10 Cara Dapetin Foto Blogable Pake HP saat Travelling



10 Cara Dapetin Foto Blogable Pake HP saat Travelling
Mirwaners, traveller zaman now selain suka kelayapan mereka juga suka sambil hunting foto buat update dan memperindah feed akun media sosial mereka. Selain untuk menghiasi aku sosial media, foto-foto tersebut kadang juga mereka gunakan untuk updatean di blog. Misalnya saya sendiri, sebagai seorang blogger ala-ala yang suka travelling, saya suka banget update postingan blog berdasarkan foto-foto yang saya ambil saat traveling. Saat kalian melihat artikel tentang travelling di blog saya, mungkin ada salah satu dari kalian bertanya : “Ini jepret fotonya pake kamera apa ya? Kamera smartphone kah? Atau kamera DSLR?"


10 Cara Dapetin Foto Blogable Pake HP saat Travelling
Seriously, selama ini hasil jepret travelling saya hanya bermodal kamera smartphone. Meskipun masih amatiran, namun hasil jepretan saya lumayan bagus lah. (muji diri sendiri :D). Memang sih selama ini orang-orang beranggapan bahwa untuk mendapatkan jepretan foto yang blogable dan instagramable pake smartphone agak susah. Tapi bagi saya, hal tersebut tidaklah terlalu sulit kalau kita tahu beberapa tips jepret foto travelling berikut ini :
Jangan beranggapan bahwa kamera smartphone anda bisa mempercantik foto anda secara otomatis. Cobain deh utak-atik dikit settingan dan fitur exposure-nya. Kalian atur secara manual fitur ini untuk mengompensasi tampilan kamera ketika hendak menjepret suatu objek. Karena kadang-kadang exposure compensation yang otomatis yang ada di kamera smartphone kalian gak selalunya cocok. Jadi, kalian bisa setting sendiri secara manual ya.
Zaman sudah semakin maju. Kamera HP pun semakin canggih. Kecanggihan kamera tersebut tentunya didukung dengan berbagai macam fitur yang bisa kalian manfaatkan. So, kalian bisa utak-atik dikit dulu ya untuk mengenali fitur yang ada sebelum memutuskan untuk menjepret objek. Ohya, meskipun sudah canggih, namun kadang-kadang smartphone tertentu belum memiliki teknologi PDAF. Teknologi PDAF ini bisa memudahkan kalian untuk menjepret objek yang bergerak, atau yang letaknya jauh maupun dekat, dengan cepat dalam waktu 0,3 detik. Jadi, coba cek HP kalian. Sudah memiliki teknologi PDAF belum?
Kini smartphone yang harga dibawah 1 jutaan pun sudah memiliki kamera yang bisa focus. Fitur fokus ini juga merupakan salah satu teknologi fitur kamera smartphone yang seharusnya kalian sadari dan manfaatkan dengan maximal. Kalian tinggal bidikkan kamera smartphone kalian ke suatu objek dengan bidikan fokus, kemudian untuk latar objeknya kalian bikin tidak focus atau terlihat kabur (kabur kemana?). Dan lihat hasilnya. Pasti blogable banget.
Mirwaners, kalau objek yang mau di jepret itu terasa agak jauh, maka mendekatlah. Jangan malas melangkah ya guys, jodoh aja gak bakal datang kalau gak dijemput. Eeaaakk… One thing you must know bahwa kamera smartphone itu cenderung memperkecil objek foto. So, kalian harus selalu ingat untuk selalu menjepret dari jarak yang cukup, sehingga keseluruhan objek yang dibidik bisa memenuhi frame tanpa harus menggunakan zoom. Karena penggunaan zoom itu justru akan menurunkan resolusi foto kalian secara keseluruhan dan membuat foto kalian kurang tajam dan kurang kece badai. 
Peganglah kamera smartphone kalian dengan tenang agar kondisi kamera jadi stabil. Karena semakin stabil kalian pegang kamera, maka akan semakin kece foto yang kalian jepret. Jadi, ingat ya! Sebisa mungkin untuk mengkondisikan tangan kalian tenang saat mengambil foto, jangan bergetar-getar kayak mau ketemu calon mertua. Hehehe… Agar lebih memudahkan kalian jepret foto, supaya gak shaky, gunakan benda-benda yang lebih stabil untuk dijadikan sandaran, misalnya batang pohon atau dinding tembok agar bisa membantu kestabilan tangan kalian. Selain itu, ada satu cara lagi agar hasil jepretan foto dan juga video kita gak goyang, seperti yang dibilang oleh seorang fotografer, bang Dyas (Andika Dyas Agusta), saat menggunakan kamera, usahakan tahan napas agar posisi kamera stabil.
Setiap orang memiliki keunikannya masing-masing. So, just be yourself. Tunjukkan keunikan kalian. Jangan ngikut-ngikutin gaya orang lain khususnya dalam mengambil foto. Janganlah jadi orang kebanyakan. Cobalah jepret foto dari tempat yang gak biasa orang lain ambil, ambillah sudut pandang yang berbeda karena foto yang diambil dari sudut pandang yang kebanyakan orang buat, maka hasilnya akan terlihat biasa-biasa saja. Jepretlah foto dari sudut pandang yang berbeda dari orang kebanyakan, misalnya berjongkok saat memotret sehingga sudut pandang foto yang lebih rendah dari objek fotonya. Dengan tampil beda, maka foto kalian akan memberi kesan khusus sehingga terlihat blogable.
Kalau kalian sudah selesai jepret fotonya, maka jangan langsung posting ya. Di edit dulu itu foto secukupnya agar telihat lebih blogable. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan. Kalian juga pasti gak suka kan lihat cewek dandan berlebihan? Lagian kalau diedit berlebihan, maka hasilnya malah jadi tidak bagus yang seperti diharapkan. Editlah untuk menyesuaikan kontras, vignette, crop dan tambahkanlah mood yang membuat foto kalian tampak lebih kece dan blogable tanpa terkesan diberi filter yang berlebihan.
Ada pepatah mengatakan “Tuntutlah ilmu dari ayunan hingga ke tiang lahat.” Jadi, intinya, kalian harus tetap belajar memotret meskipun sudah “bisa”. Jepretlah sesering mungkin agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maximal. Misalnya, kalian bisa jepret foto candid secara diam-diam untuk mengasah kepekaan dan teknik yang kalian miliki.
Jika diri kalian ingin menjadi salah satu komposisi atau objek dari hasil jepretan foto, maka pakailah pakaian yang sesuai. Pecaya atau gak, pakaian yang kalian pakai juga ikut mempengaruhi hasil jepretan foto. Kan gak lucu kalau jepret foto di pemandangan gurun pasir tapi memakai pakaian renang. Apa lagi kalau pakai baju kemeja kantoran di dalam pemandangan hutan. By the way, kalau kalian ingin nyari-nyari pakaian yang cocok buat travelling, cobain deh cek di Zalora. Apa lagi memasuki akhir tahun, kalian akan menemukan banyak sekali promo diskon belanja yang menarik di toko online tersebut. Dan amazingnya, pada bulan Desember nanti, kalian dapat belanja sepuasnya di momen HARBOLNAS 2017 di ZALORA Indonesia!
Ini merupakan hal yang paling penting. Pastikan dulu HP kalian ada kameranya. Kan lucu banget kalau saat mau jepret pake HP, eeh ternyata HP nya gak ada kameranya. Hehehe…  Lagian semua point yang telah saya ditulis di atas tak akan berguna kalau kalian baru ingat bahwa HP kalian tak ada kameranya. Dan rugi banget kalau saat travelling gak bawa kamera.

Well, demikianlah 10 Cara Dapetin Foto Blogable Pake HP saat Travelling. Semoga tulisan ini bermanfaat. Jadi, mulai sekarang kalian gak perlu bawa kamera-kamera gede yang memberatkan itu saat travelling. Bawa HP yang ada kameranya aja kalau itu memang cukup bagi kalian. Kalian pun bisa bersaing dengan Travel Blogger lainnya yang memiliki follower banyak. Okay, see you next time. Always be my Mirwaners.
10 Cara Dapetin Foto Blogable Pake HP saat Travelling

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


44 comments

11/23/2017

Mantap tipsnya om.

11/23/2017

Tambah kece kalau hpnya autofokus ya mas, hehe

11/23/2017

Wah keren banget tipsnya, terutama yg terakhir hahaha.. Cara tau kamera kita dah PDAF gmn?

11/23/2017

tips no 10 paling mantep

URBANKAWAII.NET
11/24/2017

blognya keren mas :)

wah keren banget mas, nggk kepikiran ya bikin artikel diblok pake warna terus digabungin pake gambar dan keliatan menyatu begitu hahaha. bisa jadi inspirasi nih.

11/24/2017

Asli ini artikel keren banget, mas Mirwan. Aku selama ini suka pake poket kamera. Sampai suatu hari jatuh. Rusak. Nah udah beli lagi. Prosumer. Ternyata gak ringkas menurut aku. Akhirnya aku malah pake kamera hpku, mas. Jujur siy, beberapa foto menurut aku memang bisa lebih bagus hp

11/25/2017

apa nih rekomendasi hp yang bagus kameranya mas? hehe

11/25/2017

dan pastikan kameranya gak rusak heuheu

11/25/2017

Lah aku kalau pakai kamera hp, biasa tak setting di modus otomatis
Ternyata bisa di otak atik juga ya, biar foto lebih blogable

11/26/2017

Makasih om...

11/26/2017

bener banget mas.

11/26/2017

Hahahahaa.... yang terakhir itu hanya sebagai penyedap rasa....

11/26/2017

Hahhaa... mantep tenan..

11/26/2017

makasih ya...

11/26/2017

iya mbak.... Alhamdulilah saya dapat ide kayak gini..

11/26/2017

Maaksih ya mbak... waahh.. sayang banget kameranya sampe jatuh gitu... sampe rusak. Gak bisa diperbaiki ya mbak?

11/26/2017

Saya sih pakai Xiaomi Mi4

11/26/2017

Tepat sekali... hahaha

11/26/2017

iya mas... bisa di utak atik lagi kok...

12/06/2017

thanks infonya bermanfaat mas mirwan!!

12/06/2017

Tips nomer terakhir saya langsung ngakak!
Jaman sekarang mah tiap orang udah punya HP berkamera yak. Hahahaha.

12/07/2017

Hahaha. Yang terakhir kayaknya point yang paling penting ya gan. Wkwkwk.
Btw itu agan pake smartphone apa? Kok jernih banget hasil jepretanya???

Duh, blog bapaknya ini keren banget, andaikan saya bisa coding, pasti bikin yang kayak gini..

Btw, tipsnya bermanfaat banget, aku pakai Xioami, tapi belum tahu berbagai fiturnya.. bentar lagi belajar lagi.

Thanks for sharing

12/07/2017

Berguna banget tips2nyaaa, ditunggu tips2 selanjutnya....

12/07/2017

Semua tips betul, terutama yang nomer 10. Wkwkwkw...

Mantab mas..

12/07/2017

Aku termasuk yang males ngutak ngatik kamera semenjak kenal dengan kamera digital. Sepertinya sudah saatnya belajar mengoprek kamera lagi, baik kamera hp atau kamera apa pun.
Thanks for reminding me, Mas.

Mantap tips, no 10 paling gila hahahaha....

12/07/2017

wah bisa jadi Inspirasi nih postingan seperti ini thanks mas

pastikan kalian ada kamera :D haha...

12/11/2017

kalau aku sering gunain exposure mas, sama kalai sebelum upload edit dikit bagian saturasi sama kontras hehe.

12/31/2017

Iya... sama-sama mas... semoga bermanfaat.

12/31/2017

Hahaha... iyaa... mana tau kan.. masih ada orang yang HP nya belum punya kamera.... ahaha

12/31/2017

Iya gan... poin terakhir memang poin paling penting tu.... hahaaha...

itu pake Asus Zenfone sama Xiaomi, gan...

12/31/2017

Dduuh..... makasih banget mbak.... hihihihi....

Saya juga pakai Xiaomi mbak.... salah satu foto diatas pakai Xiaomi kok.

12/31/2017

Sip gan... stay tuned yaaa...

12/31/2017

Hahahaha... iya kan mbak..... percuma tips-tips dari 1 sampai 9, kalau yg nomor 10 gak terpenuhi.... hahaha

12/31/2017

Makasih mas....

12/31/2017

Sipp... mbak.. kayaknya kita harus manfaatin fitur-fitur yang tersedia di kamera kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal...

12/31/2017

Nomor 10 bikin netizen melongo... hahaha

12/31/2017

Sip gan... moga bermanfaat ya....

12/31/2017

Yup. bener banget koh....

12/31/2017

Agak sama kita mas... hehehe...

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,38,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: 10 Cara Dapetin Foto Blogable Pake HP saat Travelling
10 Cara Dapetin Foto Blogable Pake HP saat Travelling
10 Cara Dapetin Foto Blogable Pake HP saat Travelling, jepretan foto yang blogable dan instagramable pake smartphone, tips jepret foto travelling
https://4.bp.blogspot.com/-LBK6SjxhzZQ/WhWpfQQDYbI/AAAAAAAAS_w/h9qY17x_CwQY7YfZz1AswrYs3JRtqPu3gCK4BGAYYCw/s1600/zalo.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-LBK6SjxhzZQ/WhWpfQQDYbI/AAAAAAAAS_w/h9qY17x_CwQY7YfZz1AswrYs3JRtqPu3gCK4BGAYYCw/s72-c/zalo.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/11/10-cara-dapetin-foto-blogable-pake-hp.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/11/10-cara-dapetin-foto-blogable-pake-hp.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy