Tips Pintar Berbicara Bahasa Inggris Agar Mudah Travelling ke Luar Negeri



Tips Pintar Berbicara Bahasa Inggris  Agar Mudah Travelling ke Luar Negeri

Mirwaners, sejak saya jadi guru bahasa Inggris (ceilaaah... kayak benar aja), saya sering ditanya-tanya oleh teman-teman dan juga adik-adik. Mereka selalu nanya gimana sih caranya supaya lancar ngomong bahasa Inggris. Karena mereka ini ingin travelling ke luar negeri. Kan enggak lucu travelling ke luar negeri tapi enggak bisa ngomong bahasa Inggris. Well, bagi saya ngomong bahasa Inggris itu memerlukan kebiasaan. Di Indonesia dan di negara foreigner lainnya, orang pinter bahasa Inggris secara tulisan belum tentu pinter bahasa Inggris secara lisan. Tapi, jika anda sudah mempunyai sedikit pengetahuan tentang bahasa Inggris, dan mempunyai stock vocabulary alias kosa kata dan frasa yang memadai, maka anda bisa mengikuti tips-tips berikut :

1. Don’t be afraid of making mistakes

Anda kalau mau ngomong pake bahasa Inggris itu jangan takut salah. Jangan takut salah grammar, jangan takut salah vocabulary. Jangan terlalu dipikirkan apakah yang diomong itu salah atau benar. Dan jangan terlalu dipikirkan apakah orang lain akan menilai anda. Abaikanlah penilaian mereka. Bicarakanlah apa yang ada dipikiran anda. Bicaralah secara spontan dan alami.

2. Don’t expect to be perfect so soon

Dalam proses beradaptasi dengan bahasa Inggris atau disaat proses belajar, jangan terlalu berharap untuk menjadi perfek dalam waktu yang singkat. Belajar bahasa Inggris itu butuh waktu, apa lagi dalam hal speaking. Kita butuh kebiasaan-kebiasaan dan selalu praktis atau selalu menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Setidaknya dalam satu hari anda harus ada sekali praktis ngomong bahasa Inggris supaya anda terbiasa dengan bahasa Inggris itu sendiri.

3. Be confident

Anda harus PD, harus percaya diri saat ngomong dalam bahasa Inggris. Jangan malu-malu. Biarlah orang lain berkata apa. Jangan pikirkan mereka. Pikirkanlah diri anda sendiri. Kita harus tetap berusaha. Dengan ke-PD-an yang ada pada diri anda, maka anda akan terbantu dalam menyampaikan ide-ide anda secara lisan. Dan jangan lupa ya, saat ngomong, gerak-gerakan tangan anda untuk menggambarkan apa yang anda bicarakan. Hal ini juga akan membantu anda agar tetap confident dalam berbicara.

4. Seize every opportunities

Jika anda mempunyai kesempatan untuk ngomong bahasa Inggris, maka lakukanlah. Misalnya kalau anda ketemu orang bule atau orang yang pinter ngomong bahasa Inggris, maka itu adalah kesempatan anda untuk mempraktekan bahasa Inggris anda. Kalau udah ketemu, samperin aja dia dan cobalah beramah tamah dengan dia dengan menggunakan bahasa Inggris.

5. Record Yourself

Jika anda tidak punya kesempatan atau tidak ada lawan bicara untuk ngomong bahasa Inggris, anda bisa ngomong didepan kamera dan rekamlah diri anda sendiri. Seperti yang saya lakukan di video saya yang satu ini saat belajar bahasa Inggris beberapa waktu yang lalu :




Sebenarnya anda bisa merekamnya menjadi audio atau video. Setelah selesai merekam, lihatlah hasil rekaman itu dan lihat lah apakah anda ngomong dengan lancar atau tidak. Praktis lah selalu supaya anda terbiasa dengan bahasa Inggris dan akhirnya anda akan menjadi lancar ngomong.

Well, that’s all I can say. Semoga tips-tips ini bermanfaat bagi English learners. Keep practicing! Keep speaking! Stay cool!

Mirwan Choky

11 comments

Nah yg satu ama dua ini biangnya mas. Takut salah dan berfikirbu perfect.. akhirnya malu deh dan ga berani speak up.. duh duh..


Salam kenal ya.

Waaah... sebaiknya jangan takut salah kalo lagi belajar ngomong bahasa Inggris. PD aja lagi. Kalo mau menjadi perfect sih kita memang butuh waktu, gak bisa instan.

Salam kenal juga ya.

Waah jadi inget kalau saya senang bahasa Inggris dulu, tapi lama gak dipake lama2 sangat tidak lancar hehe... Mau nyoba ngobrol sama anak2 keburu dah cape mikirnya hahaha... padahal anak2 dah ada yang SMA hehe....
Btw ngomong inggrisnya dah keren pake bingits... :)

Sayang banget, udah pinter ngomong bahasa Inggris, gara2 jarang praktis, sekarang jadi gak lancar lagi. Hehhehe...
Tapi saya ngomongnya masih belepotan. Hehehe...

Ditambah ya ... banyak baca novel dan majalah yang disuka. Pertama cerita anak2 lalu yang dewasa ... itu karena dalam ceritanya biasanya ada bentuk percakapan sehari2, lalu iseng disalin. lama lama jadi hafal. Setelah itu nonton film dengan text dan tanpa text sampai akhirnya telinga biasa.

Iya mas, bagus juga tu tips nya. Thanks mas.

Yang tips terakhir itu mengasyikkan banget sih.
Ngerekam diri sendiri pas ngomong english,
Tapi terkadang hasilnya malah disgusting wkwk.
Kenapa yaaa .

Wah, tips-nya bisa dipraktekan nih... Thanks.

Iya mas, asik kali, hasilnya bisa upload di youtube juga kan...

Ayo dong di praktekin :D

Setuju banget, terutama tips no satu.
Selalu itu juga yang saya tekankan ke setiap yang nanya hal sama.

By the way, I think I should write my comment using English..^_^
I have many more advantages for being able speaks foreign language.
Most of all, it makes me confident to learn another new languages.
And now, my litle family were speaks 4 different language.

Sasak (East Lombok dialect), Java (Semarangan), Indonesian and English (though only some simple greetings) :)

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa follow dan share ya.
Name

Aceh,44,Affiliate,1,apartemen di Indonesia,1,Artis,7,Automotive,10,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,cara cepat sewa dan jual apartemen,1,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,24,Culture,8,English Zone,10,Events,21,Featured,31,Fitness,6,Gym,1,Hotel,10,I-Sing,10,Info,1,International,13,jual apartemen,1,Kesehatan,3,Lifestyle,87,Lomba,2,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,11,PPG SM-3T,16,Resep Masak,2,Review,27,Riau,16,Rommentiq,12,rukamen,1,sewa apartemen,1,Shopping,8,Singapore,11,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,19,Timor Leste,1,Tips,33,Transportation,6,Travel,73,Viral,41,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Tips Pintar Berbicara Bahasa Inggris Agar Mudah Travelling ke Luar Negeri
Tips Pintar Berbicara Bahasa Inggris Agar Mudah Travelling ke Luar Negeri
Tips Pintar Berbicara Bahasa Inggris Agar Mudah Travelling ke Luar Negeri, tips belajar bahasa Inggris dengan mudah, cara mudah belajar bahasa inggris
https://2.bp.blogspot.com/-07vdZ0kehaI/WY-lrmXef1I/AAAAAAAASec/RcgNazpmINcV6DfoebHCXBvQNEL-1rriwCK4BGAYYCw/s1600/mes.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-07vdZ0kehaI/WY-lrmXef1I/AAAAAAAASec/RcgNazpmINcV6DfoebHCXBvQNEL-1rriwCK4BGAYYCw/s72-c/mes.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/06/tips-pintar-berbicara-bahasa-inggris.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/06/tips-pintar-berbicara-bahasa-inggris.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy