Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Wisata Gua Sarang, Raja Ampat-nya Aceh

Pesona Wisata Gua Sarang Sabang Aceh

Mirwaners, jika ditanya dimanakah tempat wisata yang paling indah di Indonesia ini, tentunya banyak yang menjawab Raja Ampat, Papua, yaitu sebuah tempat wisata yang sudah dikenal oleh seluruh dunia karena keelokan alamnya yang sangat mempesona. Tapi tahukan anda bahwa dibelahan Indonesia lainnya ada juga Raja Ampat-nya? “Ah masak sih, bang?” Iya beneran kok. Nama lokasi cantik yang agak mirip Raja Ampat ini yaitu Gua Sarang. Gua Sarang ini merupakan salah satu objek wisata pertualangan yang berada di Pulau Weh, Aceh.

Gua ini berlokasi di Gampong Iboih, Kecamatan Sukakarya, tepatnya di Balek Gunung atau antara Pantai Pasir Putih dan Lhong Angen. Sebenarnya lokasi ini merupakan kawasan hutan lindung yang mana udara disekitar gua ini masih sangat segar dan alami, belum kena polusi. Untuk menuju ke lokasi ini memang membutuhkan energi dan stamina yang ektra. Anda harus menempuh hutan dan tebing yang sedikit terjal. Tidak hanya melewati hutan, setelah kita turun melewati tebing curam dan hutan kita akan berjalan lagi menyusuri pinggiran pantai Balek Gunung dengan berjalan diatas batu-batu ditepi pantai sebelum sampai ke lokasi gua tersebut. Namun perjalanan anda akan terbayarkan dengan keindahan alamnya yang sangat mempesona. Apalagi dengan pemandangan lautnya yang sangat indah luar biasa. Pokoknya anda tidak akan bosan jika berkunjung berkali-kali ke tempat ini.

Pesona Wisata Gua Sarang Sabang Aceh

Nah, kalau dari pusat Kota Sabang, anda akan menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 28 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan untuk menuju ke Gua Sarang ini. Saat dalam perjalanan, beberapa ratus meter dari pantai Gapang akan akan menjumpai persimpangan yang menuju ke The Pade Resort dan akan melewati sebuah kawasan komplek TNI-AD. Ketika anda melewati komplek TNI ini berarti anda hampir sampai di lokasi dan terakhir anda akan berhenti di perkebunan warga, karena mulai dari kebun itulah anda mulai berjalan kaki menuju ke lokasi Gua Sarang.

Pesona Wisata Gua Sarang Sabang Aceh

Mirwaners, ketika anda hampir sampai dimulut gua, terlihat tebing bebatuan yang kini semakin berjatuhan, dipadu dengan pepohonan yang rindang. Belum lagi posisi Gua Sarang yang berhadapan langsung ke laut lepas dan berseberangan dengan Pulau Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Beningnya air laut memantulkan cahaya bak kilauan permata berwarna kebiru-biruan.  Selain itu, suara deburan ombak di bebatuan pinggiran gua dan hembusan angin laut membuat kita terasa damai dan membuat rasa lelah kita yang tadi semakin hilang. Jadi, bagi anda yang sudah kebetulan berada di Aceh atau yang akan berkunjung ke Aceh, jangan lupa sempatkan diri untuk berkunjung ke Gua Sarang ini ya.

Pesona Wisata Gua Sarang Sabang AcehPesona Wisata Gua Sarang Sabang AcehPesona Wisata Gua Sarang Sabang AcehPesona Wisata Gua Sarang Sabang AcehPesona Wisata Gua Sarang Sabang Aceh

45 komentar untuk "Pesona Wisata Gua Sarang, Raja Ampat-nya Aceh"

  1. Yaaah sayang banget waktu ke Sabang gak tau tempat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh... sayang banget yah tempat ini gak dikunjungi.

      Hapus
  2. Keren! InsyaAllah kalau ada rezeki, pasti akan visit tempat ini. TQ for sharing ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiinn. Iya sama-sama ya. Makasih juga udah berkunjung.

      Hapus
  3. bagus tempatnya hasil jepretannya juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat nya memang bagus banget. :D

      Hapus
  4. Liat air jadi pengin mandi... hehe

    BalasHapus
  5. Wah luar biasa cakep tebing2 gitu, mirip di Thailand jg ini. Tapi beda sih, pastinya ini lebih eksotis. Jadi pengen nyeburr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, kalau di lihat di Google memang mirip juga sama yang di Thailand, and of course yang ini lebih eksotis. Ayo nyeburrrrrr....

      Hapus
  6. woww...cakep pisaann...I love Indonesiaaa; tiket masuknya itu beneran cuma 5000?

    BalasHapus
    Balasan
    1. I love Indonesia too. Memang cakep pisan. Iya mbak, katanya memang 5000 biaya masuknya. Tapi ntah kenapa kami kemaren gak pake bayar, soalnya gak ada orangnya yang jaga. Jadi free deh. Hehehe...

      Hapus
  7. Cantikkkk bangeeet pantulan air laut gua sarang. . Semogaa bisaa mengunjungi kesana suatu hari nanti. Aamiin. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, memang keren banget air lautnya. Amiiinnn... semoga suatu hari nanti mbak juga bisa mengunjungi tempat ini.

      Hapus
  8. Semoga punya kesempatan untuk mengeksplorasi tempatnya dan merasakan langsung keindahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga aja ya kapan-kapan bisa ke tempat ini untuk merasakan keindahan Gua Sarang ini.

      Hapus
  9. eh bening banget mas
    tebing2nya juga asyik
    dari ujung barat aja udah asyik kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bener banget mas. Jernih airnya. Asik deh pokoknya.

      Hapus
  10. Ini tempat pernah diulas salah satu program liburan di TV hehehehe. Tapi pas mereka ke sini lagi ujan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oohh gitu ya, kok ramai ya yang bilang mereka ke daerah ini pasti lagi hujan. Kebetulan kah? Atau.....

      Hapus
  11. Ah.... Beberapa tahun lalu aku ke Pulau Weh dan ga mampir tempat ini. Dekat iboh? Mananya ya? Padahal dah ngerasa jelajahi semua sudut pulaunya. Nginep 2 malam di iboh lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, deket juga kok dengan Iboih. Sayang banget ya tempat ini mbak gak ngunjungin.

      Hapus
  12. Wah aku paling suka dengan pantai yg ada karang cantiknya gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kelihatan keren. Apa lagi airnya jernih, kelihatan seger dan pingin langsung nyebur.

      Hapus
  13. 😍😍😍😍 cantik banget pulaunya mas. Gak kebayang kapan aku bisa ke Aceh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Ayok mbak jalan-jalan ke Aceh. Disini banyak tempat wisata yang keren-keren lho.

      Hapus
  14. Ya Allah cantik bangetttt huhu jadi pengen kesana.

    BalasHapus
  15. Masih terjaga ya keasriannya. Airnya bening tapi tebing berbatu-batu itu ngeri juga kalau kepeleset

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, kayaknya belum ada campur tangan manusia. Masih asli. Iya mbak, kudu hati-hati kalau di tebing itu.

      Hapus
  16. Baru tau tentang tempat ini, cakep banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Memang cakep banget pemandangannya.

      Hapus
  17. Banyak spo2 baru yg akhir nya berjaya yaaa, 2017 di prediksi bakal muncul banyak tempat wisata yg dulu nya ngak di lirik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas, tahun ini pasti banyak muncul tempat wisata yang dulu bagi mereka menarik dan kini mereka ingin mengunjunginya.

      Hapus
  18. airnya bening banget, aceh menyimpan banyak tempat wisata air sepertinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang Aceh menyimpan tempat wisata yang keren-keren bingtis mas.

      Hapus
  19. Balasan
    1. Hehee.... Ayoooo.. jalan-jalan ke tempat ini. Ayoooo.... tempatnya keren lho. :)

      Hapus
  20. Mirip-mirip juga sama Phi Phi island yang di Thailand...
    Langsung masuk bucket list.

    Aceh, I'm coming! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap! Langsung masuk bucket list.
      Iya, bener banget mbak, memang mirip juga sama Phi Phi island yang di Thailand.

      Hapus
  21. masuk bucket list Babang

    BalasHapus