Menjadi Gravitasi dengan Profesi Guru Sekaligus Blogger


Profesi Guru dan Blogger

Saat duduk dibangku sekolah, saya sering diajarkan oleh guru IPA bahwa gravitasi itu merupakan suatu gaya yang menarik semua benda ke inti bumi. Teori ini sepertinya belum berubah sampai sekarang bahkan sepertinya tidak akan pernah berubah. Teori ini tetap tercantum didalam buku IPA sampai kapan pun dan teori ini juga tetap akan segar berada didalam ingatan. Teori gravitasi ini bisa dijadikan analogi yang cocok ketika membicarakan tentang diri saya sendiri yang berprofesi sebagai seorang guru dan juga aktif didunia blog.


Menjadi seorang guru Bahasa Inggris merupakan hal yang tidak gampang tetapi sangat menyenangkan. Memiliki tantangan sendiri ketika mengajar anak-anak Indonesia yang mana bahasa Inggris dianggap bahasa asing. Anak-anak Indonesia, khususnya yang berada di daerah pedalaman, mereka sering tidak percaya diri untuk mencoba menggunakan bahasa Inggris saat berbicara didalam kelas. Mereka lebih cenderung menggunakan bahasa lokal yang mana terkadang saya sendiri kurang mengerti apa yang mereka bicarakan.

Dengan tantangan yang saya hadapi ini, tentunya saya terus dan terus belajar cara mengajarkan bahasa asing dengan benar dan asik ke anak-anak Indonesia sebagai generasi penerus bangsa yang nantinya akan bersosialisasi dengan orang asing. Saya akan terus belajar untuk meningkatkan kulitas saya sebagai guru. Karena ada pepatah mengatakan "Tuntutlah ilmu dari ayunan hingga ke tiang lahad" yang artinya kita sebagai manusia terus lah menuntut ilmu walaupun usia sudah tua.

Begitu juga dengan dunia blog yang sedang saya dalami. Menjalani dunia blog juga memiliki tantangan tersendiri. Harus bisa membagi waktu antara mengajar, ngeblog, dan mengerjakan pekerjaan lainnya. Kadang selama beberapa minggu blog tak tersentuh karena mempersiapkan urusan mengajar sehingga pernah sesekali ada satu follower blog bertanya “Mas Mirwan, kok gak posting blog lagi?” 

Menjalani dunia blog tidak semudah membalikkan telapak tangan dimana hari ini mau bikin blog, hari ini juga mau sukses ngeblog. Ngeblog sangat membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Menulis di blog dengan asal-asalan tidak akan mendatangkan manfaat bagi empunya maupun bagi pengunjung. Setiap sesuatu pasti ada masalah. Dan setiap masalah harus dihadapi dengan sabar. Contohnya dalam dunia blogging, ketika tidak ada yang membaca tulisan di blog saya, saya harus sabar. Begitu juga ketika ada yang berkomentar negatif tentang tulisan saya, saya juga harus sabar menghadapinya.



Dengan tantangan di dunia blog ini, tentunya saya selalu mencari waktu untuk menekuni dan memperbaiki disetiap sisi blog, seperti kulitas isi, tampilan blog, dan berusaha agar banyak yang membaca tulisan saya di blog. Oleh karena itu, dengan usaha yang telah saya jalani sejak 1 tahun terakhir ini, sehingga tanpa disadari saya menjadi gravitasi dalam dunia blog bagi orang-orang disekitar saya.

pelatihan blog

Menjadi gravitasi bagi orang sekitar kadang membuat saya deg-degan. Saya yang kurang pintar berbicara didepan orang ramai malah di undang sebagai pembicara di kegiatan pelatihan blog. Memang merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan ketika bisa berbagi secuil ilmu dengan mereka yang membutuhkan, namun akan menjadi hal yang menakutkan ketika seandainya apa yang saya sampaikan adalah hal yang tidak benar dan tidak bermanfaat bagi mereka. Dengan kepercayaan mereka kepada saya sebagai pembicara, saya menjadi optimis untuk lebih serius dalam menekuni dunia blog ini.


Untuk menjadi gravitasi bagi siswa-siswi dan juga orang lain di sekitar sekolah, saya harus menjadi seorang guru yang prefesional. Mengajar dengan prefesional itu sangat penting, agar siswa-siswi saya tertarik dan senang dengan cara saya mengajar dan juga senang dengan mata pelajaran yang saya ajarkan. Bahkan dengan hal ini, ada guru lain yang meminta saya untuk berbagi kepada mereka tentang pengalaman saya mengajar dikelas. 

Untuk menjadi guru yang menyenangkan, tentunya saya harus menjadi guru yang profesional. Dan untuk meningkatkan kulitas dan profesionalitas, saya mengikuti suatu pelatihan. Saya mengikuti program SM3T (Sarjana Mendidik didaerah Terdepan Terluar dan Tertinggal) selama 1 tahun di provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan budaya dan suasana yang berbeda, saya harus bisa menyesuaikan diri dan bersosialisasi didaerah tersebut. Selama 1 tahun, berbagai macam pengalaman dan kenangan yang saya dapatkan didaerah timur tersebut. Setelah itu, saya mengikuti program Pendidikan Profesi Guru selama 1 tahun di provinsi Aceh. Syukur, kini semuanya sudah dilewati.

cara menjadi guru

Setelah mengikuti berbagai macam pelatihan, kini dalam mengajar saya menerapkan suatu ide yang penting sehingga menjadi guru yang dirindukan dan sekaligus menjadi gravitasi bagi orang-orang disekitar. Dalam menjadi guru didalam kelas, ada beberapa hal yang saya perhatikan, seperti sikap tegas. Dalam mengajar, ketegasan dari seorang guru sangat diperlukan. Tegas bukan berarti keras. Tegas berarti guru telah membuat suatu aturan dalam pembelajaran yang ditelah dipahami siswa-siswinya. Saya juga selalu memposisikan diri dalam berbagai macam situasi karena ada kalanya seorang guru itu menjadi orang tua, menjadi motivator, bahkan menjadi teman curhat bagi siswanya sehingga guru tersebut menjadi sosok yang sangat menyenangkan bagi mereka. Selain itu, saya juga selalu berusaha untuk selalu bisa kreatif, inovatif dan komunikatif sehingga bisa membuat siswa senang belajar meskipun dengan sarana dan prasaran yang apa adanya.


Yang menjadi panutan saya dalam dunia blog adalah mas almarhum Cumilebay. Beliau sudah duluan menjadi gravitasi bagi para blogger seluruh Indonesia. Ketika mendengar kabar tentang kepergian beliau, seluruh penjuru dunia blog Indonesia geger. Tidak sedikit juga mereka posting di blog mereka masing-masing tentang pengalaman mereka saat berinteraksi di dunia blog dengan almarhum Cumilebay ini. 

Almarhum Cumilebay sangat kreatif dalam mengelola blog pribadinya. Selalu posting tulisan menarik secara berkala. Tulisan di blognya sangat teratur rapi dan berwarna-warni, sehingga tidak bosan-bosannya saya membaca. Setiap postingan di blog beliau memiliki tidak kurang dari 200 komentar. Inilah salah satu buktinya bahwa beliau adalah orang yang sangat ramah. Selalu merespon setiap interaksi.

Sebelum beliau meninggal dunia, dia pernah bilang ke saya via Twitter bahwa kita harus selalu menjadi orang baik terhadap orang lain mau pun sesama blogger. Harus rajin berinteraksi dan silaturahmi ke pembaca dan blogger lain di Instagram dan Twitter. Harus sering blogwalking, meninggalkan komentar di postingan orang lain agar selalu mendapat sahabat baru.  Ucapan beliau bukanlah isapan jempol belaka. Saya langsung mencoba tips dari beliau dan hasilnya luar biasa. Jadi, dengan kebaikan dan keramahan beliau inilah, blog beliau mendapatkan follower hingga ratusan ribu.

Cara menjadi blogger keren

Seperti yang telah saya sebutkan, saya menerapkan tips dari beliau untuk blog saya. Mengikuti cara beliau yang mana selalu mempublikasi tulisan yang menarik dan berkualitas secara berkala. Mendesain tampilan blog se-elegan mungkin. Menjalin silaturahmi ke blogger lain dengan cara blogwalking, dan berinteraksi kepada pembaca lewat kolom komentar, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya. Dan saya juga gabung dalam sebuah komunitas. Sebenarnya, tanpa pembaca, blog kita tidak ada apa-apanya. Bagi saya, inilah kuncinya bagi seorang blogger agar bisa penginspirasi dan menjadi gravitasi bagi orang-orang disekitar.


Dengan menjadi gravitasi bagi orang-orang disekitar sekolah, berdasarkan apa yang saya rasakan, banyak siswa-siswi yang senang belajar bersama saya. Mereka lebih antusias belajar ketika saya yang masuk di kelas mereka. Padahal saya belum lama mengajar disekolah tersebut. Pernah suatu ketika saya ingin pindah dari sekolah itu dan ingin pindah ke sekolah lain, salah satu dari siswa tersebut mengirimkan sepucuk surat kepada saya yang isinya sangat memilukan. Tanpa disadari, saya langsung meneteskan air mata saat membaca surat tersebut :

surat sedih

Nah, kalau di dunia blog beda lagi. Dengan menjadinya gravitasi di dunia blog, banyak brand-brand produk terkenal yang telah bekerjasama dengan blog saya. Selain menjadi pembicara dalam pelatihan blog, saya juga pernah diundang oleh Pemerintahan Daerah Rokan Hilir untuk mengeksplor dan mempromosikan lokasi-lokasi peninggalan Belanda di Bagansiapiapi. Lokasi-lokasi tersebut akan dijadikan sebagai destinasi wisata sejarah oleh mereka. Selain itu, saya juga pernah diundang oleh Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru untuk tujuan yang sama yaitu untuk mempromosikan fitur-fitur dan inovasi terbaru dari Rumah Sakit tersebut. Promosi-promosi tersebut tentunya dilakukan di blog saya.

Bagansiapiapi rohil

Dikarenakan blog saya hanya membahas tentang perjalanan (travelling) yang selalu digunakan untuk berbagi dan promosi destinasi wisata dan beberapa hal lainnya, saya tentunya menggunakan beberapa jenis kamera yang bagus digunakan untuk mengambil foto perjalanan saya. Selain itu, saya juga menggunakan beberapa jenis kamera untuk mendokumentasikan peristiwa saat saya mengajar, supaya saya bisa mengevaluasi cara saya mengajar dan kemudian berbagi kepada orang lain lewat hasil dokumentasi tersebut. 

Jadi, sekarang adalah giliran anda untuk memaksimal potensi yang anda punya sehingga menjadi gravitasi bagi orang-orang disekitar anda. Fokuskan ke suatu bidang yang benar-benar anda kuasai dengan serius. Tentunya hal ini akan bermanfaat bagi diri anda sendiri mau pun orang lain. Lakukanlah sekarang sebelum anda terlambat!

***

MAAF! SEBAGIAN ARTIKEL TERKAIT PRODUK SEBUAH SMARTPHONE LOKAL YANG "TELAH GAGAL" MEMBANGUN BRANDINGNYA TELAH SAYA HAPUS SEBAGAI BENTUK SOLIDARITAS KEPADA SESAMA BLOGGER YANG TERZALIMI.


BERIKAN KOMENTAR

Jumlah komentar: 54
Loading...
Name

Aceh,44,Affiliate,1,apartemen di Indonesia,1,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,cara cepat sewa dan jual apartemen,1,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,14,Culture,8,English Zone,4,Events,11,Featured,24,Fitness,2,Hotel,5,Info,1,jual apartemen,1,Lifestyle,55,NTT,13,Pendidikan,3,PPG SM-3T,13,Review,19,Riau,9,rukamen,1,sewa apartemen,1,Sponsored,4,Surakarta,1,Tips,25,Travel,65,
ltr
item
Mirwan Choky: Menjadi Gravitasi dengan Profesi Guru Sekaligus Blogger
Menjadi Gravitasi dengan Profesi Guru Sekaligus Blogger
Cara Menjadi Blogger Gravitasi sekaligun menjadi guru profesional.
https://4.bp.blogspot.com/-WlMXLHUFTN8/WOyJi4o-w_I/AAAAAAAARHA/kEQHs5bSEBURkNFef3_TJYgUML8CgfzTQCK4B/s1600/luna2.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-WlMXLHUFTN8/WOyJi4o-w_I/AAAAAAAARHA/kEQHs5bSEBURkNFef3_TJYgUML8CgfzTQCK4B/s72-c/luna2.jpg
Mirwan Choky
http://www.mirwans.com/2017/04/menjadi-gravitasi-dengan-profesi-guru.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/04/menjadi-gravitasi-dengan-profesi-guru.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy