinn... Semoga aja. Thanks doanya ya mas Andi.

Pengorbanan ibu memang sangat besar jasanya, tidak cukup dengan kata-kata. kalau bisa Ibunya suruh tinggal di rumah mas aja,

Bener banget mas. Kita gak bakan bisa membalas pengorbanan ibu. Saya tinggal belum tetap mas, sebentar2 pindah, lagian ibu bakalan bosan tinggal di kota bersama saya, karena gak ada sesuatu yang bisa dibikin.

wkwkwkwk,
kak mir sodaranya banyak banget
pasti pas kecil sering tengkar ama sodara.
tapi kayaknya seru yaa punya sodara banyak gitu ada tempat berbagi,
ibuku aku sakit2an, jadi punya akupun butuh perjuangan katanya ke ini itu. hahahahaha terus jadi anak tunggal.

Iya mbak, buanyak buangett... Hheehe... ya begitu lah, namanya juga anak-anak, masa kecil pasti sering bertengkar, apa lagi waktu rame. Memang seru punya banyak saudara. Oohh... berarti mbak Maya anak tunggal ya?

Semoga terkabul ya Mas. Keapa ya kalo baca tentang ibu airmataku nggak bisa kutahan...

Aamiin semoga lewat Elevania bisa terkabul membuat ibu tersayang bahagia :) suskes kang

4/11/2017

surga memang di telapak kaki ibu

Amiiinnn ya rabbal alamin. Makasih ya mbak wahyu.

Iya mbak Herva, aminnnn.... Moga aja 😂😂

Bener banget mas Ikrom.

Kasian liat ibunya.. Semoga disehatkan selalu, dimudahkan rezekinya, dan selalu panjang umur..

Amiiinn ya rabbal alamin. Makasih mbak buat doanya.

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Untuk Ibuku Tersayang yang Selalu Merindui
Untuk Ibuku Tersayang yang Selalu Merindui
Review, Elevenia ini merupakan toko online yang tercpercaya yang memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berbelanja.
https://1.bp.blogspot.com/-_L1c7sl_XUc/WOuQmOGbflI/AAAAAAAARGQ/sRJMDQbLTz4qePsQH07KUOtLnu5GRGcaACK4B/s1600/eleves.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_L1c7sl_XUc/WOuQmOGbflI/AAAAAAAARGQ/sRJMDQbLTz4qePsQH07KUOtLnu5GRGcaACK4B/s72-c/eleves.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/04/untuk-ibuku-tersayang-yang-selalu.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/04/untuk-ibuku-tersayang-yang-selalu.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy