Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Filosofi dari Nama "Mirwan Choky"

Mirwaners, sebuah nama pasti memiliki sejarah tersendiri. Dan setiap orang tentunya memiliki sejarah masing-masing tentang nama mereka. Begitu juga dengan nama saya, Mirwan Choky. Nama saya ini juga memiliki sejarah tersendiri. “Kenapa kok Mirwan Choky?” Ya, pertanyaan ini sering dilontarkan oleh teman-teman yang baru kenal saya. Nama asli saya Mirwan dan kenapa ada Choky-nya diakhir nama. Dan kenapa harus Choky sih. Sudah sekian orang yang mengira bahwa saya adalah orang Batak karena seperti yang kita ketahui Choky meruapakan ciri khas orang Batak. Tapi saya bukan orang Batak. Saya orang Melayu, asli.

Nama Mirwan Choky ini sudah melekat sejak saya SMA. Saat SMA, hampir semua geng SMA saya memiliki nickname masing-masing. Nama panggilan yang keren. Dan saya pikir saya juga harus memiliki nickname. Harus memiliki nama yang berbeda dari nama asli. Harus memiliki nama panggilan yang keren seperti teman-teman saya. Memang masa-masa SMA itu adalah masa-masa labil, suka mengikuti apa yang dilakukan oleh teman-teman, suka mengikuti perkembangan situasi dan keadaan lingkungan, khususnya lingkungan disekolah.

Saat itu, lagi boomingnya memiliki nickname yang keren. Akhirnya saya menggunakan nama “Choky” sebagai nama panggilan saya. Entah kenapa saya memilih nama ini pada waktu itu. Yang jelas apa yang saya pikirkan saat itu, Choky adalah sebuah nama yang sangat keren. Dan bukan karena  Choky Si Tohang, si presenter terkenal itu. Nama Choky ini tidaklah terinspirasi dari dia. Dan pada saat itu saya juga tidak tahu bahwa Choky itu adalah nama khas orang Batak. Saya menyadari bahwa Choky itu nama khas orang Batak pada waktu saya kuliah S1 dulu.

Sejak saat itu, tanpa acara akikah lagi, tanpa potong kambing lagi, tanpa persetujuan orang tua saya lagi, saya pun mulai menulis nama saya dengan menambahkan Choky setelah nama asli saya, menjadi Mirwan Choky. Dari dulu sampai sekarang, jika ada teman baru, saya pasti akan memperkenalkan diri saya “Hello! My name is Mirwan. You can call me Choky.” Dan bagaimana reaksi pertama mereka setelah mengengetahui nama asli saya beda dengan nama panggilan? Ya, mereka ketawa dan merasa heran. Termasuk juga dosen. Saya sudah hafal tentang hal ini. Setiap kali saya memperkenalkan nama saya, mereka akan merasa heran dan ketawa karena berfikir kenapa nama panggilan saya tidak ada sangkut pautnya dengan nama asli. “Where is it from?” Mirwan kok jadi Choky. Kenapa tidak “Mir” atau “Wan”.

Dalam lingkungan keluarga, saya memang dipanggil dengan nama “Iwan” atau “Wan”, bukan “Choky”. Mulai dari kedua orang tua saya, kakak dan abang saya, dan juga adik-adik saya, memanggil dengan Iwan. Begitu juga dengan sepupu, paman, bibi dan keponaan saya. Mereka tidak kenal dengan nama Choky. Hanya dilingkungan teman-teman dan orang luar yang baru kenal saya, memanggil dengan nama Choky.

Saat ini, sebenarnya saya tidak begitu memikirkan teman-teman mau memanggil saya dengan nama apa, Mirwan atau Choky. Terserah aja. Nah, apa yang saya rasakan saat orang-orang memanggil saya dengan nama Mirwan atau Choky? Bila orang-orang memanggil saya dengan nama Mirwan, saya merasa situasi dan keadaan menjadi formal. Tidak ada rasa unsur persahabatan (bukan berarti tidak berteman ya), tidak ada unsur candaan. Pokoknya situasi seperti kaku, tidak merasa dekat, seperti orang yang baru kenal dan hanya sebatas kenal. Walaupun mereka sudah lama kenal. Meskpun keadaan yang sebenarnya tidak seperti itu, tapi hanya itulah yang saya rasakan dalam diri saya sendiri. Berbeda dengan Choky. Bila orang-orang memanggil saya dengan nama Choky, situasi menjadi santai, terasa bersahabat, terasa sangat dekat walaupun baru kenal.

Sebenarnya saya tida terlalu mengharapkan orang-orang memanggil saya dengan nama “Mirwan” saja atau “Choky” saja.  Terserah mau pilih yang mana. “Mirwan” is okay. “Choky” pun I welcome. Yang penting orang-orang tidak memanggil saya dengan panggilan yang tidak baik.

By me, Mirwan Choky

Posting Komentar untuk "Filosofi dari Nama "Mirwan Choky""