Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia



Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia

Seperti yang terlihat pada zaman ini, setiap orang setidaknya memiliki 1 buah smartphone yang selalu terhubung ke jaringan internet. Mulai dari yang tua, muda, remaja, bahkan anak-anak kini sudah bisa mengkases dunia maya baik dari smartphone yang dimiliki maupun dari gadget lain seperti laptop, computer dan tablet. Berbagai macam fitur canggih yang tersedia membuat gadget tersebut semakin banyak diminati oleh semua kalangan usia dan berbagai lapisan masyarakat. Dengan harga yang relatif murah dan terjangkau, sebuah gadget sudah bisa dimiliki oleh mereka yang perekonomiannya tergolong lemah.

Gadget sebagai alat untuk berkomunikasi dan mengkases dunia maya, kini bukan lagi dianggap sebagai barang mewah seperti beberapa tahun yang lalu dimana hanya orang-orang tertentu yang bisa membeli dan memiliki. Gadget kini bukan lagi sebagai barang aksesoris tambahan dalam kehidupan melainkan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan dengan semakin canggihnya teknologi sehingga bisa membantu disetiap segi kehidupan. 



Tidak hanya sebagai alat komunikasi, kini gadget juga digunakan sebagai alat bantu untuk berbelanja, berjualan, mencari ojek, membaca buku dan kebutuhan lainnya. Semua itu tentunya dilakukan secara online dan hal tersebut sangat memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kemudahan yang disediakan ini, pengguna smartphone semakin hari semakin bertambah. Lembaga riset digital marketing Emarketer memperkirakan pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia akan mencapai lebih dari 100 juta orang dari jumlah penduduk yang mencapai 250 juta. 

Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia

Dengan jumlah sebesar ini, Indonesia menjadi negara dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika. Dan hal ini bisa menjadi ladang pasar yang sangat potensial bagi individu atau komunitas yang sedang mendirikan bisnis, khususnya bisnis yang melibatkan dunia online. 

Sebenarnya penetrasi internet ke Indonesia belum begitu dalam. Data Statistik survey dari Globalwebindex yang dilaksanakan pada tahun 2014 yang dipublikasi oleh KataBoks menyatakan bahwa persentase penduduk Indonesia yang melakukan pembelian secara online baru sekitar 16 persen. Tapi jika dibandingkan dengan India, angka tersebut lebih baik. Angka pembelian India secara online baru sekitar 14 persen. Padahal India saat ini adalah negara nomor tiga pengguna smartphone terbanyak di dunia.



Walaupun penetrasi internet di Indonesia belum mendalam seperti di negara lain, namun dampak positif bagi kehidupan masyarakat sudah bisa terlihat. Salah satunya yaitu, majunya penjualan produk Fashion secara online. Pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12-14 Desember 2016 kemaren, produk fashion ini paling banyak dibeli oleh para konsumen digital seperti yang dicatat oleh KataBoks. KataBoks ini adalah perusahaan media online dan riset di bidang ekonomi dan bisnis dan juga penyedia data statistik Indonesia dan mancanegara.


Selain itu, Nielsen Indonesia juga mencatat bahwa penjualan produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu, perhiasan, hingga aksesoris sudah mencapai 68 persen dari total perdagangan. Survey ini dilakukan pada 500 responden di 20 kota besar Indonesia dimana responden yang menjadi target survey adalah lelaki dan perempuan di atas 15 tahun yang memiliki akses internet. 

Dengan adanya aktifitas jual beli secara online ini, pembayaran secara digital di Indonesia diperkirakan mencapai US$ 18,59 miliar atau setara Rp 247 triliun pada 2017. Jumlah ini naik 23,8 persen dari tahun sebelumnya senilai US$ 15 miliar. Menurut data dari Asosiasi Fintech Indonesia yang dikutip dari KataBoks bahwa belanja digital domestik masih mendominasi pembayaran digital dengan nilai US$ 18,55 miliar, pembayaran mobile US$ 4 juta dan transfer peer to peer (P2P) US$ 29 juta.

Dampak positif lainnya dari internet di Indonesia adalah majunya usaha kecil dan menengah (UKM). Salah satu contoh UKM yang sudah maju yang dibantu dengan promosi online adalah produksi kuliner khas Bagan Siapiapi, yaitu Kacang Pukul. Makanan khas ini kini sudah dikenali hampir diseluruh penduduk Indonesia dimana kegiatan promosi produk dilakukan secara online melalui media sosial, market place, website mau pun blog. 

Selain Kacang Pukul, ada juga produk yang diproduksi secara individu yang telah sukses mendapatkan pelanggan dari media sosial, yaitu Risones. Risones ini memproduksi makanan gorengan yang disebut risoles. Risones berhasil memproduksi risoles sesuai dengan permintaan teman di jejaringan sosial Facebook. Tanpa memasang iklan di TV atau di Koran yang harus bayar mahal, Risones bisa mendapatkan pelanggan yang royal dengan gampang. Kini risoles Risones di order tiap hari oleh pelanggannya. Jadi, dengan adanya media online ini, produk UKM memang menjadi terbantu.

Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia




Jadi, kesimpulannya adalah bahwa perkembangan digital sangat menguntungkan bagi UKM di Indonesia. Penjualan produk melalui media sosial memang sangat menjanjikan karena negara ini memiliki jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak sehingga menjadi ladang pasar bagi UKM yang sangat potensial. Indonesia termasuk dalam jajaran negara pengguna media sosial terbesar. Pengguna Twitter di Indonesia adalah ketiga terbesar dunia setelah Amerika Serikat dan India. Sementara di Asia, pengguna aktif Facebook Indonesia terbesar kedua setelah India. Jadi, mari promosikan produk secara online!


Sumber data statistik:

DATABOKS.KATADATA.CO.ID

        

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


17 comments

5/02/2017

Pertumbuhannya stabil ya mas. Menigkat terus. Ini pasti jadi prospek besar untuk industri ukm terutama yang paling populer, pakaian.

Makin kesini kita dituntut untuk melek teknologi supaya bisa bersaing dengan dunia luar.

Btw grafiknya keren mas. Jadi terinspirasi buat post gini jugak

Iya mas, ini karena makin lama makin banyak pengguna internet, jadinya akan pasti jadi prospek besar untuk industri ukm.

Eehh... makasih mas, grafiknya biasa ajah ah... hehe

Semakin tahun perkembanganya stabil ya Mas.. Saat ini orang-orang belanja itu kebanyakan online. Temen-temen kostku aja, sampai barang-barang yang simpel seperti pembersih muka dll aja belinya online..he

Iyamas, bener banget. Sekarang memang udah gila-gilaan, barang-barang sepele aja mereka beli online, padahal di kedai samping rumah ada jual.

5/03/2017

pengguna smartphone di indonesia dari tahun ke tahun melonjak tinggi banget. jadi pangsa pasar yang sangat menjanjikan buat para pegiat bisnis online macam kacang pukul di bagan siapiapi :)

Luar biasa banget ya. Semua serba online. Harus cepat bergerak

wah baru tau nih. indo pengguna twitter terbesar ke 3 di dunia.
pastilah yg paling rame kalo ada trending topic world wide itu orang2 indonesia

5/03/2017

Kabar bagus donk bagi pengusaha dibidang teknologi khususnya smartphone. Saya lihat statistik data yang terus meningkat.

Semoga saja bertambahnya kemajuan dibidang teknologi bertambah pula lapangan pekerjaan mas..

Benar. Sepertinya bisnis melalui smartphone lebih menjanjikan. Statistiknya lengkap dan jelas banget..

Iya mas, pokoknya bagi pebisnis, rugi banget kalau gak menggunakan jaringan online untuk memperluaskan bisnisnya.

Iya mbak, makin lama makin canggih aja, semakin canggih semakin mempermudahkan kita dalam kehidupan.

Iya Risah, data dari DataBoks bilang pengguna Twitter terbesar ke 3 di dunia. Hahaha....

Iya mas. Amiiinnn.... Semoga kemakmuran rakyat sebanding dengan kemajuan teknologi saat ini.

Iya, apa lagi kayak Jasmi yang lagi bisnis travel gitu, keren banget tuh.

Nah, itu dia mas. Yang dekat padahal kan lebih simpel dan mudah, terjangkau pula. Tapi mereka sukanya menunggu.

Menunggu pak kurir yang mengantarkan pesanannya..hehe

Hahaha... yaah gitu deh... zaman digital kata nya..

5/07/2017

Nambah wawasan dan bikin semangat bisnis internet.

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,31,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,38,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia
Potensi Perkembangan Digital Bagi UKM di Indonesia
Di Indonesia, penjualan produk melalui media sosial memang sangat menjanjikan karena negara ini memiliki jumlah pengguna media sosial yang sangat banyak sehingga menjadi ladang pasar bagi UKM yang sangat potensial.
https://3.bp.blogspot.com/-JGBpHKPSFBw/WQg2HCRkCxI/AAAAAAAARbA/zwIYBswFhd4mcOJ6jznAudSMQ6QUCEcwwCK4B/s1600/DATABOO.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-JGBpHKPSFBw/WQg2HCRkCxI/AAAAAAAARbA/zwIYBswFhd4mcOJ6jznAudSMQ6QUCEcwwCK4B/s72-c/DATABOO.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/05/potensi-perkembangan-digital-bagi-ukm.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/05/potensi-perkembangan-digital-bagi-ukm.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy