7 Cara HIdup Hemat Ala Anak Kos Supaya Bisa Travelling



7 Tips Hemat Ala Anak Kos Supaya Bisa Travelling, cara hidup anak kost yang baik, cara menabung ala anak kost, tips anak kost baru, cara hidup hemat ala anak kos, cara mengatur keuangan bulanan anak kos, cara menghemat ala anak kosan, cara hemat anak kos kosan, cara agar bisa traveling

Mirwaners, apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata-kata “Anak Kos”? Tentunya kata-kata ini menggambarkan kehidupan seorang anak yang kehidupan kesehariannya serba sederhana, harus berhati-hati mengeluarkan uang, harus berhemat, karena jauh dari orang tua. Pada umumnya, anak yang tinggal di kosan itu adalah anak kuliahan yang berasal dari luar daerah lalu kuliah di kota dimana lokasinya itu jauh dari orang tua.

Kebanyakan anak kos ini bisanya mempunyai hobby yang bermacam-macam, salah satunya yaitu travelling. Anak kosan jangan sering-sering travelling lho, ntar uang bulanan transferan dari ortu gak cukup! Eiittsn… nanti dulu. Jangan salah ya. Anak kosan bisa travelling juga lho. Meskipun uangnya pas-pasan. Kok bisa? Ya bisa lah, asalkan mereka mengikuti tips berhemat supaya bisa travelling yang akan saya kasi ini. Jika anda anak kos yang ingin ber-travelling ria tanpa meminta uang lagi sama orang tua, maka ada baiknya anda ikuti cara menyisihkan uang untuk liburan atau cara berhemat berikut ini supaya nantinya anda bisa ngumpulin uang buat travelling :

1. Carilah rumah atau tempat kos yang dekat dengan kampus

Carilah rumah yang lokasinya dekat dengan kampus. Hal ini bertujuan agar perjalanan anda dari rumah ke kampus tidak terlalu memakan ongkos yang besar. Jika anda ke kampus menggunakan sepeda motor, maka dengan jarak yang dekat, bensin motor anda gak cepat habis.  Jika hanya berjalan kaki, dengan jarak yang dekat, anda akan cepat sampai ke kampus dan tidak terlalu capek. Tapi , jika anda terlanjur sewa rumah atau kosan yang jauh dari kampus, maka saya sarankan agar anda tidak menyewa rumah itu lagi saat masa sewanya udah habis. Cari lah rumah yang dekat dengan kampus ya. Nah, untuk memindahkan barang-barang anda nanti dari rumah yang lama ke rumah yang baru, jika anda tidak mempunya kendaraan sendiri, anda bisa kok menggunakan Jasa Pindahan Rumah dari Sejasa.com

2. Bawalah Uang Cash Seperlunya

Jika anda baru terima uang transferan bulanan dari orang tua, saya sarankan jangan anda tarik semua dari ATM. Tarik uang cash hanya secukupnya saja. Begitu juga kalau ke kampus, bawa lah uang cash seperlunya saja. Karena apa? Karena jika anda bawa cash yang banyak didalam dompet anda, maka anda akan tergoda untung membeli barang-barang yang kurang perlu dan pada akhirnya uang anda habis dengan cepat.

3. Masaklah Sendiri di Rumah

Masih ingat dengan lirik lagu dangdut ini “Masak, masak sendiri. Makan-makan sendiri. Cuci baju sendiri…”. Kayaknya lirik lagu ini cocok deh buat anak kosan. Untuk menghemat uang, anda seharusnya masak sendiri aja di rumah. Jangan sering-sering makan diluar. Karena masak sendiri dirumah itu lebih hemat dari makan diluar. Tapi jika anda lagi sibuk dengan tugas kuliah dan gak sempat mau masak sendiri, ya mungkin hal ini udah gak bisa ditolerir lagi, anda makan diluar aja, makan di warung.

Begitu juga dengan cuci baju. Jika anda memang benar-benar gak sibuk, jangan cuci baju di laundry ah. Cuci baju sendiri aja. Karena bisa hemat. Beli deterjen 1.000 rupiah, kemudian cuci deh sendiri. Jangan malas cuci baju sendiri ya. Selain bisa berhemat, anda juga bisa belajar mandiri dengan mencucui baju sendiri.

4. Refreshing di rumah aja

Walaupun anda lagi berhemat, bukan berarti anda gak boleh bersenang-senang atau refreshing saat weekend. Memang gak bisa dipungkiri, dengan tugas kuliah yang bejibun yang membuat anda hampir stress, tidak ada salahnya anda refreshing. Tapi jangan sampai refreshing anda menghabiskan banyak uang. Gak perlu deh anda refreshing ke mall, ke bioskop. Coba deh anda ajak teman anda nonton bareng dirumah aja sambil ditemani dengan cemilan. Atau anda bisa cari hiburan lain di rumah yang sesuai dengan keinginan anda.

5. Tulislah Quote atau Tempellah Foto yang bisa memotivasi

Coba deh bikin tulisan-tulisan yang bisa memotivasi diri anda. Contohnya, “Hemat Pangkal Kaya”, “Time is money”, dan kata motivasi lainnya, terus tempel di dinding kamar anda atau tempat-tempat yang selalu anda lihat. Selain kata-kata, anda juga menempelkan foto-foto tujuan travelling anda agar selalu bisa memotivasi anda setiap kali anda melihatnya.

6. Prioritaskanlah Kebutuhan Anda

Hidup mandiri di kota yang jauh dari orang tua memang membuat kita harus pintar untuk memilah mana kebutuhan dasar dan mana kebutuhan yang kurang diperlukan. Jika pada akhir-akhir ini anda memerlukan banyak uang untuk kebutuhan kuliah, maka penuhi terlebih dahulu kebutuhan kuliah tersebut. Lupakan sebentar urusan travelling. Karena kuliah itu merupakan hal yang paling utama yang harus anda perhatikan. Begitu juga kalau anda suka sering nge-mall, tapi anda juga pingin travelling diakhir bulan, sedangkan uang anda pas-pasan, maka tentukan prioritas anda. Apakah nge-mall itu lebih penting atau travelling pilihan utama anda? Anda sebaiknya tunda aja kebutuhan lain yang kurang perlu.

7. Cari Uang Sampingan

Sebagai mahasiswa, anda memang dituntut untuk belajar mandiri. Mandiri dalam berbagai hal, salah satunya yaitu mencari uang sampingan. Selain harus berhemat uang transferan dari orang tua, anda sebaiknya mandiri untuk mencari penghasilan tambahan untuk kegiatan travelling yang anda tunggu-tunggu itu. Untuk mencari uang tambahan ada banyak cara, contohnya, ngajar private, jadi guru les, atau kerja freelance.

Nah, itu lah 7 cara menabung agar anda bisa liburan. Bagi anda yang dikategorikan sebagai anak kos yang ingin berhemat untuk kegiatan travelling anda ya harus menabung. Semoga tips ini bermanfaat bagi anda. Ada yang ingin menambahkan tips ini?

Mirwan Choky

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


27 comments

Dulu pas ngekos, jalan2 lebih hemat kalau rame2 hahahaha jadi kalau makan dll patungan ngga ngabisin duit :D

Iya bener banget tu. Kalau beramai-ramai jalan-jalanya, bisa patungan sehingga biayanya gak terasa mahal.

1/20/2017

Cari uang sampingan tuh manjur hehe

1/20/2017

Hemat Pangkal Kaya :)
sepakat

makannya tetep 3 kali sehari atau dikurangi tuhhh....

1/20/2017

Pokoknya ditekan banget ya mas pengeluarannya :D

Iya.. bener banget.

Kudu sepakat :)

Hahahaa... Tetap 3 kali sehri dong, palingan porsinya dikurangin... :D

Iya... uangnya digunain yang perlu-perlu aja.

1/23/2017

Masak sendiri dan buat prioritas menurutku paling benar tuh. Jatah makan di luar bisa banyak kepangkas dengan masak sendiri. Lebih hemat..

Jalan-jalannya ke objek wisata yang dekat, mesti lebih murah ketimbang pelesiran ke Paris hahaha

omnduut.com

Hahaha... bener banget mbak. :)

Hahahaha.... boro boro ke Paris.... hahahaha..

Tipsnya ok neh, apalagi masak sendiri ya

Iya nih, moga bermanfaat yah.

no. 3 itu penting. Nambahin, cari tetangga kos yang doyan masak.

Hahaha... iya juga... cocok juga untuk yang cewek-cewek.

Saya asudah melaksanakan itu semua [insyaAllah] mwehehe xD
anyway saya punya juga foot yang naik sapu begitu [terus?] wkwkkww

Eh tapi yang belum itu nempelin quote" traveling xD

Mantap deh kalau udah melaksanakan yang diatas. Btw, nempelin juga dong quote "travelling nya...

1/29/2017

Kyaaa...itu aku bangeet, pas zaman ngekost ... xixixi. Bener-bener, biar hemat..

Hahhahaa.... Kalau zaman ngekos sih memang serba hemat...

1/31/2017

Sebagai anak kos, demi bisa traveling, aku sudah memenuhi beberapa poin, kecuali nempelin motivasi. Makin ditempel makin cuek, jadinya nggak ngefek. *shy

HAhahaha... iya sih, bagi beberapa orang, nempelin kata-kata motivasi itu gak efek bagi mereka.

Could it be just me or do a few of these comments look as if they are left by brain
dead folks? ?? And, if you are posting on additional places,
I would like to follow anything new you have to
post. Would you list every one of your social sites like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

4/16/2018

pengalaman traveling anak kos, tadinya mau hemat tidur di stasiun malah kehilangan dompet huhuhu

Hahaha... Yang sabar ya gan... Niat mau berhemat eh malah dompetnya hilang..

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: 7 Cara HIdup Hemat Ala Anak Kos Supaya Bisa Travelling
7 Cara HIdup Hemat Ala Anak Kos Supaya Bisa Travelling
7 Tips Hemat Ala Anak Kos Supaya Bisa Travelling, cara hidup anak kost yang baik, cara menabung ala anak kost, tips anak kost baru, cara hidup hemat ala anak kos, cara mengatur keuangan bulanan anak kos, cara menghemat ala anak kosan, cara hemat anak kos kosan, cara agar bisa traveling
https://4.bp.blogspot.com/-oyMIsQex7DY/WIF6g795h9I/AAAAAAAAQgc/3u28XeZNER4WnNymSXKXB_rOQgyah06KwCK4B/s1600/terbang.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-oyMIsQex7DY/WIF6g795h9I/AAAAAAAAQgc/3u28XeZNER4WnNymSXKXB_rOQgyah06KwCK4B/s72-c/terbang.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/01/7-tips-hemat-ala-anak-kos-supaya-bisa.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/01/7-tips-hemat-ala-anak-kos-supaya-bisa.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy