Pekanbaru Heritage Walk - Objek Wisata Sejarah Pekanbaru Yang Wajib Dikunjungi


Pekanbaru Heritage Walk - Objek Wisata Sejarah Pekanbaru Yang Wajib Dikunjungi
Mirwaners, Pekanbaru merupakan ibu kota dan juga kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia. Kota yang sudah berumur 233 tahun pada 2017 ini merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Pulau Sumatera dan juga termasuk sebagai kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Selain itu, kota ini juga terdapat beberapa objek wisata sejarah yang patut anda ketahui dan anda kunjungi.

Rumah Singgah ini berbentuk Rumah panggung dimana merupakan rumah singgah dari Sultan Siak pada saat beliau berkunjung  ke   kota Pekanbaru. Kalau kita lihat dari atas Jembatan Siak III, maka kita bisa melihat dengan dekat bangunan rumah panggung ini yang berbahan dasar kayu. Dengan dominasi cat warna kuning dan biru, bangunan rumah panggung yang didirikan sekitar tahun 1895 ini terkesan sangat Melayu. Rumah inilah yang di catat dan diakui sebagai salah satu situs peninggalan sejarah Kota Pekanbaru, Riau. Lokasi Rumah ini berada di Jalan Pedagangan, Kelurahan Bandar.
Pada zaman dahulu di antara tahun 1950 sampai 1970, masyarakat yang ingin ke Pekanbaru atau pergi keluar dari Pekanbaru, mereka biasanya singgah terlebih dahulu diterminal bus yang berlokasi ditepi sungai Siak. Pokoknya, terminal yang berwaran biru ini menjadi saksi bisu dari lalu lintasnya PO bus yang membawa penumpang menuju ke Sumatera Barat, Duri, dan Dumai. 
Rumah tenun Kampung Bandar ini merupakan salah satu tempat pengrajin songket yang ada di Pekanbaru. Dimulai dari pagi hingga sore hore. Penenun perempuan di rumah ini mengubah benang berwarna warni, benang emas, dan dan benang perak menjadi kain-kain songket. Sebenarnya Rumah tenun yang telah berdiri sejak tahun 1890-an ini terdapat 3 alat tenun bukan mesin yang setiap  harinya bekerja membuat tenunan khas Riau. Kalau kita berada didekat rumah ini, maka kita setiap hari akan terdengar gemertak suara dari alat tenun. 
Gudang Pelindo ini adalah sebuah gedung yang menjadi saksi bisu atas kejayaan  perdagangan antara Sumatera Timur atau Pekanbaru ke Singapura. Berdasarkan sejarah, dulu ada namanya Pelabuhan lama Pekanbaru yang dibangun oleh  Belanda pada tahun 1920-an. Saat itu, pelabuhan ini disinggahi kapal-kapal dari Perusahaan Pelayaran Belanda. Kapal-kapal ini membawa barang-barang dari Tapung, Payakumbuh, dan  berbagai wilayah Sumatera Tengah lainnya untuk dibawa ke Singapura. Di dalam salah satu foto hitam putih di Leiden, memperlihatkan salah satu  kapal dari Perusahaan Pelayaran Belanda yang bertujuan ke Afrika Selatan via Singapura biasanya singgah sebentar di Pelabuhan Pelindo ini.  
Tidak hanya di kota Sabang Aceh yang memiliki tugu nol KM, tapi di Pekanbaru juga ada. Tugu Nol KM di Pekanbaru  ini merupakan sebuah patokan nol km untuk penanda pembuatan jalan penghubung antara Pekanbaru- Bangkinang-Payakumbuh.  Dan Gudang Pelindo yang berada di dekat tugu nol kilometer ini, menjadi saksi bisu kejayaan perdagangan antara Sumatera Timur (Pekanbaru) ke Singapura di masa itu. Tugu nol km Pekanbaru  ini dibuat oleh Belanda pada tahun 1920.
Rumah yang bergaya indische ini didirikan pada  awal tahun 1900-an. Pemilik  istana ini adalah H Zakaria bin Abdul Muthalib, yang bergelar Tuan Kadi. Pada zaman dahulu, beliau ini dipercayai oleh Sultan Syarif Kasim II sebagai penasihat raja di bidang agama. Setiap sultan Siak datang ke Pekanbaru, beliau menginap di rumah ini, sehingga ada kamar khusus untuk Sultan. Sekarang kalau kita lihat isi dalam bangunan ini, semua barang-barang masih asli.  
Rumah ini merupakan sebuah rumah peninggalan Belanda dengan arsitektur tahun 1920-an. Rumah ini digunakan sebagai kantor Syahbandar yang ditunjuk  oleh Belanda. Alasan Belanda menempatkan pegawai syahbandar mereka di Pekanbaru untuk mendata kapal-kapal dagang masuk dan  keluar kota Pekanbaru. Perdagangan Pekanbaru saat itu pesat. Rumah Syahbandar ini berfungsi sebagai pengawas keselamatan kapal dan  sebagai kepala bea cukai. 

Demikianlah lokasi-lokasi wisata sejarah Pekanbaru yang bisa anda kunjungi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin berkunjung ke Pekanbaru. Mari kita kenali wajah negeri kita, mengenal ragam kekayaan budaya serta  menyisir jejak  sejarah kota. Tugas kita bersama untuk melestarikan, menjaga dan belajar dari sejarah masa lalu untuk masa depan yang lebih baik, mari kita ambil peran dan berkontribusi positif untuk kemajuan Indonesaia tercinta.



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 16
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Hotel Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
Mirwan Choky: Pekanbaru Heritage Walk - Objek Wisata Sejarah Pekanbaru Yang Wajib Dikunjungi
Pekanbaru Heritage Walk - Objek Wisata Sejarah Pekanbaru Yang Wajib Dikunjungi
Pekanbaru Heritage Walk, Objek Wisata Sejarah Pekanbaru, Rumah Singgah Sultan Siak, Terminal Lama Pekanbaru, Rumah Tenun Kampung Bandar, Gudang Pelindo, Rumah Syahbandar, Tugu Nol KM, Istana Hinggap / Rumah tuan Qadhi
https://1.bp.blogspot.com/-jTtf85SQz_Q/WUlcFMJxE1I/AAAAAAAASHo/qsGBhpZaN-0Qy_GQGtpXBkbrjiSU_uSPACK4BGAYYCw/s1600/walk1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-jTtf85SQz_Q/WUlcFMJxE1I/AAAAAAAASHo/qsGBhpZaN-0Qy_GQGtpXBkbrjiSU_uSPACK4BGAYYCw/s72-c/walk1.jpg
Mirwan Choky
http://www.mirwans.com/2017/06/pekanbaru-heritage-walk-objek-wisata.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/06/pekanbaru-heritage-walk-objek-wisata.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA ARTIKEL YANG INI BELUM ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy