Cara Jitu Melawan Opini Sesat di Sosmed



Cara Melawan Opini Sesat di Sosmed

Mirwaners, kita sama-sama tau deh sekarang ini lagi heboh disemua jenis media tentang seorang calon gubernur yang telah menistakan agama Islam. Dikarenakan penistaan ini, umat Islam di Indonesia ya menjadi marah dan minta calon gubernur tersebut untuk di adili. Dan dalam beberapa minggu ini, sambil menunggu calon gubernur tersebut diadili, para pendukung calon gubernur tersebut mulai gencar menteror medsos, menyebarluaskan opini-opini menyesatkan, memelintir fakta, untuk menimbulkan kesan bahwa calon gubernur tersebut tidak bersalah seperti mana yang kita lihat di Facebook, Twitter dan media sosial lainnya. Oleh karena itu, untuk melawan opini-opini yang menyesatkan dan memutarbalikkan fakta itu, berikut saya bagikan beberapa tips untuk anda lakukan.

Yang harus anda lakukan adalah:


1. Membuat opini-opini yang benar untuk melawan opini-opini mereka.

2. Jika bisa, silakan counter opini sesat mereka dengan opini yang benar. Caranya, buatlah status atau posting di akun anda sendiri (BUKAN menulis komentar di posting mereka), lalu ajak teman-teman lain untuk men-share posting anda tersebut.

3. Jika Anda menemukan status atau posting yang berisi opini-opini yang benar, segera di-share agar bisa melawan opini-opini mereka yang sesat tersebut. Ajak teman-teman lain juga untuk men-share.

4. Tidak perlu medebat mereka. Tak ada gunanya, hanya buang-buang waktu dan energi. Yang perlu Anda lakukan adalah men-share sebanyak mungkin opini yang benar, agar bisa mengcounter opini-opini sesat mereka.

5. Sampaikan opini anda dengan cara-cara yang baik, santun, beretika, dan saling menghargai. Hindari fitnah, caci-maki, tuduhan tanpa dasar, dan sebagainya. Anda harus bisa membuktikan bahwa ANDA BEDA dari mereka yang memang hobi fitnah, dst.

6. Cuekin saja jika anda dihina, dibully, dicaci-maki, bahkan difitnah atau diancam. Namanya perjuangan, tentu penuh dengan banyak gangguan. Luruskan niat demi Allah Semata, berjuang dengan ikhlas, sehingga reaksi-reaksi negatif mereka akan terasa sangat tidak penting untuk ditanggapi.

Demikianlah tips yang perlu anda lakukan. Tips ini saya kutip dari fanpage Facebook seseorang. Semoga tips ini bermanfaat dalam situasi seperti ini. Semoga negaraku, Indonesia, lebih baik kedepannya. Amin!

Mirwan Choky

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


19 comments

Sebelum share pastikan media yang di share adalah media resmi yang track recordnya positif dan punya struktur organisasi yang jelas. Bukan media abal2.

11/08/2016

Iya bener banget mbak. Sebelum share pastikan media yang di share adalah media resmi yang track recordnya positif. BUkan media abal-abal.

11/08/2016

Ngak usah di debat karena melelahkan, mending kasih bukti2 yg benar aja yaaa

11/09/2016

Iya mas Cum, kemaren saya pernah debat-debat gitu di Twitter, tapi akhirnya bikin capekkkk!

debat kusir itu ga ada gunanya cuma menghabiskan energi.

debat kusir itu ga ada gunanya cuma menghabiskan energi.

11/09/2016

Setuju mas. Kalau mereka ngajak debat pokoknya jangan diladenin lah, bakalan gak ada habis-habisnya.

jarang banget berdebat di sosmed...ga bakal kelar, yang ada malah capek. apalagi gada data2 yang bsa dipertanggungjawabkan.

11/09/2016

Iya mas, bener. Gak bakal kelar, yang ada malah capek sendiri. lebih baik kita update yang jelas-jelas aja, gak memutar balikkan fakta.

berdebat akan menciptakan debat baru dan akan ada pihak yang menjadi kompor dan kipas. sehingga hasilnya akan sama sama gosong hehehehe

11/09/2016

Setuju mas. Makanya seharusnya kita menghindari perdebatan, dimana pun kita berada.

Kalau saya mah jarang kang buka sosmed karena gituh gituh saja, tapi sosmed juga penting karena bisa mengetahui informasi terbaru, dan kalau saya mah suka pergunakannya sosmed sebagai media untuk mengetahui informasi dan perkembangan terbaru kang.

11/09/2016

Mantap tu mas kalau memang jarak buka sosmed. Karena orang-orang kadang-kadang salah menggunakan sosmed. Pokoknya kita gunain sosmed hanya untuk hal-hal yang positif aja ya mas.

11/10/2016

Lagi ramai banget ya di sosmed. Duh duh duh...

11/10/2016

Iya bro, lagi heboh di Facebook, Twitter dan sosmed lainnya.

Sejauh ini belum pernah baca yang versi dari tim Ahok, mungkin karena jarang buka sosmed sayanya :D.

Daripada liat yang debat opini aku sih mending piknik mas :3

11/10/2016

Hehhe... di Facebook dan Twitter ada banyak tu mbak.

11/10/2016

Iya sih mbak, tapi debatnya itu muncul terus di depan mata, jadi susah. Hehehe...

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Cara Jitu Melawan Opini Sesat di Sosmed
Cara Jitu Melawan Opini Sesat di Sosmed
Cara Jitu Melawan Opini Sesat di Sosmed, cara menghadapi hoax di sosial media
https://4.bp.blogspot.com/-2HbaZ0ilLWo/WCFoKbDLO1I/AAAAAAAAP5w/wwkFRmbkOAovB6xjoIOute_pfn7F7exYACK4B/s1600/XCZ.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-2HbaZ0ilLWo/WCFoKbDLO1I/AAAAAAAAP5w/wwkFRmbkOAovB6xjoIOute_pfn7F7exYACK4B/s72-c/XCZ.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/11/cara-melawan-opini-sesat-di-sosmed.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/11/cara-melawan-opini-sesat-di-sosmed.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy