Cara Snorkeling untuk Pemula



5 Tips Snorkeling Bagi Pemula, cara snorkeling dengan tepat, cara mudah berenang

Mirwaners, apakah anda sedang mencari tips cara snorkeling bagi pemula? Ohya, udah pernah snorkeling? Atau ingin mencoba bersnorkeling ria? Saya rasa mungkin hampir semua orang ingin bernosrkeling ria. Apa sih snorkeling itu? Snorkeling atau bisa juga disebut selam dangkal adalah suatu kegiatan berenang ria di air, jangan berenang dipasir ya. Menyelam di air dangkal ini biasanya memakai peralatan berupa masker selam dan snorkel dan juga memakai alat bantu gerak berupa kaki katak atau sirip selam atau fin atau apalah istilahnya, pokoknya sepatu yang mirip dengan kaki katak atau kaki bebek gitu untuk menambah daya dorong pada kaki.

Mirwaners, ketahuilah bahwa bersnorkeling ria di air bisa dilakukan oleh siapa saja. Yang tua, yang muda, anak-anak, cewek, cowok, pokoknya semua orang bisa melakukan hal ini. Bahkan orang yang tidak bisa berenang juga bisa bersnorkeling ria. Orang yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur yang ada di air. Jangan seperti saya kemaren yah. Kemaren saya snorkeling cuma pakai celana pendek dan singlet doang. Yang pada akhirnya kulit saya luka-luka dan lecet akibat tergores batu karang.

5 Tips Snorkeling Bagi Pemula, cara snorkeling dengan tepat, cara mudah berenang

Berdasarkan pengalaman saya,  sebagai pemula, ada beberapa hal yang harus kita lakukan jika bersnorkeling ria.  Hal-hal tersebut adalah seperti berikut.

1. Cek peralatan snorkeling 

Sebelum mulai terjun bebas ke air, cek dulu ya peralatan snorkeling anda. Periksa lah peralatan yang diperlukan untuk snorkeling seperti masker, sepatu kaki katak, dan juga baju pelampung. Periksalah peralatan tersebut apakah masih layak dipakai. Dan juga jangan lupa pahami terlebih dahulu cara makainya.

2. Cobain dulu peralatannya 

Ada beberapa peralatan yang perlu anda coba sebelum terjun agar anda terlatih. Contoh nya bernafas dengan peralatan snorkel. Bernafas normal seperti biasa itu berbeda dengan bernafas dengan menggunakan perlatan snorkel. Oleh karena itu, anda perlu mencoba dan latihan terlebih dahulu agar anda merasa nyaman dan tidak panik saat di air. Ingat! Mungkin saja air laut masuk ke dalam peralatan snorkeling anda karena ombak tidak menentu. Jangan panik dan bersihkanlah peralatan snorkel anda dengan cara mengehembuskan kuat-kuat dengan mulut sehingga airnya keluar memalui corong snorkel. Kemudia anda bisa bernafas lagi seperti biasa. Ingat! Buatlah diri anda senyaman mungkin saat berada di air. Jangan panik.

3. Snorkelinglah bersama teman

Saya sarankan agar anda bernorkeling ria bersama teman-teman anda. Hindari snorkeling sendirian. Dan jika udah di air, jangan terlalu jauh dari teman anda. Karena jika terjadi apa-apa pada anda, teman anda akan segera menolong.

5 Tips Snorkeling Bagi Pemula, cara snorkeling dengan tepat, cara mudah berenang

4. Perhatikan Keadaan Sekitar

Perhatikan terlebih dahulu keadaan sekitar, apakah keadaan aman? Apakah ada buayanya? Apakah ada ikan buas nya? Apakah gelombangnya kuat? Apakah ada saya disitu? Hehehe... Pastikan keadaan lingkungan anda aman sebelum menyelam yah. Jangan gara-gara pemandangan lautnya terlalu indah sehingga anda terlena dan langsung nyebur. Hati-hati ya.


5. Jaga keindahan dan kelestarian alam

Gak hanya keselamatan diri anda yang perlu dijaga, tapi juga keindahan dan kelestarian alam laut juga perlu anda perhatikan. Jangan sampai anda merusak terumbu karang dam komponen-komponen laiinya yang ada dibawah laut dan jangan buang sampah sembarangan.

Oke, itulah cara snorkeling bagi pemula dari saya. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang pemula. Bagi anda yang udah expert yah mungkin tips-tips ini udah gak berguna lagi. Hehehe... Jika ada yang ingin menambahkan tipsnya silakan tarok dikolom komentar yah.

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


24 comments

mantap tipsnya kak. tapi kalo ga bs berenang gimana kak

10/14/2016

serunya kerasa sampe dimari mas...

10/14/2016

Maaf sebelumnya nih kang apakah itu pada point ke lima bener tulisannya emang "jangan" atau typo yang harus nya "Jaga".

Snorkling memang asyik dilakukan sama teman-teman ya kang selain asyik juga keselamatan insyaallah akan terjaga, apalagi untuk pemula mah wajib hukumnya :-)

10/14/2016

eh. itu typo ya. kok jangan keindahan. hehe.

Wah. menarik. aku belajar snorkeling otodidak kok . dan kalau di pantai langsung emang lebih mudah belajarnyaa dibanding harus belajar dlu di kolam. hehe

salam kenal ya mas.
mari kunjung blog sy insanwisata.com

10/14/2016

Keren mas tipsnya :)
tapi aku gak bisa brenang nih mas :D

agk trauma kalau brenang, dulu gara2 waktu SD, praktek renang, aku di tenggelamkan, dan smpe skrang setiap mendegnar suara keras, telinga yang satuku sakit... :(

saya dulu pernah coba, dan itu kurasa sangat sulit mas untuk mengatur pernafasan dari selang itu..

10/14/2016

Kalau gak bisa berenang bisa juga kok snorkeling. Kan cuma ngapung doang dipermukaan air karena udah pake baju pelampung. Trus kepalanya ditenggelamin. Dan kaki digerak-gerakin dikit. :)

10/14/2016

Hehehe... iya seru banget mas.

10/14/2016

Iya mas. Typo, salah ketik. Makasih ya udah mengoreksi.

Bener banget. Gak asik kalau kita snorkeling sendirian apa lagi untuk pemula tidak dianjurkan untuk snorkeling sendirian.

10/14/2016

Iya mas :) Typo, salah ketik. Makasih ya udah mengoreksi.

Belajar snorkelingnya otodidak ya? Waah.. sama dong kita. MAlahan saya gak ada pake belajar-belajar. Kemaren itu pertama kali nyoba langsung di laut.

Salam kenal juga ya mas.

10/14/2016

Ooohh... kalau memang udah trauma sih ya agak susah yah. Pernah ditenggelamin yah? Hehehehe... Kerjaan siapa tu mas?

10/14/2016

Iya sih. Saya juga kemaren pertama kali nyobanya, memang agak sulit ngatur nafasnya.

10/14/2016

Hal bikin kapok saat snorkling adalah ketika aku nginjek bulu babi.... rasanya udah males banget berenang padahal lagi asyik2nya... itu yang bikin aku gak mau snorkling kalo gak pake costume lengkap...

10/14/2016

Hahhaha... Bulu babi itu kalau terinjek kan gak ngaruh apa-apa kan? Atau kaki jadi gatel ya? Maklum aja saya belum pernah terinjek.

10/15/2016

Mantap tipsnya. Wah ... Snorkelinglah bersama teman itu enak bangat dan seru abiz. Selama teman itu nggak jaim.

10/15/2016

Bener banget mas. Tapi kalau udah namanya teman, apa lagi teman dekat, ya pasti gak pake jaim-jaim lagi kalau ngelakuin sesuatu.

10/15/2016

iyess kesalahan kebanyakan orang, pas snorkling malah buka baju... harusnya pake baju panjang, heuheuheu

10/15/2016

Iya mas. Lecet-lecet badan saya mas kemaren karena gak paje baju panjang. Hehehe...

Tipsnya boleh neh. Andaikan bisa renang, pengen banget deh snorkeling, pasti seru sekali ya.

10/15/2016

Iya seru banget mbak Liswanti. By the way, mbak belum bisa berenang ya? Coba aja mbak, kan pake baju pelampung. Gak bakalan tenggelam :)

snorkling di laut enak tuh.. luas soalnya.
hehehehe

10/24/2016

kalo yanh engga bisa berenang tetep aja agak panik mau snorkling

10/24/2016

Ya asik banget. Bikin ketagihan deh pokoknya.

10/24/2016

Iya sih mas, tapi coba aja, mungkin paniknya sebentar aja.

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Cara Snorkeling untuk Pemula
Cara Snorkeling untuk Pemula
Cara Snorkeling Bagi Pemula, cara snorkeling dengan tepat, cara mudah berenang
https://4.bp.blogspot.com/-cH48G68hFRU/WABVhB6ZuwI/AAAAAAAAPx4/8mennu7fTiU7MSkqDZHu2ng1doQA9sNbwCK4B/s1600/IMG_2878.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-cH48G68hFRU/WABVhB6ZuwI/AAAAAAAAPx4/8mennu7fTiU7MSkqDZHu2ng1doQA9sNbwCK4B/s72-c/IMG_2878.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/10/cara-snorkeling-bagi-pemula.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/10/cara-snorkeling-bagi-pemula.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy