Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Penyebab Anak Aceh Cepat Pulih dari Trauma Gempa

Anak korban gempa aceh pidie jaya

Mirwaners, seperti mana yang kita ketahui, pada Rabu, 6 Desember 2016 pukul 05.03 WIB, kemaren, Aceh kembali mendapat ujian dari Allah SWT. Gempa bumi berskala 6,5 skala richter mengguncang wilayah Pidie Jaya, Aceh. Gempa ini berpusat di darat pada koordinat 5,19 ° LU dan 96,38 BT dengan kedalaman 10 kilometer. Akibat dari gempa ini, banyaknya kerusakan yang terjadi disebabkan karena jarak antara pusat gempa dengan permukaan sangat dekat dan energi yang dilepaskan besar, sehingga ketika mencapai permukaan gelombang dengan energi yang besar ini bersifat merusak.

Beberapa hari kemudian, alhamdulillah, saya dan teman-teman mendapat kesempatan untuk mengunjungi daerah yang terkena bencana tersebut. Selain untuk menyalurkan bantuan, kami juga membuat suatu kegiatan yang disebut TraumaHealing untuk anak-anak disana. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, anak-anak disana memang trauma untuk masuk ke dalam rumah sendiri setelah peristiwa gempa itu terjadi. Oleh karena itu, kami pun buat kegiatan Trauma Healing ini. Dah alhamdulillah, diberita akhir-akhir ini, anak-anak disana pun sudah kembali seperti biasa atas doa dan batuan dari berbagi pihak.

Anak korban gempa aceh pidie jaya

Anak-anak Aceh memang kuat, bisa cepat kembali dari trauma bencana gempa tersebut. Menurut Kak Seto di JPNN, psikis anak-anak Aceh bisa pulih kembali dengan cepat karena ada beberapa faktor. Faktor paling utama yakni, adanya pendidikan agama Islam yang kuat di lingkungan pengungsian bencana tersebut. Anak-anak di sana bisa beradaptasi dengan kondisi yang terbatas. Karakter anak-anak yang mengenyam pendidikan agama Islamdengan kuat jadi faktor kunci pemulihan emosi dan spiritual. Selain itu anak-anak disana juga mempunyai semangat belajar yang tinggi dan berkemauan keras untuk bangkit dari kondisi yang mereka alami.

Anak korban gempa aceh pidie jaya

Mirwaners, kita yang berada diluar lokasi bencana, marilah kita terus ulurkan bantuan dan berdoa untuk Pidie Jaya, Aceh, agar mereka kembali pulih total seperti sebelumnya. Dan berdoalah agar mereka tetap sabar dan bertahan agar derajat mereka semakin tinggi setelah mendapatkan cobaan ini. Karena cobaan dapat meninggikan derajat seorang muslim di sisi Allah dan tanda bahwa Allah semakin menyayangi dirinya. Semakin tinggi kualitas iman seseorang, semakin berat pula ujiannya. Tapi ujian terberat ini akan dibalas dengan pahala yang besar pula kalau dilalui dengan kesabaran.

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Jika Allah menginginkan kebaikan pada hamba, Dia akan segerakan hukumannya di dunia. Jika Allah menghendaki kejelekan padanya, Dia akan mengakhirkan balasan atas dosa yang ia perbuat hingga akan ditunaikan pada hari kiamat kelak.” (HR. Tirmidzi no. 2396, hasan shahih kata Syaikh Al Albani).

Juga dari hadits Anas bin Malik, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya pahala besar karena balasan untuk ujian yang berat. Sungguh, jika Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan menimpakan ujian untuk mereka. Barangsiapa yang ridho, maka ia yang akan meraih ridho Allah. Barangsiapa siapa yang tidak suka, maka Allah pun akan murka.” (HR. Ibnu Majah no. 4031, hasan kata Syaikh Al Albani).

Anak korban gempa aceh pidie jayaAnak korban gempa aceh pidie jaya

10 komentar untuk "Inilah Penyebab Anak Aceh Cepat Pulih dari Trauma Gempa"

  1. Semangat terus ya buat adek2 disana :')

    BalasHapus
  2. Semoga sehat terus anak2 di aceh ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinnn... Semoga aja mereka sehat-sehat aja...

      Hapus
  3. saya jadi inget Martunis...
    waktu nonton wawancaranya di tv, dia bilang anak2 sepantarannya di Aceh udah bisa lepas dari trauma Tsunami dan gempa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mas. Berita di JPNN juga bilang kayak gitu.

      Hapus
  4. Sehat-sehat selalu adek-adek disana. Waktu yang akan sembuhin semuanya :)

    BalasHapus
  5. oh ternyata faktor pendidikan agama ini sangat penting untuk pemulihan pasca trauma, semoga mereka menjadi anak2 yang sukses dan tidak melupakan tempat asal setelah menjadi sukses ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mas Budy. Pendidikan agama ini sangat penting untuk pemulihan pasca trauma. AMiiiinnn... Semoga aja mereka menjadi anak-anak yang sukses.

      Hapus