Tips Menulis Cerita Perjalanan di Blog



Tips Menulis Artikel Blog Travel ala Mirwan Choky

Mirwaners, sepertinya sudah lama saya gak ada posting tentang tips-tips yah. Akhir-akhir ini kebanyakan postingan saya tentang cerita perjalanan wisata saya semuanya. Oke, postingan kali ini saya ingin berbagi sedikit tentang Tips Menulis Artikel untuk Blog Travel seperti blog saya ini. Sebenarnya ada berbagai macam ya yang bisa anda tulis di blog travel anda, tapi bagi saya hanya hal-hal yang penting saja yang seharusnya kita masukkan ke dalam postingan blog kita. Mungkin Tips Menulis Cerita Perjalanan di Blog ini beda dengan tips orang lain. Tapi ini lah tips ala Mirwan Choky yang bisa saya bagikan kepada anda.

Jika anda melihat struktur teks dari sebagian besar artikel blog travel saya ini, maka anda akan temukan hal-hal berikut :

1. Basa-basi

Dalam paragraf pertama, sebelum saya menulis lebih lanjut, saya biasanya menyapa teman-teman pembaca terlebih dahulu, atau biasanya saya sering memanggilnya dengan nama Mirwaners. Basa basi dikit, kemudian katakanlah, topik postingan yang akan anda tulis itu tentang apa. Contohnya tentang Perjalanan ke Candi Borobudur.

2. Tentang apa

Dalam paragraf kedua, anda jabarkanlah semua tentang topik yang anda pilih tadi. Contohnya tadi yaitu Candi Borobudur. Anda tulis lah apa itu Candi Borobudur. Kalau ada sejarahnya, anda tuliskan sedkit, tapi jangan terlalu panjang. Tulislah yang singkat saja supaya pembaca artikel anda tidak bosan membaca sejarahnya. Dan jangan lupa bilang bahwa anda bersyukur karena sudah jalan-jalan ke tempat tersebut. Dan sebutkan juga kapan anda mengunjungi tempat itu dan sama siapa. Ilustrasikan juga suasana disana itu seperti apa. Indah kah? Cuaca panas atau dingin? Dan juga tentang budayanya.

3. Lokasi dan Transportasi

Di paragraf ketiga, anda sebutkanlah. Lokasinya dimana. Berbatasan dengan daerah apa aja. Pakai apa anda kesana, naik mobil kah? Naik bus kah? Atau naik pesawat? Atau lainnya. Dan sebutkan juga yang lebih aman dan efisien itu pakai apa. Kasi tau juga kepada pembaca blog anda berapa jam anda sampai di tempat tujuan.

4. Biaya Perjalanan

Mirwaners, tak bisa dipungkiri bahwa ketika kita ingin travelling ke suatu tempat, pastinya kita menghitung-hitung terlebih dahulu berapa ongkos yang akan dikeluarkan. Bagi kita yang belum tau berapa jumlah biaya yang akan kita keluar, maka sebagian kita mencarinya di internet, browsing. Iya, kan? Jadi, anda seharusnya memposting juga biaya perjalan anda supaya bisa menjadi panduan bagi traveller lainnya. Jangan sungkan dan jangan malu, jika anda ingin artikel anda bersifat informatif, maka tuliskanlah. Karena hal ini sangat berguna bagi calon traveller lainnya seperti yang saya sebutkan tadi.

5. Kesan

Tulislah apa yang anda rasakan selama dalam perjalanan dan selama di lokasi. Gembira kah? Sedih? Atau galau? Tuliskan saja. Supaya pembaca blog anda terinspirasi dengan pengalaman anda disana. Kalau ada kesempatan, apakah anda ingin mengujungi lagi tempat tersebut?

6. Pesan dan Saran

Di paragraf akhir, tulislan sebuah pesan untuk pembaca artikel anda. Anda sebagai orang yang sudah pernah sampai ditempat tersebut, tulislah apa-apa saja yang sebaiknya anda sampaikan. Contohnya, tulislah apa-apa saja yang tidak boleh kita lakukan didaerah tersebut supaya nantinya wisatawan lain tidak melanggar aturan yang ada, dan pesan juga jangan membuang sampah sembarangan ditempat tersebut.

Selain menulis pesan, anda juga diharapkan menuliskan saran anda tentang tempat tersebut. Contohnya, anda menuliskan saran supaya pemerintah setempat terus memperbaiki lokasi Candi Borobudur supaya kelihatan terawat dan lebih banyak wisatawannya. Dan anda juga bisa menyampaikan saran-saran yang lainnya.

7. Foto/Video

Mirwaners, satu hal lagi yang amat penting. Jangan lupa masuk kan foto-foto atau video perjalanan anda. Karena foto atau video itu bisa mengungkapkan seribu kata. Coba anda bayangkan jika postingan anda hanya tulisan doang, gak ada foto-fotonya. Kelihatan garing kan? Mau baca pun gak semangat jadinya. Tapi jangan kebanyakan foto selfie yah. Biasanya orang-orang membutuhkan foto suasana alamnya bukan foto selfie kita.

Setelah selesai posting, maka share kan lah link artikel blog anda ke media sosial anda supaya tulisan anda dibaca oleh orang lain. Kan rugi banget, udah capek-capek nulis, tapi gak dibaca oran lain.

Demikianlah Tips Menulis Cerita Perjalanan di Blog yang bisa saya tuliskan. Mudah-mudahan tips ini berguna bagi calon travel blogger lainnya. Salam dari saya, Mirwan Choky. Salam Travel Blogger!

18 comments

Hahahahaha basa - basi.

Nice tips mas mirwan, saya follower anda yang ke 24 :D

Waaahhh... makasih mbak Wuri udah follow. Jadi terharu nih :)

Tipnya ok-ok nih mas. Thank you ya!

You are welcome ya mbak. Moga bermanfaat yah!

wah... lengkap ya..... bermanfaat sekali untuk saya. Nanti mau di praktekkan

Iya, semoga bermanfaat yah. Waaah.. travel blogger juga yah? Salam blogger deh kalau gitu.

Halo mas Mirwan, makasih sudah mampir ke blogku ;)

Kelemahanku nulis artikel jalan2 ialah nggak share biayanya, atau kadang aku tampilin sekilas aja. Makasih tulisannya.

Salam
omnduut.com

Hello mas Haryadi. Makasih juga udah mampir. Iya, tiap blogger pasti memiliki cara tersediri dalam menulis artikelnya. Dan kebetulan mungkin cara kita berbeda. Hehehe...

Hahahaha..ada basa basinya. Unik juga mas. Salam kenalan ya

Hahaha... Ya gitu deh. Ada basa basi nya.Salam kenal juga ya mas Ginting.

12/19/2016

Kalau saya sih juga jarang ada biaya, karena saya orangnya gak bisa buat rencana budget, hehe. Tapi lebih suka menonjolkan sisi lain dari sebuah tempat yg gak dipikirkan banyak orang, btw tipsnya oke mas :)

12/20/2016

Iya sih, setiap orang memiliki ciri khas masing-masing dalam menulis artikel. Ada yang suka bikin rencana budget dan ada juga yang tidak. Btw, makasih ya udah mampir.

tips pertama,, basa basi, itu yang paling penting, haha introduction gitu ya bro? salam kenal ya :D

Iya.. haha... introductionnya sebenarnya terserah gaya penulis sih.

Mas mirwan mau tanya boleh ya? Kalo menulis artikel blog travel baiknya pas detik itu ditempat wisata atau gmn ya??

BOleh dong mbak, tergantung seleranya masing-masing sih mbak, tapi kalau saya biasanya setelah pulang dari tempat wisata baru manulis.

6/08/2018

basa basi biasanya yang paling penting sih ya, soalnya pembaca pertama kali liat artikel kita itu di huruf pertama paragraf pertama. klo menarik ya dilanjut, klo tidak yah di skip haha

7/08/2018

iya... bener banget gan....

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa follow dan share ya.
Name

Aceh,44,Affiliate,1,apartemen di Indonesia,1,Artis,7,Automotive,11,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,cara cepat sewa dan jual apartemen,1,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,24,Culture,8,English Zone,10,Events,21,Featured,33,Fitness,6,Gym,1,Hotel,10,I-Sing,10,Info,1,International,13,jual apartemen,1,Kesehatan,3,Lifestyle,88,Lomba,2,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,12,PPG SM-3T,16,Resep Masak,2,Review,27,Riau,16,Rommentiq,15,rukamen,1,sewa apartemen,1,Shopping,8,Singapore,11,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,20,Timor Leste,1,Tips,33,Transportation,6,Travel,73,Viral,42,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Tips Menulis Cerita Perjalanan di Blog
Tips Menulis Cerita Perjalanan di Blog
Tips Menulis Artikel Blog Travel, cara gampang menulis artikel, cara menulis blog, tips menulis artikel untuk blog, Tips Menulis Cerita Perjalanan di Blog
https://2.bp.blogspot.com/-oXtnlirpl4E/V7LXysh7wHI/AAAAAAAAPG4/ZwyUsdiqZtYc1_yHAE_F6Q1yqmoFUwMtQCK4B/s1600/DSC0042HVFHG0.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-oXtnlirpl4E/V7LXysh7wHI/AAAAAAAAPG4/ZwyUsdiqZtYc1_yHAE_F6Q1yqmoFUwMtQCK4B/s72-c/DSC0042HVFHG0.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/08/tips-menulis-artikel-blog-travel-ala.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/08/tips-menulis-artikel-blog-travel-ala.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy