Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir


Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir
Mirwaners, siapa bilang di Rangsang Pesisir itu tidak ada pantai seperti pantai Lampuuk di Aceh, Pantai Kuta di Bali, atau seperti Pantai Kolbano di NTT? Ada kok! Nama pantainya adalah Pantai Paus, sebuah pantai yang eksotis dan mempesona. Kenapa namanya pantai paus? Karena menurut warga setempat, dulu di pantai ini pernah terdampar ikan paus yang sangat besar. Oleh karena itu, kini nama pantai ini menjadi pantai Paus.  Meskipun air nya tidak sejernih air di pantai terkenal lainnya, namun pantai ini mampu menarik orang-orang untuk berkunjung ke objek wisata ini.


Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir
Tidak hanya para remaja, anak-anak hingga orang tua juga ikut menikmati angin sepoi-sepoi di perbatasan daratan dan pantai ini. Main berlama-lama di pantai ini memang bikin betah, karena selain suasananya yang mendukung untuk piknik dengan keluarga dan teman, di tempat ini juga terdapat orang-orang berjualan makanan sehingga kita tidak perlu khawatir kehausan atau ingin makan-makan. 


Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir
Pantai Paus ini berlokasi di Sungai Rangsang kecamatan Rangsang Pesisir desa Sonde dan desa Tanah Merah. Di pantai ini, selain sebagai tempat rekreasi, juga merupakan sumber penghasilan masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Masyarakat yang tinggal di sekitar pantai ini sangat mengandalkan hasil dari pencaharian di pantai ini seperti nelayan, pengrajinan souvenir dari cankang siput dan kulit kerang. Para nelayan kecil dan masyarakat menangkap makanan dari pantai berupa ikan, udang, mentarang, makohe/rama-rama, siput, kerang, kijing, sepepet, udang pepai, dan lain sebagainya. Cara penangkapan ikan dan udang termasuk udang pepai yaitu dengan cara melangin menggunakan jaring pukat, sedangkan kerang, siput, makohe, ditangkap tanpa menggunakan jaring melainkan menggunakan tangan saja. Dari hasil penangkapan masyarat itu sendiri maupun nelayan tersebut bisa dijual dan juga dibawa pulang sebagai lauk-pauknya.

Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir
Jadi, jika anda adalah orang luar kota dan ingin mengjunjungi untuk mencoba merasakan keindahan pantai pesona ini, anda bisa langsung menuju pelabuhan besar Tanjung Harapan Selatpanjang, terus naik boat ke Peranggas dengan biaya 5000 doang. Dalam waktu sekitar 10 menit, anda langsung sampai ke Peranggas.  Dari peranggas ini anda sudah bisa langsung menuju ke pantai Paus dengan memakan waktu sekitar 1 jam. Jika anda tidak bawa kendaraan sendiri, di pelabuhan Peranggas ini banyak kok tukang ojek. Tanpa diminta, anda pasti ditawarkan oleh mereka “Ojek, pak?”, “Naik ojek, dek?”. Tinggal pilih aja tukang ojeknya, ada banyak, abang-abang ganteng, om-om gadun, tante-tante… ehh, tante-tante gak ada ya. Jika sudah sampai di pantai ini, anda gak perlu khawatir ada orang jahat yang mengganggu, masyarakat di Desa Sonde baik-baik kok, yang penting kita jangan sombong, itu aja. Selain itu, gak perlu khawatir ada yang mengusir karena objek wisata ini legal kok. Sudah diresmikan pada tanggal 1 Januari 2017 kemaren, di hadiri oleh perwakilan Dinas parpora Kabupaten Kepulauan Meranti Amri Selamat, Staf wisata Irwani S.Pd, Kasi Promosi wisata Neneng, S.Sd Kasi pengembang budaya Kamsiah, S.Pd, kasubag keuangan Rumen Putra, kapolsek Rangsang Barat H.Idris Sudin S.Pdi, Msi, camat Rangsang Pesisir Sapri, Kepala Desa Sonde, dan seluruh pengujung yang hadir pada acara peresmian tersebut.

Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir
So, tunggu apa lagi. Yuk kita kunjungi Pantai Paus yang mempesona dan penuh dengan kekayaan alam ini. Jadikan pantai Paus ini sebagai salah satu daftar kunjungan travelling anda. Untuk masalah penginapan, anda bisa balik ke kota Selatpanjang untuk beristirahat di hotel. Saran saya, balik ke kota Selatpanjang jangan kemalaman, soalnya biaya boat menjadi agak mahal kalau sudah malam. Atau jika anda ingin menginap dirumah warga, warga setempat sangat welcome. Anda bisa kok menginap dirumah warga setempat, jangan sungkan-sungkan, bak kata orang Melayu, kecil tapak tangan, nyiru ditadahkan. 



BERIKAN KOMENTAR

BLOGGER: 36
Loading...
Name

Aceh Affiliate apartemen di Indonesia Axioo Blog Competition Axioo Indonesia Bagan Siapiapi cara cepat sewa dan jual apartemen Cheria Halal Holiday Culinary Culture English Zone Events Featured Fitness Hotel Info jual apartemen Lifestyle NTT Pendidikan PPG SM-3T Review Riau rukamen sewa apartemen Sponsored Surakarta Tips Travel
false
ltr
item
Mirwan Choky: Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir
Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir
Piknik Bareng Keluarga di Pantai Paus Rangsang Pesisir, Sungai Rangsang kecamatan Rangsang Pesisir desa Sonde dan desa Tanah Merah, ikan, udang, mentarang, makohe/rama-rama, siput, kerang, kijing, sepepet, udang pepai,
https://3.bp.blogspot.com/-45aeEIs9J7E/WWznvh4ui8I/AAAAAAAASNM/hmfu5Bl3SOQdAaAWF4qLThQ0kAaN_me3QCK4BGAYYCw/s1600/1.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-45aeEIs9J7E/WWznvh4ui8I/AAAAAAAASNM/hmfu5Bl3SOQdAaAWF4qLThQ0kAaN_me3QCK4BGAYYCw/s72-c/1.jpg
Mirwan Choky
http://www.mirwans.com/2017/07/piknik-bareng-keluarga-di-pantai-paus.html
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/
http://www.mirwans.com/2017/07/piknik-bareng-keluarga-di-pantai-paus.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Not found any posts Lihat semuanya baca selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA ARTIKEL YANG INI BELUM ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy