10 Rahasia Penerbangan Yang Dibocorkan Pilot



Disembunyikan Dari Penumpang! 10 RAHASIA PENERBANGAN YANG DIBOCORKAN PILOT
Mirwaners! Sebagai mana yang ketahui bahwa setiap profesi punya rahasia yang tidak boleh dibocorkan kepada orang lain. Tak terkecuali para penerbang atau pilot. Meski saat ini pesawat menjadi alat transportasi andalan untuk mengangkut jutaan manusia tiap tahunnya, dunia penerbangan terus diselubungi dengan misteri. Misalnya, tak banyak yang tau apa yang sebenarnya terjadi didalam cockpit selama dalam penerbangan apa lagi soal kode-kode rahasia yang digunakan para pilot dan awak kabin didalam pesawat.


Jika pingin tahu, ini nih 10 informasi yang dibocorkan para pilot mau pun awak kabin dari sejumlah maskapai. Informasi ini saya ambil dari Daftar Populer di Youtube:

1. Pesawat Tak Penah Terbang Lurus

Dalam sejumlah penerbangan ditampilkan peta para penumpang lengkap dengan lintasan pesawat. Dalam peta tersebut bisa dilihat bahwa pesawat tak pernah terbang lurus melainkan dalam bentuk kurva bahkan terkadang zigzag. Mau tau mengapa bisa begitu? Karena bumi itu bulat. Sementara peta itu yang disajikan dalam versi datar. Alasan kedua yaitu karena persyaratan khusus untuk penerbangan yang mewajibkan semua rute yang mengharuskan semua yang berada didekat bandara agara pilot memiliki cukup waktu untuk mendaratakannya disalah satu landasan jika terjadi kondisi darurat. Selain itu, kondisi cuaca juga bisa mempengaruhi rute penerbangan.

2. Pilot Dilarang Berjenggot

Pernahkah kalian menyadari penampilan pilot dari maskapai manapun rata-rata cleanis. Kalaupun ada rambut diwajah, itu pun kumis, bukan jenggot. Sudah menjadi aturan umum di hampir semua maskapai bahwa pilot dilarang memakai jenggot. Alasannya, masker oksigen yang digunakan saat pesawat mengalami kondisi darurat harus pas dan terpasang kencang diwajah. Sementara keberadaan jenggot bisa terganggu. Padahal keberadaan pilot dan co pilot itu sangat crusial dalam penerbangan, apal agi dalalm situasi darurat. Jika mengalami kekurangan oksigen bukan tak mungkin mereka kehilangan Kesadaran.

3. Komunikasi  Pilot Tak Selalu Serius

Komunikasi yang dilakukan pilot tak melulu soal penerbangan. Ada tradisi bahwa pihak pengendali lalu lintas udara memberikan ucapan selamat pada hari-hari besar. Bayangkan jika seorang pilot melakukan penerbangan 4 kali sehari sebelum natal, selama waktu itu sekitar 2000 orang mengucapkan selamat natal kepadanya saat diudara.

4. Orang Biasa Tak Mungkin Mendaratkan Pesawat

Dalam sejumlah fiksi pasti sering digambarkan situasi ketika para pilot tak bisa mendaratkan pesawat dibawah ancaman para criminal. Kemudia dikisahkan sang pemeran utama terampil mengambil alih penerbangan. Sayangnya hal itu mustahil didunia nyata. Sebab, bahkan jika orang itu jenius, akrab dengan simulator computer dan 100% sesuai dengan model pesawat dan mengikuti rincian yang diberikan , ia kemungkinan gagal karena hal sederhana, yaitu stress.

5. Delay Tak Hanya Merugikan Penumpang

Penundaaan penerbangan atau delay tak hanya merugikan penumpang, tapi juga awak kabin. Sebab mereka dibayar hanya berdasarkan jam terbang. Waktu yang dihabiskan selama dibandara tidak masuk hitungan. Kalau pun ada insentif, jumlahnya sangat kecil. Jadi, ini guys, gak perlu menunjukkan kekesalan yang berlebih kepada awak kabin jika pesawat kalian pengalami penundaan karena mereka juga merasa rugi.

6. Aturan Saat Pilot Meninggalkan Pesawat

Ketika salah satu pilot ingin ke toilet, seorang awak kabin akan masuk ke cockpit dan menunggu sang penerbang kembali. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya penerbangan terkunci diluar cockpit sementara copilot tiba-tiba collapse.

7. Makanan Dipesawat Terasa Hambar

Bukan salah koki jika makanan yang dihidangkan dalam pesawat terasa hambar atau tidak sedap. Alasanya,  lokasi diketinggian ribuan kilomeneter dari permukaan tanah, indra pengecap dan penciuman kita akan terpengaruh. Tak hanya itu, kelembapan, kebisingan pesawat, dan tekanan rendah juga memainkan peran besar soal rasa makanan.

8. Pintu Anti Peluru

Benar adanya bahwa pilot dilindungi pintu anti peluru dengan kode khusus untuk membukanya. Untuk mengecek kondisi para pilot, pramugari akan berkomunikasi dengan para penerbang lewat telefon.  Komunkasi tersebut harus dilakukan setiap 40 menit pada siang hari dan tiap 20 menit dimalam hari.

9. Pendaratan Kasar Bisa Jadi Disengaja

Saat mengalami pendaratan kasar atau hardlanding ditengah cuaca buruk, bisa jadi itu abukan lantaran pilot kurang berpengalaman. Faktanya, dalam sejumlah kasus mereka sengaja melakukannya. Jika landasan dalam kondisi tergenang air, maka pesawat harus didaratkan secara keras untuk memecahkan lapisan air dan menghindari terjadinya aquaplaning atas terpelesat saat landasan basah.

10. Lampu diredupkan Saat Landing

Lampu pesawat akan diredupkan saat lepas landas dan mendarat. Ternyata ada alasan dibalik itu. Hal tersebut adalah termasuk dari prosedur keamanan yang mungkin bisa menyelamatkan nyawa para penumpang. Meredupkan lampu kabin sebelum pesawat menurun dimaksudkan untuk mempersiapkan para penumpang untuk menemukan jalan pintu darurat. Terutama untuk menemukan rambu-rambu pintu darurat yang sengaja dibuat terang di pintu lorong kapal terbang,

Nah, itulah 10 rahasia yang dibocorkan oleh para pilot dan semoga  kalian tetap selamat ya bila naik pesawat dan jangan lupa berdoa.


Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,31,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,38,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: 10 Rahasia Penerbangan Yang Dibocorkan Pilot
10 Rahasia Penerbangan Yang Dibocorkan Pilot
Disembunyikan Dari Penumpang! 10 RAHASIA PENERBANGAN YANG DIBOCORKAN PILOT, 10 informasi yang dibocorkan para pilot mau pun awak kabin dari sejumlah maskapai
https://4.bp.blogspot.com/-ikcNoVHEJig/WvhSU-x6isI/AAAAAAAAUUE/tFhZmYKnweYI-6_Cj4ZIAP_cKe0PAq0eACK4BGAYYCw/s1600/xmaxresdefault.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-ikcNoVHEJig/WvhSU-x6isI/AAAAAAAAUUE/tFhZmYKnweYI-6_Cj4ZIAP_cKe0PAq0eACK4BGAYYCw/s72-c/xmaxresdefault.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2018/05/disembunyikan-dari-penumpang-10-rahasia.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2018/05/disembunyikan-dari-penumpang-10-rahasia.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy