Sanger, Minuman Kopi Susu campur Pinang Khas Aceh



Zakir Warkop Darussalam

You know, it's like an embarrasing thing ketika lagi asik-asiknya mengantuk didalam kelas, terus dosen datang menuju ke tempat duduk kita dan bilang “Kurang minum kopi ni!”. Hahaha... Seriously, tadi waktu workshop didalam kelas, ngantuuuk banget. Sampai-sampai ketahuan sama dosen. Untung aja dosennya gak apa-apa. Kayaknya gak hanya saya yang ngantuk, beberapa teman lain juga saya lihat matanya pada sayu semuanya saat dikelas tadi.

telegram

Untuk ngilangin ngantuk, saya coba-coba deh buka handphone diam-diam, chat di group Telegram, “ngantuk”. Eeh... ternyata ada yang ngerespon. Ada yang bilang, “bawa bantal aja ke kelas”. Hahaha... Kalau memang bisa, jangankan bantal, dengan kasurnya sekali pun akan saya bawa ke kelas. Ada juga yang bilang “ kasi sanger aja dulu”. Sanger? Apaan sih itu? Setelah saya tanya-tanya ke teman-teman Aceh, ternyata sanger itu adalah bahasa Aceh yang artinya adalah sejenis minuman yang terdiri dari kopi, susu, dan campuran lainnya seperti teh atau pinang.

Saya coba lihat di Wikipedia tentang minuman yang dinamakan Sanger ini. Om Wiki bilang bahwa Sanger itu merupakan campuran kopi hitam, susu kental dan gula. Secara fisik, sanger memang mirip kopi susu atau caffee latte. Tapi jangan salah, sanger bukan kopi susu biasa. Tak semua para pembuat minuman kopi di bisa membuat sanger. Karena untuk membuat sanger takaran kopi , susu kental dan gula harus pas. Setelah kopi diseduh dengan saringan dari kain yang bentuknya kerucut, lalu ditambah dengan susu kental plus sedikit gula dan dikocok sampai berbuih. Meski sudah bercampur dengan susu, aroma kopi tetap mendominasi. Itulah yang menyebabkan sanger bukan kopi susu biasa. Konon untuk mendapatkan sanger yang nikmat, campuran susu dan gula hanya sedikit saja. Sanger dapat dinikmati panas maupun dingin. Untuk menyeruput nikmatnya sanger. Harga satu gelas sanger panas antara 5 ribu sampai 6 ribu. Sanger dingin antara 7 ribu sampai 8 ribu. Minumam kopi jenis ini hanya terdapat di Banda Aceh.

Jadi penasaran saya. Penasaran dengan Sanger versi dari teman, yaitu kopi susu capur pinang, gimana rasanya ya? Setahu saya, kalau minuman yang mengandung pinang itu, seperti jus pinang, atau minuman lainnya yang mengandung pinang, minuman ini dikhususkan hanya untuk orang yang sudah menikah, karena minuman seperti ini akan bisa menaikkan libido. Katanya sih. Tapi saya belum pernah mencoba minuman yang mengandung pinang. Bahaya kalau saya minum! 

sanger
( Sanger, minuman sejenis kopi susu yang hanya terdapat di Aceh )

Untuk menghilangi rasa penasaran, sehabis workshop dikelas, langsung ajak teman-teman ke Zakir Warkop Darussalam, sebuah warung kopi yang tak jauh dari Universitas Syiah Kuala. Setelah sampai, kami pun pesan minuman tersebut. Saya dan beberapa teman lainnya pesan Sanger Kalek (Sanger kelat). Disebut sanger kalek mungkin karena ada pinangnya atau teh nya. Teman lainnya ada juga ada pesan sanger yang pake es, sanger dingin.

Beberapa saat kemudian, minuman itu pun tiba. Langsung seruput deh. Rasanya... uueennnaaaakk tenan!!! Iya sih, ada rasa kelatnya dikit. Tapi rasa kelat itu lah yang membuat minuman yang terdapat hanya di Aceh ini terasa beda dengan minuman kopi susu yang pada umumnya. Esok mau coba lagi ah.

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


2 comments

3/22/2016

Wah, baru tau nih, ada kopi bisa dicampur pinang.

Iya... sama kita. Saya juga baru tau. :D Pingin nyoba?

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Sanger, Minuman Kopi Susu campur Pinang Khas Aceh
Sanger, Minuman Kopi Susu campur Pinang Khas Aceh
Sanger, Kopi Susu campur Pinang yang bisa ditemui di Aceh, kuliner khas banda Aceh, minuman kopi aceh
https://3.bp.blogspot.com/-z8ukdwSWbsg/VvAHNcunE2I/AAAAAAAANg0/T9bnOj2dHjYKbjjmm0eix2Ds0T66bOvHA/s1600/4849ed22-5366-46dc-8638-15f6d63581c9.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-z8ukdwSWbsg/VvAHNcunE2I/AAAAAAAANg0/T9bnOj2dHjYKbjjmm0eix2Ds0T66bOvHA/s72-c/4849ed22-5366-46dc-8638-15f6d63581c9.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/03/sanger-kopi-susu-campur-pinang-enak-bro.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/03/sanger-kopi-susu-campur-pinang-enak-bro.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy