6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat di Museum



Mirwaners, bagi anda yang hobinya travelling atau jalan-jalan, pasti begitu banyak destinasi atau tempat wisata yang anda kunjungi. Dari sekian banyak destinasi, sudah tentunya salah satu yang anda kunjungi adalah museum. Apa itu museum? Museum itu adalah sebuah lembaga yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Museum ini berfungsi untuk mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian dan kesenangan ataupun hiburan.

Aceh Tsunami Museum

Namun, ketika anda akan berkunjung di sebuah museum, anda harus memperhatikan peraturan-peraturan yang ada di museum tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, pada umumnya, hal-hal yang harus anda perhatikan saat berada di museum adalah seperti berikut:


1. Berhati-hati lah Saat Melangkah

Saat anda berada di museum, berhati-hatilah dalam melangkah mengelilingin museum dan perhatikan juga dengan saksama lantai dan jalanan yang anda lewati. Biasanya di lantai ada banyak tanda-tanda atau garis penanda yang wajib anda perhatikan. Selain itu, perhatikanlah selalu sekeliling anda agar tidak sampai menabrak atau menginjak sesuatu yang tidak seharusnya di injak atau ditabrak agar anda tidak merusak karya seni yang ada.


2. Jangan Sembarangan Menyentuh

Aceh Tsunami Museum

Jika anda ketemu sesuatu seperti karya seni yang membuat anda ingin menyentuhnya, jangan langsung menyentuh. Perhatikan lah terlebih dahulu secara seksama struktur karya seni yang akan anda sentuh. Perkirakan apa yang bakalan terjadi jika anda menyentuhnya. Jika disentuh, apakah benda tersebut akan rusak sehingga bisa merugikan anda dan orang lain. Hal ini seharusnya sudah dimengerti oleh semua orang, tapi sayangnya seperti yang kita lihat dimuseum-museum saat ini, masih saja ada kejadian ketika pengunjung masih menyentuh karya seni yang dipamerkan hampir di setiap museum tanpa bertanya ke Guide nya terlebih dahulu.


3. Jangan Berisik dan Jaga Ketentraman

Dimana-mana pun jika kita ketemu orang yang berisik, sebagian orang akan merasa terganggu. Contohnya, berisik di museum. Jika anda berisik di museum, maka akan mengganggu orang-orang di sekitar anda yang sedang berusaha menikmati dan mengamati karya yang dipajang di sana. Memang hal yang menyebalkan ketika sedang asik melihat-lihat pameran di sekeliling, tiba-tiba ada suara berisik anak-anak berteriak atau segerombolan orang yang gak berhenti ngobrol.


4. Hindari Menjawab Panggilan Telepon dalam Ruangan

Jika ada panggilan masuk, maka janganlah menjawabnya. Jika panggilan penting, maka usahakan anda keluar terlebuh dahulu dari ruangan untuk menjawab telepon. Atau komunikasi lewat chatting saja. Karena menjawab telepon gak hanya mengganggu orang lain di sekitar anda, tapi juga mengganggu pengalaman anda juga.

5. Jangan Makan dan Merokok didalam Museum

Pada umumnya, pengunjung akan dilarang untuk makan, minum atau merokok didalam ruangan museum, karena selain mengganggu kosentrasi orang lain, anda dikhawatirkan akan merusak karya seni yang ada di museum secara nggak sengaja. Kalau memang ingin makan, pergilah ke cafe yang ada yang terdekat di museum tersebut. Sekarang kebanyakan museum juga sudah menyediakan cafe dan restoran lezat kok.

6. Hindari Menggunakan Flash Saat Memotret

Jaman sekarang ini promo kamera dan gadget murah banyak bertebaran di toko-toko online. Sehingga dapat dipastikan bahwa hampir semua orang punya kamera dan pasti ingin memotret ketika mereka sedang melakukan sesuatu. Apalagi kalau lagi di Museum. Jika anda ingin memotret di museum yang memang jika diperbolehkan untuk memotret, pastikan flash dalam kondisi mati karena flash kamera anda bisa saja merusak materi yang digunakan untuk menciptakan artefak atau karya seni yang ada. Beberapa barang antik terkadang memang sangat sensitif sehingga memang harus diperlakukan dengan sangat hati-hati.

Aceh Tsunami Museum

Deimikianlah hal-hal yang harus anda perhatikan ketika sedang berada di museum. Museum memang bukan hanya sekadar tempat dimana untuk melihat-lihat, cekrek sana cekrek sini, dan sambil lalu lalang begitu saja. Peraturan yang sedang berlaku di dalam museum juga perlu anda perhatikan agar gak sampai terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti rusaknya karya seni atau mengganggu orang lain yang ada di dalam museum tersebut.

12 comments

12/13/2016

Jangan mojok pacaran.. Hahahahha

12/13/2016

Hahahaa... iya juga ya.

kadang sebel kalo pas lagi di museum ada orang yang berisik dan berbicara dg suara yang keras

nah penggunaan flash ini sebenarnya dilema, di dalam ruangan museum biasanya pencahayaannya kkurang/redup. dan flash sangat dibutuhkan jika ingin memotret di tempat tsb

12/14/2016

Bener banget mas. Bicara dengan suara keras seenaknya dan gak mandang orang di sekeliling lagi.

12/14/2016

Iya sih, tapi sebelum menggunakan flash ada baiknya kita lihat-lihat dulu benda-benda yang ada disekeliling, kalau memang memungkin untuk menggunakan flash ya kita pakai aja.

Anonymous
12/14/2016

Tapi kadang ada juga museum yang pake tur guide.. jd berisik.. hehehe...

Aku pernag tuh ke museum wayang di kota tua. Ya ampuuuunnnnnn gak nyaman banget. Banyak orang2 duduk di lantai yang bikin orang lain susah jalan. Bete banget

12/14/2016

Iya juga sih, tapi kalau guide nya yang ngomong biasanya hanya ngomong tentang museum aja dan memberikan info2 tentang museum yg di kunjungi. Jadi pengunjung bisa mendengarkan nya.

12/14/2016

Ooh gitu ya. Mungkin mereka belum baca peraturan yang ada di museum tersebut, atau mungkin peraturannya belum di bikin sehingga mereka duduk2 dijalan yang membuat pengunjung lain susah lewat.

Jangan menyentuh sembarangan. Jadi inget mr. Bean yang berani nyentuh lukisan, jadinya malah merusak lukisan he he he.
BTW, bagian dalam musiumnya artistik ya...bagus!

12/14/2016

Hahaha.. iya mbak. Saya juga pernah nonton film Mr. Bean yang itu.
Museum Tsunami Aceh ini memang keren banget seni nya mbak. Pak Ridwan Kamil yang merancangnya.

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa follow dan share ya.
Name

Aceh,44,Affiliate,1,Artis,7,Automotive,14,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,26,Culture,8,English Zone,11,Events,22,Featured,33,Finance,5,Fitness,6,Gym,1,Hotel,10,I-Sing,10,Info,1,International,14,Kesehatan,3,Lifestyle,92,Lomba,2,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,13,PPG SM-3T,16,Property,3,Religi,1,Resep Masak,2,Review,26,Riau,16,Rommentiq,17,Shopping,8,Singapore,12,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,24,Timor Leste,1,Tips,38,Transportation,6,Travel,77,Viral,43,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: 6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat di Museum
6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat di Museum
6 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat di Museum, tips travelling ke museum, cara dan etika berkunjung ke museum
https://1.bp.blogspot.com/-TqlKNBVK6mI/WE_QEyGEwvI/AAAAAAAAQLM/k0scUV7h0cUsnEYiAytDW6ykrPCzys2AgCK4B/s1600/IMG_20161204_154510.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TqlKNBVK6mI/WE_QEyGEwvI/AAAAAAAAQLM/k0scUV7h0cUsnEYiAytDW6ykrPCzys2AgCK4B/s72-c/IMG_20161204_154510.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2016/12/6-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-di.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2016/12/6-hal-yang-harus-diperhatikan-saat-di.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy