Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia



Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia

Seperti yang terlihat pada zaman ini, setiap orang setidaknya memiliki 1 buah smartphone yang selalu terhubung ke jaringan internet. Mulai dari yang tua, muda, remaja, bahkan anak-anak kini sudah bisa mengkases dunia maya baik dari smartphone yang dimiliki maupun dari gadget lain seperti laptop, computer dan tablet. Berbagai macam fitur canggih yang tersedia membuat gadget tersebut semakin banyak diminati oleh semua kalangan usia dan berbagai lapisan masyarakat. Dengan harga yang relatif murah dan terjangkau, sebuah gadget sudah bisa dimiliki oleh mereka yang perekonomiannya tergolong lemah.

Gadget sebagai alat untuk berkomunikasi dan mengkases dunia maya, kini bukan lagi dianggap sebagai barang mewah seperti beberapa tahun yang lalu dimana hanya orang-orang tertentu yang bisa membeli dan memiliki. Gadget kini bukan lagi sebagai barang aksesoris tambahan dalam kehidupan melainkan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan dengan semakin canggihnya teknologi sehingga bisa membantu disetiap segi kehidupan. 



Tidak hanya sebagai alat komunikasi, kini gadget juga digunakan sebagai alat bantu untuk berbelanja, berjualan, mencari ojek, membaca buku dan kebutuhan lainnya. Semua itu tentunya dilakukan secara online dan hal tersebut sangat memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kemudahan yang disediakan ini, pengguna smartphone semakin hari semakin bertambah. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia akan mencapai lebih dari 100 juta orang dari jumlah penduduk yang mencapai 250 juta. 

Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia

Dengan jumlah sebesar ini, Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika. Dan hal ini bisa menjadi ladang pasar yang sangat potensial bagi individu atau komunitas yang sedang mendirikan bisnis, khususnya bisnis yang melibatkan dunia online. 

Sebenarnya penetrasi internet ke Indonesia belum begitu dalam. Data Statistik survey dari Globalwebindex yang dilaksanakan pada tahun 2014 yang dipublikasi oleh KataBoks menyatakan bahwa persentase penduduk Indonesia yang melakukan pembelian secara online baru sekitar 16 persen. Tapi jika dibandingkan dengan India, angka tersebut lebih baik. Angka pembelian India secara online baru sekitar 14 persen. Padahal India saat ini adalah negara nomor tiga pengguna smartphone terbanyak di dunia.



Walaupun penetrasi internet di Indonesia belum mendalam seperti di negara lain, namun dampak positif bagi kehidupan masyarakat sudah bisa terlihat. Salah satunya yaitu, majunya penjualan produk Fashion secara online. Pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12-14 Desember 2016 kemaren, produk fashion ini paling banyak dibeli oleh para konsumen digital seperti yang dicatat oleh KataBoks. KataBoks ini adalah perusahaan media online dan riset di bidang ekonomi dan bisnis dan juga penyedia data statistik Indonesia dan mancanegara.


Selain itu, Nielsen Indonesia juga mencatat bahwa penjualan produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu, perhiasan, hingga aksesoris sudah mencapai 68 persen dari total perdagangan. Survey ini dilakukan pada 500 responden di 20 kota besar Indonesia dimana responden yang menjadi target survey adalah lelaki dan perempuan di atas 15 tahun yang memiliki akses internet. 

Dengan adanya aktifitas jual beli secara online ini, pembayaran secara digital di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 18,59 miliar atau setara Rp 247 triliun pada 2017. Jumlah ini naik 23,8 persen dari tahun sebelumnya senilai US$ 15 miliar. Menurut data dari Asosiasi Fintech Indonesia yang dikutip dari KataBoks bahwa belanja digital domestik masih mendominasi pembayaran digital dengan nilai US$ 18,55 miliar, pembayaran mobile US$ 4 juta dan transfer peer to peer (P2P) US$ 29 juta.

Dampak positif lainnya dari internet di Indonesia adalah majunya usaha kecil dan menengah (UKM). Salah satu contoh UKM yang sudah maju yang dibantu dengan promosi online adalah produksi kuliner khas Bagan Siapiapi, yaitu Kacang Pukul. Makanan khas ini kini sudah dikenali hampir diseluruh penduduk Indonesia dimana kegiatan promosi produk dilakukan secara online melalui media sosial, market place, website mau pun blog. 

Selain Kacang Pukul, ada juga produk yang diproduksi secara individu yang telah sukses mendapatkan pelanggan dari media sosial, yaitu Risones. Risones ini memproduksi makanan gorengan yang disebut risoles. Risones berhasil memproduksi risoles sesuai dengan permintaan teman di jejaringan sosial Facebook. Tanpa memasang iklan di TV atau di Koran yang harus bayar mahal, Risones bisa mendapatkan pelanggan yang royal dengan gampang. Kini risoles Risones di order tiap hari oleh pelanggannya. Jadi, dengan adanya media online ini, produk UKM memang menjadi terbantu.

Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia




Jadi, kesimpulannya adalah bahwa perkembangan digital sangat menguntungkan bagi UKM di Indonesia. Penjualan produk melalui media sosial memang sangat menjanjikan karena negara ini memiliki jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak sehingga menjadi ladang pasar bagi UKM yang sangat potensial. Indonesia termasuk dalam jajaran negara pengguna media sosial terbesar. Pengguna Twitter di Indonesia adalah ketiga terbesar dunia setelah Amerika Serikat dan India. Sementara di Asia, pengguna aktif Facebook Indonesia terbesar kedua setelah India. Jadi, mari promosikan produk secara online!


Sumber data statistik:

DATABOKS.KATADATA.CO.ID

        



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 17
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia: Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia
Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia
Di Indonesia, penjualan produk melalui media sosial memang sangat menjanjikan karena negara ini memiliki jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak sehingga menjadi ladang pasar bagi UKM yang sangat potensial.
https://3.bp.blogspot.com/-JGBpHKPSFBw/WQg2HCRkCxI/AAAAAAAARbA/zwIYBswFhd4mcOJ6jznAudSMQ6QUCEcwwCK4B/s1600/DATABOO.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-JGBpHKPSFBw/WQg2HCRkCxI/AAAAAAAARbA/zwIYBswFhd4mcOJ6jznAudSMQ6QUCEcwwCK4B/s72-c/DATABOO.jpg
MIRWANS - Travel Blog of Indonesia
http://www.mirwans.com/2017/05/potensi-perkembangan-digital-bagi-ukm.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/05/potensi-perkembangan-digital-bagi-ukm.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy