Peran Sosial Media Marketing dalam Membantu UMKM Pada Masa Pandemi COVID-19



Persan Sosial Media Marketing dalam Membantu UMKM Pada Masa Pandemi COVID-19

ABSTRAK

Kondisi pandemi  yang mengakibatkan adanya physical dan social distancing memengaruhi bentuk proses pemasaran yang terjadi. Dimana situasi pandemi Covid-19 yang tidak mengalami peenurunan telah memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian di Indonesia, salah satunya adalah  usaha kecil, menengah dan mikro (UMKM). Pandemi Covid-19 berdampak negatif pada sektor UMKM yang menyebabkan para pelakunya harus beradaptasi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagai mana peran sosial media marketing dalam membantu umkm dimasa pandemi covid-19. metode yang digunakan deskriptif kualitatif. teknik yang digunakan analisis data dalam penelitian ini ialah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dari wawancara sumber. hasil dari penelitian menunjukan Dengan adanya jejaringan social media ini para UMKM dapat memanfaatkan menjadi tempat wadah marketing mereka untuk mengenalkan produknya. Dengan itu masyarakat luas lebih mudah melihat dan menjangkau produk yang di jual karena mayoritas masyarakat sekarang menggunakan handphone untuk mencari, menyebarkan informasi dan  melihat barang kebutuhan. Jadi sekarang agar penjualan lebih menguntungkan tentu sangat butuh promosi di social media. terdapat peran dari social media marketing bagi pelaku UMKM dianggap sangat efektif untuk memarkan produknya. Memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan penjualanan mereka.

Kata Kunci : Sosial Media, Marketing, UMKM, Covid 19


PENDAHULUAN 

Saat ini kondisi pandemi  yang mengakibatkan adanya physical dan social distancing memengaruhi bentuk proses pemasaran yang terjadi. Dimana situasi pandemi Covid-19 yang tidak mengalami peenurunan telah memberikan dampak yang sangat besar bagi perekonomian di Indonesia, salah satunya adalah  usaha kecil, menengah dan mikro (UMKM). Pandemi Covid-19 berdampak negatif pada sektor UMKM yang menyebabkan para pelakunya harus beradaptasi antara lain dengan menurunkan produksi barang atau jasa, mengurangi jumlah atau jam kerja karyawan serta jumlah saluran penjualan atau pemasaran ( Bahtiar, 2021). Adanya Perubahan komunikasi pemasaran dari konvensional ke digital, melatarbelakangi perkembangan internet yang mulai dapat diakses melalui telepon seluler dan muncul istilah cerdas (smartphone) dengan berbagai berbagai fasilitas yang beraneka ragam, mulai dari Email, Browsing, serta fasilitas sosial media lainnya (Fantini dkk, 2021). Untuk itu UMKM memerlukan strategi bertahan agar dapat terus mempertahankan usahanya di masa pandemi ini, salah satunya dengan memanfaatkan sosial media. Bagi sebagian besar UMKM manfaat penggunaan media sosial adalah untuk komunikasi personal dengan konsumen, Pemasaran dan iklan, mendata kebutuhan konsumen, memberikan respon pada konsumen, membantu pengambilan keputusan dan sebagai forum diskusi dengan konsumen ( Purwidiantoro dkk, 2016). Para pelaku UMKM harus meningkatkan kinerja pemasarannya untuk dapat bertahan dalam kondisi pandemi ini. Dimana kinerja pemasaran adalah suatu ukuran prestasi yang diperoleh dari aktifitas proses pemasaran secara menyeluruh dalam organisasi. Kemudian kinerja pemasaran juga dipandang sebagai suatu konsep untuk mengukur prestasi pasar yang telah dicapai oleh suatu produk yang dihasilkan organisasi bisnis (Ferdinand, 2011).

Menurut dari data kementrian dan usaha kecil dan menengah ( KemenkopUKM) jumlah pelaku bisnis usaha Mikro ,kecil, dan menengah (UMKM) Sampai pada bulan maret 2021 mencapai 64,2 juta. Sehingga banyak pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media sosial berbasis internet untuk memasarkan bisnisnya. Adanya media social ini memberikan konsistensi yang signifikan positif terhadap indicator kinerja para pelaku umkm untuk saat ini. Berdasarkan data dari internetworldstats pengguna internet diindonesia berada diurutan ketiga terbanyak di asia yang mencapai 212,35 juta jiwa ( maret 2021). Dengan tingginya penggunaan internet di Indonesia membuat hal bagus untuk dapat meningkatkan umkm dengan menjadikan internet sebagai tempat promosi produk-produk mereka agar lebih mudah diketahui oleh masyarakat luas (Viva Budy Kusnandar, 2021). Hal ini dapat menjadi stimulan perkembangan kewirausahawanan dan keberlangsungan UMKM. Selain biaya yang murah dan tidak perlunya keahlian khusus dalam melakukan inisiasi awal, media sosial dianggap mampu untuk secara langsung meraih (engage) calon konsumen (Juli Sulaksono ,Nizar Zakaria, 2020)

Manfaat dari penelitian ini adalah membantu pelaku UMKM dapat bertahan dan menjalankan usaha di tengah kasus pandemi covid19. Berdasarkan uraian latar belakang tersebut, maka dari itu peneliti ingin mengambil judul “Peran Sosial Media Marketing Dalam Membantu UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19”.


KAJIAN PUSTAKA

Social Media Marketing 

Social media marketing adalah suatu aktivitas pemasaran yang digunakan dalam membangun kesadaran, pengakuan bagi merek melalui social media. Secara bertahap social media marketing dimplementasikan dalam pemasaran yang ada pada rencana perusahaan (Nadda et al.,2015).

Media Sosial yaitu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun berdasarkan fondasi ideologis dan teknologi dari web 2.0, yang memungkinkan terjadinya penciptaan dan pertukaran konten yang diciptakan oleh penggunanya (Kaplan Andreas M. & Haenlein Michael, 2010:59) Media sosial adalah media yang terdiri atas tiga bagian, yaitu : Insfrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi media, Isi media dapat berupa pesan-pesan pribadi, berita, gagasan, dan produk-produk budaya yang berbentuk digital, Kemudian yang memproduksi dan mengkonsumsi isi media dalam bentuk digital adalah individu, organisasi, dan industri. (P.N. Howard dan M.R Parks 2012 ). Marketing merupakan proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan, dengan tujuan menangkap dari pelanggan sebagai imbalan Menurut Kotler & Armstrong (2008). Menurut pangestika (2018) manfaat marketing digital bagi organisasi bisnis dalam kegiatan pemasaran produk ataupun jasa adalah sebagai berikut :

 a) Kecepatan penyebaran . Strategi pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepatt bahkan dalam hitungan detik. 

b) Kemudahan evaluasi Menggunakan media online hasil kegiatan pemasaran dapat langsung diketahui. Informasi seperti berapa lama produk dilihat,berapa persen konversi penjualan setiap iklan dan sebagainya.

c) Jangkauam lebih luas Jaungkaun geografis dari marketing digital yang luas menyebarkan produk keselurh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah yaitu dengan manfaat internet. 

Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan marketing adalah suatu aktivitas dimana proses mempromosikan produk menggunakan pemasaran digital agar dapat menciptakan nilai bagi pelanggannya.


Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Menurut Rudjito (2003) mengemukakan bahwa pengertian Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah usaha yang peranan penting dalam perekonomian Negara Inodesia, baik dari sisi lapangan kerja yang tercipta maupun dari jumlah usahanya. UMKM merupakan pengembangan kawasan andalan untuk mempercepat pemulihan perekonomian guna mewadahi program prioritas serta pengembangan berbagai sektor dan potensi (Ina Primiana).


Covid – 19

Menurut WHO (2020), penyakit coronavirus disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona yang baru ditemukan. Kebanyakan orang yang terinfeksi virus COVID-19 akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus. Orang tua dan orang-orang yang memiliki komorbit seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, penyakit pernapasan kronis, dan kanker memungkin tertular COVID-19.

