Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Snorkeling untuk Pemula

5 Tips Snorkeling Bagi Pemula, cara snorkeling dengan tepat, cara mudah berenang

Mirwaners, apakah anda sedang mencari tips cara snorkeling bagi pemula? Ohya, udah pernah snorkeling? Atau ingin mencoba bersnorkeling ria? Saya rasa mungkin hampir semua orang ingin bernosrkeling ria. Apa sih snorkeling itu? Snorkeling atau bisa juga disebut selam dangkal adalah suatu kegiatan berenang ria di air, jangan berenang dipasir ya. Menyelam di air dangkal ini biasanya memakai peralatan berupa masker selam dan snorkel dan juga memakai alat bantu gerak berupa kaki katak atau sirip selam atau fin atau apalah istilahnya, pokoknya sepatu yang mirip dengan kaki katak atau kaki bebek gitu untuk menambah daya dorong pada kaki.

Mirwaners, ketahuilah bahwa bersnorkeling ria di air bisa dilakukan oleh siapa saja. Yang tua, yang muda, anak-anak, cewek, cowok, pokoknya semua orang bisa melakukan hal ini. Bahkan orang yang tidak bisa berenang juga bisa bersnorkeling ria. Orang yang tidak bisa berenang atau tidak bisa mengapung bisa mengenakan baju pelampung. Ketika menyelam di air bersuhu rendah, penyelam memakai baju selam untuk menjaga tubuh dari kedinginan. Selain itu, baju selam merupakan pelindung tubuh dari luka tergores terumbu karang atau sengatan ubur-ubur yang ada di air. Jangan seperti saya kemaren yah. Kemaren saya snorkeling cuma pakai celana pendek dan singlet doang. Yang pada akhirnya kulit saya luka-luka dan lecet akibat tergores batu karang.

5 Tips Snorkeling Bagi Pemula, cara snorkeling dengan tepat, cara mudah berenang

Berdasarkan pengalaman saya,  sebagai pemula, ada beberapa hal yang harus kita lakukan jika bersnorkeling ria.  Hal-hal tersebut adalah seperti berikut.

1. Cek peralatan snorkeling 

Sebelum mulai terjun bebas ke air, cek dulu ya peralatan snorkeling anda. Periksa lah peralatan yang diperlukan untuk snorkeling seperti masker, sepatu kaki katak, dan juga baju pelampung. Periksalah peralatan tersebut apakah masih layak dipakai. Dan juga jangan lupa pahami terlebih dahulu cara makainya.

2. Cobain dulu peralatannya 

Ada beberapa peralatan yang perlu anda coba sebelum terjun agar anda terlatih. Contoh nya bernafas dengan peralatan snorkel. Bernafas normal seperti biasa itu berbeda dengan bernafas dengan menggunakan perlatan snorkel. Oleh karena itu, anda perlu mencoba dan latihan terlebih dahulu agar anda merasa nyaman dan tidak panik saat di air. Ingat! Mungkin saja air laut masuk ke dalam peralatan snorkeling anda karena ombak tidak menentu. Jangan panik dan bersihkanlah peralatan snorkel anda dengan cara mengehembuskan kuat-kuat dengan mulut sehingga airnya keluar memalui corong snorkel. Kemudia anda bisa bernafas lagi seperti biasa. Ingat! Buatlah diri anda senyaman mungkin saat berada di air. Jangan panik.

3. Snorkelinglah bersama teman

Saya sarankan agar anda bernorkeling ria bersama teman-teman anda. Hindari snorkeling sendirian. Dan jika udah di air, jangan terlalu jauh dari teman anda. Karena jika terjadi apa-apa pada anda, teman anda akan segera menolong.

5 Tips Snorkeling Bagi Pemula, cara snorkeling dengan tepat, cara mudah berenang

4. Perhatikan Keadaan Sekitar

Perhatikan terlebih dahulu keadaan sekitar, apakah keadaan aman? Apakah ada buayanya? Apakah ada ikan buas nya? Apakah gelombangnya kuat? Apakah ada saya disitu? Hehehe... Pastikan keadaan lingkungan anda aman sebelum menyelam yah. Jangan gara-gara pemandangan lautnya terlalu indah sehingga anda terlena dan langsung nyebur. Hati-hati ya.


5. Jaga keindahan dan kelestarian alam

Gak hanya keselamatan diri anda yang perlu dijaga, tapi juga keindahan dan kelestarian alam laut juga perlu anda perhatikan. Jangan sampai anda merusak terumbu karang dam komponen-komponen laiinya yang ada dibawah laut dan jangan buang sampah sembarangan.

Oke, itulah cara snorkeling bagi pemula dari saya. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda yang pemula. Bagi anda yang udah expert yah mungkin tips-tips ini udah gak berguna lagi. Hehehe... Jika ada yang ingin menambahkan tipsnya silakan tarok dikolom komentar yah.

24 komentar untuk "Cara Snorkeling untuk Pemula"

  1. mantap tipsnya kak. tapi kalo ga bs berenang gimana kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gak bisa berenang bisa juga kok snorkeling. Kan cuma ngapung doang dipermukaan air karena udah pake baju pelampung. Trus kepalanya ditenggelamin. Dan kaki digerak-gerakin dikit. :)

      Hapus
  2. serunya kerasa sampe dimari mas...

    BalasHapus
  3. Maaf sebelumnya nih kang apakah itu pada point ke lima bener tulisannya emang "jangan" atau typo yang harus nya "Jaga".

    Snorkling memang asyik dilakukan sama teman-teman ya kang selain asyik juga keselamatan insyaallah akan terjaga, apalagi untuk pemula mah wajib hukumnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Typo, salah ketik. Makasih ya udah mengoreksi.

      Bener banget. Gak asik kalau kita snorkeling sendirian apa lagi untuk pemula tidak dianjurkan untuk snorkeling sendirian.

      Hapus
  4. eh. itu typo ya. kok jangan keindahan. hehe.

    Wah. menarik. aku belajar snorkeling otodidak kok . dan kalau di pantai langsung emang lebih mudah belajarnyaa dibanding harus belajar dlu di kolam. hehe

    salam kenal ya mas.
    mari kunjung blog sy insanwisata.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas :) Typo, salah ketik. Makasih ya udah mengoreksi.

      Belajar snorkelingnya otodidak ya? Waah.. sama dong kita. MAlahan saya gak ada pake belajar-belajar. Kemaren itu pertama kali nyoba langsung di laut.

      Salam kenal juga ya mas.

      Hapus
  5. Keren mas tipsnya :)
    tapi aku gak bisa brenang nih mas :D

    agk trauma kalau brenang, dulu gara2 waktu SD, praktek renang, aku di tenggelamkan, dan smpe skrang setiap mendegnar suara keras, telinga yang satuku sakit... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooohh... kalau memang udah trauma sih ya agak susah yah. Pernah ditenggelamin yah? Hehehehe... Kerjaan siapa tu mas?

      Hapus
  6. saya dulu pernah coba, dan itu kurasa sangat sulit mas untuk mengatur pernafasan dari selang itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Saya juga kemaren pertama kali nyobanya, memang agak sulit ngatur nafasnya.

      Hapus
  7. Hal bikin kapok saat snorkling adalah ketika aku nginjek bulu babi.... rasanya udah males banget berenang padahal lagi asyik2nya... itu yang bikin aku gak mau snorkling kalo gak pake costume lengkap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha... Bulu babi itu kalau terinjek kan gak ngaruh apa-apa kan? Atau kaki jadi gatel ya? Maklum aja saya belum pernah terinjek.

      Hapus
  8. Mantap tipsnya. Wah ... Snorkelinglah bersama teman itu enak bangat dan seru abiz. Selama teman itu nggak jaim.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas. Tapi kalau udah namanya teman, apa lagi teman dekat, ya pasti gak pake jaim-jaim lagi kalau ngelakuin sesuatu.

      Hapus
  9. iyess kesalahan kebanyakan orang, pas snorkling malah buka baju... harusnya pake baju panjang, heuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Lecet-lecet badan saya mas kemaren karena gak paje baju panjang. Hehehe...

      Hapus
  10. Tipsnya boleh neh. Andaikan bisa renang, pengen banget deh snorkeling, pasti seru sekali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seru banget mbak Liswanti. By the way, mbak belum bisa berenang ya? Coba aja mbak, kan pake baju pelampung. Gak bakalan tenggelam :)

      Hapus
  11. snorkling di laut enak tuh.. luas soalnya.
    hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya asik banget. Bikin ketagihan deh pokoknya.

      Hapus
  12. kalo yanh engga bisa berenang tetep aja agak panik mau snorkling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih mas, tapi coba aja, mungkin paniknya sebentar aja.

      Hapus