Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenang 12 Tahun Tsunami Aceh, Yuk Lihat Foto-Foto Ini

Mengenang 12 Tahun Tsunami Aceh

Mirwaners, kita semua pasti mengetahui bahwa peristiwa bencana Tsunami Aceh 12 tahun yang lalu sangat dahsyat. Rasanya tak mungkin bisa kita lupakan. Tapi peristiwa itu menggugah sisi kemanusiaan setiap orang yang menyaksikannya baik secara real maupun dari media. Masyarakat dari luar daerah maupun yang di sekitar bahu membahu membantu saudara kita di Aceh. Sehingga mereka mampu bertahan untuk melanjutkan kehidupan mereka di tanah rencong.

Dari Balik Lensa mengadakan Lomba Foto Silaturahim Indonesia Menangis, 12 Tahun Mengenang Tsunami Aceh. Objek foto adalah peristiwa Tsunami 2004 dan pascatsunami 2004 hingga 2016. Lomba foto ini gratis dan terbuka untuk umum yang pada akhirnya dimenangi oleh Bedu Saini yang berhasil meraih juara I, Fauzan Ijazah juara II, dan Tarmizy Harva juara III.

Pada hari pertunjukan, saya bersama teman-teman bisa menyempatkan diri berkunjung ke Museum Tsunami Aceh tersebut untuk melihat pameran foto-foto yang terpilih sebagai pemenang lomba. Pameran tersebut berlangsung mulai 14 hingga 31 Desember 2016 yang dipajangkan di dua lokasi PLTD Apung dan Museum Tsunami Aceh. Dalam pameran itu panitia penyelenggara memamerkan sebanyak 500 foto karya fotografer dari seluruh Indonesia.

Menurut Habadaily, pameran tersebut resmi dibuka dengan pemotongan pita oleh Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi pada Rabu (14/12/2016) sore. Saat pembukaan, tarian tradisional Aceh turut memeriahkan kegiatan pameran tersebut.

Sebelum acara tersebut dibuka, puluhan pengunjung sudah berdatangan ke Museum Tsunami Aceh untuk melihat foto yang dipamerkan. Salah satu dari mereka yang berkunjung adalah saya sendiri dan juga teman-teman yang lain. Pengunjung berasal dari berbagai kalangan dan usia. Sambil melihat-lihat foto-foto yang dipamerkan, saya tidak lupa jepret-jepret foto dengan latar atau berdiri disamping foto yang di pamerkan. Untuk melihat hasil jepretan saya, silakan lihat foto-foto berikut: 

Mengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami AcehMengenang 12 Tahun Tsunami Aceh

8 komentar untuk "Mengenang 12 Tahun Tsunami Aceh, Yuk Lihat Foto-Foto Ini"

  1. Baru tahu ada lomba foto hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama kita mas, saya juga baru tau, udah pengumuman pemenang baru tau ada lomba foto.

      Hapus
  2. Sangat menyedihkan melihat foto-foto tsunami aceh 2004. Merinding lihat masjid yang masih berdiri kokoh sementara bangunan lain disekitarnya rata dengan tanah. Allahu Akbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sungguh pilu melihatnya. :(

      Hapus
  3. liat poto potonya sedih banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betapa menderitanya mereka pada waktu itu.

      Hapus
  4. duh, kalo liat foto-fotonya jadi gimana gitu mas...
    untungnya, sekarang kata temen yang tinggal di Aceh, udah kembali seperti semula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang mereka alhamdulillah udah seperti semula mas.

      Hapus