Seseorang dapat tertular COVID 19 melalui berbagai cara, yaitu,Tidak sengaja menghirup percikan ludah dari bersin atau batuk penderita COVID -19. Memegang  mulut  atau  hidung  tanpa  mencuci  tangan  terlebih  dulu  setelah  menyentuh benda yang terkena cipratan air liur penderita COVID -19. kemudian Kontak jarak dekat dengan penderita COVID-19, misalnya bersentuhan atau berjabat gambar (Siti Nuzul Laila Nalini, 2021).


METODE PENELITIAN

Penelitian ini bertipe kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data melalui wawancara narasumber kami adalah 6 orang umkm yang aktif melakukan promosi melalui jejaring sosial media. Data mengenai gagasan-gagasan tersebut kemudian dikelompokan menjadi dua tema yaitu : (1) Gagasan informan penelitian dalam menggunakan situs jejaringan social Media. (2) Gagasan informan penelitian dalam menggunakan situs jejaringan social media sebagai media promosi kreatif di masa pandemi. Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, yaitu sebuah metode yang lebih mudah menyesuaikan bila dalam penelitian ini kenyataan ganda, menyajikan secara langsung hubungan antara peneliti dengan objek peneliti, lebih peka serta dapat menyesuaikan diri dengan banyak pengaruh terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan Berupa kata kata yang diambil dari hasil wawancara pada narasumber pelaku UMKM.


HASIL DAN PEMBAHASAN

Situs jejaringan social media

Jejaringan social saat ini menjadi media komunikasi yang tidaj terjerat dengan sekat waktu, yang artinya dapat digunakan kapan dan dimana saja. Yang dapat berinteraksi walaupun dengan jarak jauh. Dengan adanya jejaringan social media ini para UMKM dapat memanfaatkan menjadi tempat marketing mereka untuk mengenalkan produknya.

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individu atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga” .Istilah ini diperkenalkan oleh profesor JA Barnes di tahun 1954.


Situs jejaringan social media sebagai media promosi kreatif UMKM di masa pandemi

Social media sebagai media promosi sangat berguna bagi UMKM untuk mempromosikan dagangan ,apalagi dimasa pandemi ini semua hal terbatas dari segi ekonomi,materi dan lainnya. Jadi mengikuti jaman dan era digital kita dapat merasakan terbantunya mempromosikan barang dangan akun-akun yang bisa di jadikan peluang bisnis. orang lebih mudah melihat dan menjangkau produk yang di jual karena mayoritas masyarakat sekarang menggunakan handphone untuk mencari, menyebarkan informasi dan  melihat barang kebutuhan. Jadi sekarang agar penjualan lebih menguntungkan tentu sangat butuh promosi di social media. Keuntungan lainnya menggunakan sosial media yaitu agar informasi produk lebih mudah digapai oleh target pasar karena dengan adanya social media memungkinkan untuk lebih banyak berinteraksi dan memasarkan produk secara luas dan menjangkau konsumen dari segala level  dan dengan menggunakan social media UMKM bisa memperkenalkan produk nya kepada semua orang tanpa harus untuk bertemu dengan secara langsung.

Terdapat kekurangan dalam menggunakan social media sebagai promosi UMKM yaitu  karena penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung hal itu menjadikan kurangnya kepercayaan dari calon pelanggan, banyaknya pesaing, selain itu promosi pada jejaring sosial media rentan terhadap kegiatan penipuan, dan followers di social media  sedikit kalau menggunakan jasa influencer itu membutuhkan  biaya cukup mahal.


KESIMPULAN 

Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Dengan adanya jejaringan social media ini para UMKM dapat memanfaatkan menjadi tempat wadah marketing mereka untuk mengenalkan produknya. Dengan itu masyarakat luas lebih mudah melihat dan menjangkau produk yang di jual karena mayoritas masyarakat sekarang menggunakan handphone untuk mencari, menyebarkan informasi dan  melihat barang kebutuhan. Jadi sekarang agar penjualan lebih menguntungkan tentu sangat butuh promosi di social media. Adapun terdapat kekurangan dalam menggunakan social media sebagai promosi UMKM yaitu  karena penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung hal itu menjadikan kurangnya kepercayaan dari calon pelanggan. Tetapi lebih banyak peran dari social media marketing bagi pelaku UMKM dianggap sangat efektif untuk memarkan produknya. Memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan penjualanan mereka.


SARAN

Dari  hasil  penelitian  yang  dilakukan,  saran  yang  dapat  peneliti sampaikan adalah diharapkan UMKM lebih meningkatkan penggunaan social media marketing dan membuat konten yang menarik karena tidak membutuhkan biaya yang signifikan, apalagi di masa pandemi ini .Selain itu, konten yang diberikan melalui social media marketing lebih interaktif sehingga memudahkan konsumen dalam memahami produk yang dimiliki UMKM. 


DAFTAR PUSTAKA

1. Bahtiar, A. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP SEKTOR USAHA MIKRO, KECIL,DAN MENENGAH SERTA SOLUSINYA. Jurnal Info Singkat, 19-24.

2. Howard, P. (2021). Pengertian Media Sosial.

3. Juli Sulaksono, N. Z. (2021). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro,. Generation Journal, 41-47.

4. Kotler dan Amstrong, Y. (2018). “Kualiatas Produk, Merek dan Desain. Jurnal EMBA, 218-229.

5. Kusnandar, V. B. (2021, 10 14). Pengguna Internet Indonesia Peringkat ke-3 Terbanyak di Asia. Databooks.

6. Nalini, S. N. (2021). Dampak covid-19 terhadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 662-669.

7. Pangestika, N. (2018). Studi Aplikatif Peningkatan Penjualan Menu Kategori Puzzle dan Plowhorse Melalui Suggestive Selling.

8. Purwidiantoro, H. (2016). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL. Jurnal EKA CIDA, 30-39.

9. Rudjito. (2003). Peran Lembaga Keuangan Mikro. Jurnal Ekonomi.

10. Solution. (2019). MEDIA SOSIAL & JEJARING SOSIAL (SOCIAL MEDIA & SOCIAL NETWORK).


Oleh :

Vira Rizkia Salsabila

Universitas Muhammadiyah Riau

Virarizkiasalsabila01@gmail.com

Salmah Khoirun Nisa

Universitas Muhammaduyah Riau

salmahkhoirunnisa@gmail.com

Huswatun Hasanah

Universitas Muhammadiyah Riau

huswatun.hasanah991127@gmail.com



Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa dibagikan kepada teman-teman ya. Kalian juga bisa tanya-tanya di Instagram @MirwanChoky
Name

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,2,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,7,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,38,Culture,9,English Zone,33,Events,32,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,24,Fitness,57,Gym,1,Health,6,Hotel,19,I-Sing,10,Info,10,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,108,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,3,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,32,Technology,6,Timor Leste,1,Tips,41,Transportation,12,Travel,94,Viral,5,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Peran Sosial Media Marketing dalam Membantu UMKM Pada Masa Pandemi COVID-19
Peran Sosial Media Marketing dalam Membantu UMKM Pada Masa Pandemi COVID-19
Persan Sosial Media Marketing dalam Membantu UMKM Pada Masa Pandemi COVID-19
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjQDNF_mBv9I3bTVw6ktkfzW8X5o-ZvVDTDipIXYOwZmcnJHLT9NjEiuRRYlcPZyGdMOpt8c9deCUxaquL74Nd7nVVJn2QnxGIATOjzex3aSViaqGugJAjDb1TG5HglmN13Hthvmx4jtXuweLlKX7cfWUzlIC04uU1A3VpqPudRd3HWdNKVeyjf6pVCSg=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEjQDNF_mBv9I3bTVw6ktkfzW8X5o-ZvVDTDipIXYOwZmcnJHLT9NjEiuRRYlcPZyGdMOpt8c9deCUxaquL74Nd7nVVJn2QnxGIATOjzex3aSViaqGugJAjDb1TG5HglmN13Hthvmx4jtXuweLlKX7cfWUzlIC04uU1A3VpqPudRd3HWdNKVeyjf6pVCSg=s72-c
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2022/01/peran-sosial-media-marketing-dalam.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2022/01/peran-sosial-media-marketing-dalam.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy