Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalan-Jalan Sore ke Kampung Jackie Chan

kampung jacky chan

Mirwaners, saat libur kemaren di sore hari, saya dan teman-teman saya jalan-jalan ke Kampung persahabatan Indonesia-Tiongkok . Kampung persahabatan ini lebih dikenal dengan Kampung Jacky Chan terletak di di perbukitan Desa Neuheun, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar.

Mengapa ya lebih dikenal Kampung Jacky Chan? Menurut sumber dari Kompasiana, yang mensponsori dan menggalang dananya adalah Jacky Chan. Namun, dalam prasasti, yang ditulis dalam tiga bahasa: Indonesia-Tiongkok dan Inggris, disebutkan bahwa Kampung Persahabatan Indonesia-Tiongkok ini didanai oleh China Charity Federation and Red Cross Society of China. Dan, pelaksanaan pembangunan dilakukan langsung oleh kontraktor Tiongkok, yakni Synohydro Coorporation China, yang diresmikan 19 Juli 2007 lalu.

gerbang kampung jacky chan

Ada sebuah gerbang. Gerbang Bernuansa Tiongkok ini begitu kendaraan memasuki gerbang perkampungan Jacky Chan ini, cukup lapang dan tampaknya memang sengaja di disain dengan gaya arsitektur Tiongkok. Seperti yang sering kita lihat di beberapa lokasi “China Town” di berbagai kota. Baik di Indonesia, maupun diluar negeri, semisalnya bangunan yang bergaya khas Tiongkok, yang terdapat di Mangga Dua Square Jakarta, tak banyak bedanya dengan yang bisa kita temui di China Town di pusat kota New York dan juga di Vancouver – Canada.

kampung jacky chan

Mirwaners, kampung Jacky Chan ini sungguh sangat strategis lokasinya. Selain berada di ketinggian sekira 300 meter, juga berjarak sekira 1,5 kilometer dari pantai. Lokasi ini membuat perkampunan ini relatif aman dari tsunami . Dan terlebih lagi dari sini kita dapat menyaksikan pemandangan yang elok dan cantik. Dari manapun mata memandang, terlihata di puncak bukit Desa Neuheun, semuanya tampak indah. Laut, pantai, pelabuhan, permukiman, dan gunung seakan sambung-menyambung. Panorama yang menghamparkan pemandangan yang menyejukan mata dan hati. Disela sela perumahan ,tampak masjid yang berdiri dengan megah. Kehidupan masyarakat Aceh, memang tak dapat dipisahkan dari Masjid.

kampung jacky chan

kampung jacky chan

1 komentar untuk "Jalan-Jalan Sore ke Kampung Jackie Chan"