Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Gaji agar Bisa Travelling diakhir Bulan

cara mengatur gaji 2 juta, cara mengatur gaji 1 5 juta, cara mengelola gaji 3 juta  cara mengatur uang gaji kecil  cara mengelola gaji bulanan  cara membagi gaji bulanan  cara mengatur gaji mingguan  persentase pembagian gaji

Mirwaners, pasti anda sering banget mengalami beberapa kesulitan dalam mengatur gaji / keuangan bulanan, iya kan? Sebagian dari anda kadang merasa bahwa gaji anda tergolong cukup untuk memenuhi keperluan sehari-hari, tapi  pada kenyatanya anda merasakan ada kekurangan disaat di pertengahan bulan bahkan  pada akhir bulan sehingga keinginan anda untuk traveling alias jalan-jalanjadi terurungkan. Dan tak jarang juga anda pada akhirnya berhutang atau mengambil di tabungan.

Mirwaners, hal ini seharusnya tidak boleh lho terjadi terus-menerus. Apalagi ketika anda udah cukup berumur dan matang, sudah seharusnya lho anda mengutamakan menyimpan uang atau menabung dan sekali-kali travelling untuk refreshing daripada beli itu ini yang tidak terlalu dibutuhkan. Oleh karena itu, pengaturan keuangan itu sangatlah penting. Dibawah ini ada beberapa tips akhir bulan atau cara mengatur keuangan yang mungkin bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari anda.


Anda Harus Membuat Suatu Anggaran dan Rencana Keuangan Selama Sebulan


Mirwaners, ketahuilah bahwa membuat suatu anggaran bulanan tidak sesulit yang dibayangkan kok. Anda itu hanya perlu membuat sebuah daftar pengeluaran kebutuhan harian, seperti kebutuhan untuk membeli makanan, transportasi, make up atau perawatan diri, pulsa, jalan-jalan dan lainnya. Dan jangan lupa sediakan anggaran yang maksimal untuk kebutuhan yang tak terduga, misalnya kebutuhan jika nanti anda sakit atau mungkin ada musibah lain. Jangan terlalu pelit kali untuk diri anda sendiri dan jangan pula terlalu boros yah, Mirwaners!


Jangan ditunda. Bayar Segera Tagihan Bulanan anda, dan Jangan Sampai Membengkak


Mirwaners, apabila anda memiliki iuran atau tagihan bulanan yang harus anda bayar, seperti cicilan motor, cicilan mobil, cicilian rumah, sewa kost, tagihan listrik dan air, tagihan TV kabel, tagihan internet, telepon rumah dan kebutuhan lainnya, usahakan jangan sampai telat bayar yah. Prioritaskan membayar tagihan yang sudah menjadi kewajiban anda sebelum membeli kebutuhan lain. Mungkin saja ada toleransi atas keterlambatan pembayaran tagihan anda, tapi hal ini tidak lah bagus buat anda, ini nantinya bisa menjadi kebiasaan anda, pembayaran membengkak dan pada akhirnya bikin anda repot sendiri lho.


Sisihkan Uang hasil dari Gaji Anda untuk Orang Tua di Rumah


Bagi anda ini mungkin hal yang sangat  sepele, tapi anda juga harus percaya lho segala rejeki datangnya dari Tuhan. Apabila anda berbagi rejeki untuk orang lain, terlebih lagi untuk orang tua anda sendiri pasti rejekimu akan lebih berkah. Sekecil apapun itu, jangan lupa berbagi rezeki dengan orang tua anda ya, Mirwaners.

Jangan lupa sisihkan juga untuk Tabungan anda secara rutin


Pada umumnya uang tabungan pribadi anda adalah sisa dari gaji anda setelah dikurangi kebutuhan-kebutuhan dalam sebulan. Nah, kali ini anda harus mencoba ya menyisihkan uang gaji terlebih dahulu untuk menabung, kemudian baru dipakai untuk kebutuhan mu dan hal ini harus anda lakukan secara rutin pada bulan-bulan berikutnya.

Jangan gengsi membeli barang diskonan, karena membeli barang diskonan itu tak ada salahnya lho


Pasti diantara anda berfikir bahwa membeli barang diskon itu terlihat murahan, terus gengsi. Mirwaners, siapa bilang membeli barang diskonan itu sesuatu yang salah? Jangan salah ya. Jangan karena kegengsian anda lantas anda ogah membeli barang diskonan. Ketahuilah, Mirwaners, dengan membeli barang diskonan, anda itu akan mendapatkan barang yang lebih murah dan bisa membuat anda lebih hemat.

Cobalah mulai berpikir untuk menginvestasikan sebagian gajimu


Mirwaners, perlu anda tahu bahwa usia muda bukanlah menjadi penghalang bagi anda untuk menginvestasikan sebagian penghasilan anda. Anda itu bisa menginvestasikan sebagian penghasilan atau gaji anda ke dalam bentuk  yang lain yang nilainya tidak mudah berubah, seperti tanah, polis asuransi, emas atau yang lainnya.


Lakukanlah sebuah evaluasi dan perbandingannya pada tiap-tiap bulan


Mirwaners, muali sekarang biasakanlah untuk mencatat pengeluaran harian anda, kumpulkan bon atau struk belanjaan anda. Tulis dan bandingkan dengan jumlah gaji yang anda dapatkan. Coba anda lakukan hal ini selama 3 bulan dan bandingkanlah. Nanti anda pasti akan menemukan suatu kebutuhan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Mirwaners, dengan melakukan evaluasi ini nanti anda akan menjadi orang yang lebih bijak dalam mengatur keuangan anda sendiri.

Demikianlah tips mengatur keuangan agar bisa Travelling di akhir bulan. Walau bagaimana pun, itu semua tergantung kepada kebijakan anda sendiri dalam mengatur keuangan. Mudah-mudahan tips di atas bermanfaat ya, Mirwaners.

16 komentar untuk "Cara Mengatur Gaji agar Bisa Travelling diakhir Bulan"

  1. Wah penting sekali ini, noted..
    Terimakasih tips nya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama ya. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. lho, lho, aku bingung harus berkomentar apa. soalnya aku tak punya gaji tetap, hanya punya gaji mendadak... perencanaanya gimana dong, kaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaji mendadak? Wow! Asik dong dapat gaji. Yah, harus pinter-pinter nyimpan sih sebenarnya mbak.

      Hapus
  3. sangat bermanfaat tipsnya mksh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, semoag bermanfaat.

      Hapus
  4. done follow blog...


    sudi follow arzmoha.com semula...


    salam kenal...tips kewangan yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali awak. Terimakasih sudah sudi singgah kat blog kita. Kita sudah follow awak balek.

      Hapus
  5. yaah biasanya sih akhir bulan atau awal bulan sama aja.. soalnya masih sekolah dan masih dari orangtua hehe
    tapi boleh juga sih tips di atas dipelajari buat masa depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaah... kalau tinggal sama orang tua mah gak perlu mikir-mikir lagi soal keuangan, tinggal minta aja tiap bulan. Hehhe...

      Hapus
  6. Wah bermanfaat ne tips nya,

    Betul ne perlu ada rancangan angaran keuangan kita, biar bisa jalan-jalan kemanapun, dan kapan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas, bener banget mas kita perlu ada rancangan angaran keuangan kita, biar bisa jalan-jalan kemanapun, dan kapan aja.

      Hapus
  7. pembahasan menyeluruh ya, tidak sekedar cara menabung untuk travelling tapi berbagi juga masuk dalam hal yang harus dilakukan

    BalasHapus
  8. and yes, aku termasuk orang yang super rajin bikin anggaran perbulan sejak duduk dibangku SMP hahahaha.

    Kan lumayan kalau ada sisa uang tabungan bisa travelling :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap binggo tu kalau termasuk orang yang super rajin bikin anggaran perbulan.

      Hapus