Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Jitu Bikin Video Mannequin Challenge

6 Tips Jitu Bikin Video Mannequin Challenge

Kalau dulu lagi ngehits foto Up and Up, dimana ada objek seperti ikan diatas awan, nah sekarang ini yang lagi ngehits adalah video Mannequin Challenge. Mirwaners, seperti yang kita lihat di media sosial akhir-akhir ini banyak sekali orang-orang bikin video Mannequin Challenge yang mana orang-orang dalam video tersebut diam, tidak bergerak seperti patung. Video seperti ini lagi ngehits sekarang ini. Yang membuat video unik ini dari berbagai kalangan, mulai dari para remaja, anak mudah, bahkan yang udah tua pun ikut meramaikan video seperti ini.

Untuk membuat video ini memang kelihatan gampang. Tapi sebenarnya kalau kita tidak teliti dalam membuat video Mannequin Challenge ini, maka hasilnya akan kelihatan ala-ala gitu sehingga penonton tidak terpukau sama sekali dengan video yang dibuat. Oleh karena itu, disini saya akan berbagi sedikit tips jitu membuat video Mannequin Challenge ini.

A video posted by MIRWANS.COM (@mirwanscom) on

1. Pilih Ide Video yang Menarik

Jika anda lihat di Instagram dan coba cari postingan dengan hshtag #mannequinchallenge, maka anda akan temuo lebih dari 650ribu posting. Jumlah postingan tersebut akan terus bertambah seiring dengan waktu. Bila anda ingin tampil beda dari yang lain, coba pikirkan ide kreatif yang unik seperti memilih lokasi, orang-orang dengan gaya yang unik.

2. Buat Rute pergerakan kamera

Walaupun video Mannequin Challenge ini dapat dibuat dengan sangat gampang, namun tidak semua video bisa berhasil membuat penonton terpukau seperti yang saya sebutkan tadi. Jadi, hal yang pertama yang sebaiknya anda lakukan adalah rute pergerakan kamera yang keren. Untuk melakukan hal ini, sebaiknya pilih ruangan yang cukup luas agar banyak personel yang dapat ikut serta. Setelah itu anda dapat menentukan arah kamera sehingga semua peserta dapat masuk kamera serta durasi video yang direkam cukup panjang.


3. Bikin Pose Body dengan gaya yang lucu

Untuk membuat penonton terpukau dan terkesan, buatlah gerakan yang lucu, sesuai dengan keadaan, dan bisa saja mengundang tawa para penonton. Tapi usahakan gerakan yang akan dilakukan nyaman dengan posisi tubuh, sehingga tidak mudah goyah sampai akhir video.

4. Usahakan Tahan napas Anda selama mungkin

Menahan nafas merupakan salah satu faktor kesuksesan dalam membuat video Mannequin Challenge ini. Karena bagian dada dan perut tidak boleh ada pergerakan. Saat kamera sedang merekam anda, usahakan tubuh tetap tegap dan kontrol emosi sehingga tidak menimbulkan tawa sendiri. Bila kamera sudah selesai merekam anda, maka kembalilah bernapas dengan biasa.

5. Gunakan barang-barang yang lucu dan unik

Barang-barang unik juga bisa mendukung video yang anda buat menjadi menarik dan memukau. Barang-barang yang bisa anda gunakan contohnya buku yang dibuka, lempar-lemparan bantal, atau gerakan membawa nampan bak pelayan, atau yang lainnya. Manfaatkan barang-barang yang ada di sekitar anda supaya video makin menarik untuk dinikmati.

6. Rekamlah video dengan tenang

Hindari membuat video dengan cepat karena gambar cepat akan membuat penonton tidak bisa menikmati gambar yang sudah kita rekam. Untuk membuat video ini, anda harus merekamnya dengan gerakan halus dan setenang mungkin. Kalau anda menggunakan handphone, anda sebaiknya gerakkan handphone dengan pelan atau jika menggunakan kamera digital, gunakan stabilizernya agar videonya kelihatan lebih keren.

12 komentar untuk "6 Tips Jitu Bikin Video Mannequin Challenge"

  1. wah, memang belakangan ini sering melihat video seperti inu. Tp tdk tau klo lagi trend dan namanya seperti itu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, video kayak gini memang lagi ngehits banget.

      Hapus
  2. Wah keren mas, akhir-akhir ini aku memang sering melihat video seperti ini. Bisa nih dicoba tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, akhir-akhir ini memang banyak kita temukan video-video kayak gini di sosmed. Mas juga harus coba bikin. Hehe

      Hapus
  3. yang bikin menarik memang rute camera sih, itu makin gesit dan smooth makin bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita harus bisa membuat rute cameranya supaya lebih menarik videonya.

      Hapus
  4. wkwkwk..ada lagi yak namanya manequin video. Wah anak muda pada kreatif kreatif yak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sekarang anak muda makin kreatif aja.

      Hapus
  5. Wah kekinian ya... haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Riz. Udah pernah bikin yang kek gini belum?

      Hapus