Guru Jewer Siswa, Siapa yang Salah?



Mirwaners, seperti mana yang lagi heboh yang kita lihat di sosial media dan televisi, ada berita tentang seorang guru masuk penjara gara-gara menjewer siswanya. Bagaimana menurut anda tentang hal ini? Apakah tidak wajar seorang guru menjewer seorang siswa yang bandel? Apakah menjadi suatu hal yang salah jika seorang guru menegur siswanya yang bandel dengan cara menjewer?

guru

Kenapa Siswa Dijewer?

Kenapa siswa kok sampai bisa dijewer? Ada berbagai alasan yang mungkin bisa membuat siswa itu dijewer oleh gurunya seperti; siswa tidak membuat pekerjaan rumah, siswa tidak mematuhi peraturan sekolah, siswa membandel dikelas, siswa berlaku anarkis, dan masih banyak lagi hal-hal yang mungkin bisa membuat siswa itu dijewer oleh gurunya. Pokoknya pasti ada sesuatu yang negatif yang siswa itu lakukan sehingga siswa itu mendapat jeweran. Mustahil suatu pohon itu bergoyang kalau tidak ada angin berhembus. Mustahil guru itu menjewer siswanya kalau siswanya itu tidak ada kesalahan.

Kenapa siswa membandel?

Mirwaners, seperti mana yang kita ketahui bahwa pendidikan moral bagi anak-anak itu pertama kali seharusnya didapatkan dari keluarganya karena keluarga adalah lembaga pendidikan pertama dan utama dalam membentuk jati diri generasi penerus bangsa. Keluarga adalah benih akal penyusunan kematangan individu dan struktur kepribadian. Anak-anak mengikuti orang tua dan berbagai kebiasaan dan perilaku dengan demikian keluarga adalah elemen pendidikan lain yang paling nyata, tepat dan amat besar. Keluarga memiliki dampak yang besar dalam pembentukan perilaku individu serta pembentukan vitalitas dan ketenangan dalam benak anak-anak karena melalui keluarga anak-anak mendapatkan bahasa, nilai-nilai, serta kecenderungan mereka, Keluarga bertanggungjawab mendidik anak-anak dengan benar dalam kriteria yang benar, jauh dari penyimpangan.

Selain itu, seorang peneliti juga mengatakan bahwa keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak-anak, pendidikan di lingkungan keluarga dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh dan berkembang di lingkungan keluarga akan tumbuh sikap tolong menolong, tenggang rasa sehingga tumbuhlah kehidupan keluarga yang damai dan sejahtera, keluarga berperan dalam meletakkan dasar pendidikan agama dan sosial. (Fuad Ihsan, 2001 : 18).

Nah, jika ada siswa membandel sehingga dijewer oleh gurunya, maka kemungkinan besar pendidikan dikeluarganya tidak berjalan dengan baik sehingga saat siswa tersebut masuk sekolah, kegiatan-kegiatan negatifnya lebih terlihat. Siswa itu pasti akan lebih baik kelakuannya jika dari kecil ia mendapat pendidikan yang baik dari orang tuanya atau keluarganya. Bukan berarti disekolah tidak diajarkan tentang moral. Disekolah masih diajarkan tentang hal itu. Disekolah masih diajarkan mata pelajaran PPKn dan agama. Tapi porsi jam untuk mengajar mata pelajaran itu hanya sedikit.


Apakah dijewer itu merupakan hukuman yang berat?

Seriously, ketika saya masih sekolah dulu. Kalau berbuat salah, dengan lapang hati saya menerima hukuman dari guru. Tidak manja. Tidak mengadu sama orang tua. Kalau zaman dulu, jika ada siswa yang mengadu sama orang tua bahwa dia mendapat hukuman dari guru disekolah, maka dia pun akan mendapat hukuman lagi dari orang tuanya. Beda sama kebanyakan siswa sekarang. Ketika dia mengadu ke orang tuanya bahwa dia mendapat hukuman disekolah, maka orang tua pun serta merta membela anaknya dan menuntut guru yang menghukumnya walaupun hanya sekedar menjewer.

Apakah jewer itu hukuman yang berat? Mirwaners, dijewer lebih saya sukai dari pada berdiri hormat ditiang bendera ditengah terik panas. Dijewer lebih saya sukai dari pada disuruh menghafal semua daftar unsur periodik atom. Diewer lebih saya sukai dari pada disuruh mencuci kloset. Dijewer lebih saya sukai dari pada disuruh membersihkan sampah-sampah yang ada dihalaman sekolah. Dijewer lebih saya suka dari pada berdiri kaki sebelah sampai habis jam pelajaran. Dijewer lebih saya sukai dari pada disuruh keluar dari kelas saat pembelajaran berlangsung. Intinya, bagi saya, dijewer itu adalah hukuman yang paling ringan.

Hak Asasi Manusia?

Nah, apa pandangan HAM (hak asasi manusia) tentang hal ini? Apakah ada yang salah dengan hukum HAM? Menurut saya, karena ada HAM ini guru bisa dipenjara. Karena ada HAM, prediksi saya, guru nantinya tidak akan lagi mempedulikan apakah siswanya itu sudah pintar atau belum, akhlak dan tingkah laku siswanya sudah bagus apa belum. Guru hanya akan melaksanakan tugas utamanya, datang, mengajar, selesai. Guru tidak akan berbuat lebih karena guru tidak mau dipenjara.

12 comments

7/03/2016

Heran juga dengan jaman modern... makin tidak terselamatkan. Beruntung saya masih menikmati masa-masa kecil yang luar biasa.

Iyaa... bener banget. Zaman sekarang udah berubah. Jadi gak asik.

7/03/2016

Lebay aja itu ortunya? Dulu tuh di pukul pake penggaris dah biasa

7/03/2016

berarti orang tua nya yg mengadu kepolisi nggak pernah sekolah. padahal guru2 terdahulu lebih tegas dalam hal mendidik anak.

Yh bneerr bnget,,ank skrng mental krupuk, berulah di skolah tpi ga mau di tgur,,,mndingan skolah di pohon bambu aja skalian

bentar-bentar ngadu kali yak. Wah, kalau kayak gini guru2 jadi takut. yang ada malah nanti, biarin ajalah daripada masuk penjara. hayooo..kalau udah kayak gitu sapa yang rugi? sekolah hanya pindah belajar baca doang, ngga lagi sebagai tempat pendidikan.

Iya. Saya dulu kalau kena hukum disekolah malah takut ngadu sama orang tua.

Yaaah... mungkin aja seperti itu.

Iya sekalian aja bikin sekolah sendiri, ajar sendiri, bikin ujian sendiri, bikin ijazah sendiri.

Iya mbak, dikhawatirkan nanti guru akan berubah pikiran. Hanya menjalankan kewajiban doang, gak mau berbuat lebih karena takut masuk penjara.

7/04/2016

Ortunya yg premitif dan anak" jaman sekarang yg cengeng kalo ga mau di didik mah ga uasah skolah, beda dengan jam dulu siswa di tendang di hantam mah udh biasa (itu sbagai tantangan siswa yg mau cari nama) bukan ngandelin ortu pengecut

Setuju banget.

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa follow dan share ya.
Name

Aceh,44,Affiliate,1,apartemen di Indonesia,1,Artis,7,Automotive,11,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,cara cepat sewa dan jual apartemen,1,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,24,Culture,8,English Zone,10,Events,21,Featured,33,Fitness,6,Gym,1,Hotel,10,I-Sing,10,Info,1,International,13,jual apartemen,1,Kesehatan,3,Lifestyle,88,Lomba,2,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,12,PPG SM-3T,16,Resep Masak,2,Review,27,Riau,16,Rommentiq,15,rukamen,1,sewa apartemen,1,Shopping,8,Singapore,11,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,20,Timor Leste,1,Tips,33,Transportation,6,Travel,73,Viral,42,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Guru Jewer Siswa, Siapa yang Salah?
Guru Jewer Siswa, Siapa yang Salah?
Kenapa siswa kok sampai bisa dijewer? Ada berbagai alasan yang mungkin bisa membuat siswa itu dijewer oleh gurunya seperti; siswa tidak membuat pekerjaan rumah, siswa tidak mematuhi peraturan sekolah, siswa membandel dikelas,
https://2.bp.blogspot.com/-Z3MsRTe7RxA/V3hfxBc7vsI/AAAAAAAAOfc/yDJTIZReGOQqum8itE-Rv0Mfkui6GZsrACK4B/s1600/10177925_10204019900012826_8287235662033210968_n.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-Z3MsRTe7RxA/V3hfxBc7vsI/AAAAAAAAOfc/yDJTIZReGOQqum8itE-Rv0Mfkui6GZsrACK4B/s72-c/10177925_10204019900012826_8287235662033210968_n.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/07/guru-jewer-siswa-siapa-yang-salah.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/07/guru-jewer-siswa-siapa-yang-salah.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy