Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suasana Masjid Raya Baiturrahman Aceh Saat Tarawih

masjid baiturrahman

Mirwaners, alhamdulillah, akhirnya saya bisa sampai juga di masjid Baiturrahman, Aceh, untuk melaksanakan shalat taraweh. Masjid Raya Baiturrahman ini merupakan sebuah masjid Kesultanan Aceh yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1022 H/1612 M. Bangunan indah dan megah yang mirip dengan Taj Mahal di India ini terletak tepat di jantung Kota Banda Aceh dan menjadi titik pusat dari segala kegiatan di Aceh Darussalam.

masjid baiturrahman

Sejak malam pertama Ramadhan ini, Masjid ini menjadi tempat favorit umat Muslim di Banda Aceh dan sekitarnya untuk menunaikan salat tarawih. Termasuk teman-teman saya. Ketika kita pergi ke mesjid ini, maka akan kita dapati berbondong-bondong penduduk kota memadati masjid ini. Jika kita terlambat sedikit saja ke masjid ini, maka kita akan ketinggalan. Kita akan berada di sap yang paling belakang. Jamaah yang tidak kebagian tempat di dalam bisa menggelar sajadah di pekarangan masjid. Jamaah perempuan berada di halaman depan, sementara jamaah laki-laki mengambil tempat di halaman kanan masjid. Walau berdesak-desakan tidak mengurangi semangat kaum muslim untuk menunaikan salat sunat tersebut di masjid ini. Mesjid raya ini semakin hari semakin sempit karena membludaknya Jamaah.

masjid baiturrahman

Sebagai tempat bersejarah yang memiliki nilai seni tinggi, Masjid ini menjadi objek wisata religi yang bisa membuat setiap wisatawan atau pengunjung  yang datang berdecak kagum akan sejarah dan keindahan arsitekturnya, dimana masjid ini termasuk salah satu Masjid terindah di Indonesia yang memiliki arsitektur yang memukau, ukiran yang menarik, halaman yang luas dengan kolam pancuran air bergaya Kesultanan Turki Utsmani dan akan sangat terasa sejuk apabila berada di dalam Masjid ini.

masjid baiturrahman

Indah dan syahdu, merupakan dua kata yang dapat menggambarkan suasana di Masjid Raya Baiturrahman ini. Bagian dalamnya sangat luas dan bersih, dan membuat anda bebas duduk di mana saja untuk beribadah. Di bulan Ramadan, Masjid Raya Baiturrahman pun tak pernah sepi dari aneka kegiatan bagi umat muslim. Dari kegiatan buka puasa bersama hingga itikaf. Jadi, bagi anda yang udah pernah nyampe ke Aceh, tapi gak sempat masuk ke masjid ini, maka rugi banget deh pokoknya.

Posting Komentar untuk "Suasana Masjid Raya Baiturrahman Aceh Saat Tarawih"