Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Siswa Aktif dalam Pembelajaran di Kelas

Waktu anda masih duduk dibangku sekolah dulu, gimana menurut anda tentang cara guru anda mengajar? Apakah cara guru anda mengajar itu menarik sehingga anda semangat untuk belajar dikelas? Atau malah membosankan sehingga anda tidak minat belajar? Jika dulu waktu guru anda mengajar dengan cara yang membosankan, maka sekarang anda udah tau dong apa saja yang harus diperbaiki saat mengajar siswa dikelas agar siswanya tidak bosan. Dan juga sudah tau dong apa saja kesalahan besar seorang guru dalam mengajar dalam kelas.

metode Siswa aktif

Mirwaners, ketahuilah bahwa kesalahan dari guru dalam mengajar adalah bahwa guru sering membawa materi dengan cara menerangkan dan  siswa diminta dengan hormat untuk mendengarkan dari awal hingga akhir. Sebenarnya seberapa lama sih siswa kuat mendengarkan? Dan apakah siswa bisa pinter hanya dengan mendengarkan ceramah dari guru? Bukankah siswa itu bisa pinter karena berfikir?

Menurut saya, seharusnya guru itu tidak hanya semata-mata menerangkan materi di kelas tapi juga mendorong siswa untuk memikirkan isi dan materi pelajarannya. Seharusnya siswa tidak diminta untuk terus menerus jadi pendengar setia sehingga tertidur dikelas karena cara guru mengajar yang membosankan.

Oleh karena itu, disini saya ingin menyarankan metode untuk membuat kelas anda menjadi tempat yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa dalam belajar dan berfikir sehingga kelas menjadi aktif dan dinamis. Metode ini saya dapat dari Satya Wiyatama. Metodenya adalah sebagai berikut:

1. Untuk memulai pelajaran jelaskan pada siswa apa yang akan dipelajari pada saat itu dan apa manfaatnya bagi siswa kalau memahami dan mengerti tema / hal yang akan dipelajari. Dengan menyampaikan hal hal seperti ini, guru bukan saja telah mencoba manarik perhatian siswa agar fokus pada pelajaran, tapi sudah mulai mengajak siswa untuk menggunakan pikiran. Karena fungsi dan manfaat tema adalah hasil ulah pikir yang akan dicerna oleh siswa dengan pikiran juga.

2. Mulailah pelajaran bukan dengan menerangkan tapi mulailah dengan pertanyaan. Edarkan pertanyaan ke seluruh kelas, harapakan semua siswa berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan tersebut, maka semua siswa sudah tergerak untuk berfikir mandiri.

3. Kumpulkan semua jawaban yang diberikan siswa dan diskusikan dengan seluruh siswa kebenaran dari semua jawaban yang diberikan. Mintalah alasan kenapa satu jawaban bisa diterima dan yang lain tidak. Maka akan terjadi sharing pengetahuan antar siswa, siswa saling memberi informasi dan semua siswa terlibat dalam belajar.

4. Kalau ada siswa yang bertanya pada anda, janganlah anda jawab sendiri, lemparkan ke kelas biar dijawab oleh siswa yang lain. Maka siswa anda tidak akan sempat ngantuk karena semua siswa terdorong untuk selalu berfikir.

5. Jaga terus atmosphir berfikir dalam kelas dengan melempar lempar pertanyaan dan jadikan suasana belajar mengajar anda lebih mirip percakapan antar siswa dengan siswa dan dengan guru, bukan pengajaran yang kaku dengan guru bercerita murid mendengarkan.

6. Beri waktu siswa untuk bertanya tentang seuatu yang belum jelas, atau beri mereka waktu untuk mengungkapkan ide atau pandangan mereka yang belum terungkap.

7. Akhiri pelajaran dengan meminta mereka membuat resume atas apa yang mereka pahami dan mereka bicarakan selama pelajaran dalam bentuk tertulis.

Demikianlah cara membuat siswa aktif dalam pembelajaran di kelas. Mudah-mudahan metode ini bermanfaat dan akan membuat siswa terus aktif dan tidak merasa bosan yang membuat siswa tertidur didalam kelas.

Mirwan Choky

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Siswa Aktif dalam Pembelajaran di Kelas"