Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Teluk Gurita Nusa Tenggara Timur yang Jernih dan Tenang

Mirwaners, tau gak sih kalau di Nusa Tenggara Timur itu penuh dengan tempat wisata alam yang luar biasa keren nya? Salah satunya yaitu Teluk Gurita. Menurut penduduk setempat, dulu para pedagang dari berbagai negara melabuhkan kapalnya di teluk itu untuk mendapatkan cendana dan damar. Sebenarnya teluk ini juga mempunyai nama lain, yaitu Kuit Namon. Konon, ketika sebuah kapal pedagang Spanyol berlabuh di teluk itu, sebuah Kuit atau gurita raksasa melilit dan menenggelamkan kapal beserta awak kapalnya. Sampai saat ini reruntuhan kapal itu beserta isinya yang telah menjadi fosil-masih dapat ditemukan di dasar Teluk Gurita ini.

Teluk Gurita


A video posted by Mirwan Choky (@mirwanchoky) on

Lokasi

Teluk Gurita ini adalah pantai yang terletak tidak jauh dari kota Atambua. Teluk ini juga terletak di Desa Dualaus Kecamatan Kakuluk Mesak 20 km dari kota Atambua kearah Barat Laut. Selain lautnya yang dalam, airnya juga jernih dan tenang dan dikelilingi bukit-bukit yang indah. Katanya sih teluk ini sejak zaman dahulu kala merupakan pelabuhan alam. Jika anda ingin menuju ke teluk ini, anda dapat menggunakan angkutan umum dengan tarif sekitar Rp 15.000 per orang, ojek sekitar Rp 25.000 per orang sekali jalan, atau dengan menyewa kendaraan yang bisa digunakan secara rombongan dengan biaya sekitar Rp 250.000 per kendaraan. Perjalanan tersebut memakan waktu sekitar 30 menit menuju lokasi.

Teluk Gurita

Mirwaners, bagi anda yang suka memancing ikan, di Teluk Gurita ini anda dapat memancing di sekitar teluk atau dari pinggiran pantainya. Anda juga bisa menggunakan perahu untuk memancing di Danau Konkas yang berhubungan dengan Teluk Gurita. Tidak setenar Sukaer Laran, masih sepi.

Teluk Gurita

Makanan yang ada di Teluk Gurita

Jika anda pergi ke Teluk Gurita ini jangan lupa untuk mencicipi jagung bakar dan akar bilan yang dijual oleh penduduk yang tinggal di sekitar teluk ini. Selain itu, terdapat pula beberapa kios-kios yang menjual cinderamata seperti kain tenun khas Belu, patung-patung yang terbuat dari cendana hingga madu asli. Jadi, bagi anda yang lagi butuh piknik, butuh jalan-jalan, saya rekomendasikan deh tempat ini. Cocok banget bagi anda yang ingi berlibur dari sibuknya aktivitas harian.

Teluk Gurita

Teluk Gurita

Teluk Gurita

Teluk Gurita

6 komentar untuk "Air Teluk Gurita Nusa Tenggara Timur yang Jernih dan Tenang"

  1. wow...

    levitasinya keren mas
    hehehe, pengen tuh foto2 kayak gitu dengan latar pemandangan yang memesona :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya juga suka dengan pemandangan latar nya, enak dipandang. :)

      Hapus
  2. Pemandangannya bagus, keren ya. Di Indonesia timur memang banyak tempat bagus yang belum dieksploitasi. Banyak yang belum tahu tempat-tempat keren ini. Semoga dengan tulisan para blogger semakin mendorong orang untuk datang mengunjungi.
    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Didaerah timur memang banyak tempat wisata yang luar biasa indah. Semoga aja tulisan ini bisa menginformasikan kepada orang laur tentang wisata di timur. Salam kembali.

      Hapus