Tips Bertanya Di Jalan Raya Saat Travelling



Tips Cerdas Cara Bertanya Di Jalan Raya Saat Travelling

Mirwaners, ada sebuah pepatah yang sudah tidak asing lagi di telinga kita “malu bertanya, sesat di jalan”. Pepatah ini mempunyai makna agar kita tidak malu bertanya untuk mencari informasi tentang apa yang kita tidak tahu. Contohnya, saat kita lagi bepergian atau travelling ke suatu tempat, tapi kita lupa atau memang tidak tahu sama sekali jalannya, maka seharusnyalah kita bertanya langsung dengan orang-orang yang berada disekitar anda agar anda tidak sesat di jalan. Nah, dalam hal bertanya, jangan sembarangan juga ya. Segala sesuatu pasti ada etikanya. Begitu juga dalam bertanya, ada etikanya juga. Berikut ini saya bahaskan tentang tips bertanya saat anda berada di jalan raya.

1. Carilah orang yang menurut kita paham lokasi

Jika anda sedang membawa kendaraan bermotor saat travelling dan anda ingin menanyakan jalan atau sesuatu yang lain kepada orang di sekitar, maka hal yang pertama anda lakukan adalah mencari orang yang menurut kita benar-benar paham lokasi yang kita tuju. Contohnya, anda bisa bertanya pada pak polisi. Kalau anda tidak menemukan pak polisi, maka cari profesi-profesi yang daya jelajahnya tinggi seperti tukang becak, ojek, supir angkot atau supir taksi juga boleh. Dan kalau tidak menemukan juga, tanyalah pada penjaga warung atau penjaga kedai yang terdekat.


2. Matikanlah Mesin Kendaraan Anda

Setelah menemukan orang yang ingin kita tanyakan, maka stop-kan lah kendaraan anda dan matikan mesinnya supaya kita terlihat sopan dan beretika. Sehingga orang yang kita tanya pun dengan senang hati untuk membantu kita. Bayangin deh, saat kita mau bertanya, tapi motor kendaraan kita “bremmm… bremmm” kan gak enak, kan?

3. Turunlah dari Kendaraan anda

Setelah anda tadi mematikan mesin kendaraan anda, maka sebelum bertanya, sebaiknya anda turun dari kendaraan anda agar saat bertanya anda terlihat serius, komunikatif dan benar-benar lagi membutuhkan bantuan. Orang yang serius pasti akan dilayani dengan serius.

4. Awali dengan Senyum dan Salam sebelum Bertanya

Langkah seterusnya yaitu, jangan lupa seyum dan memberi salam kepada orang yang ingin ditanya. Senyum dan salam ini berguna agar kita terlihat friendly dan damai sehingga orang yang kita tanya tidak merasa takut. Coba bayangin, tiba-tiba kita disamperin tu orang tanpa senyum, tanpa salam, dan langsung nanya itu nanya ini. Palingan dia balas nanya” Siapa sih loe?” Dan jangan lupa gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan sopan saat bertanya.


5. Ucapkan Terimakasih Sebelum Lanjut Perjalanan

Jika anda sudah selesai  bertanya, makan sebelum anda lanjut perjalanan, jangan lupa ucapkan terimakasih. Jangan langsung kabur ketika sudah ditolong. Budayakanlah berterimakasih saat kita telah ditolong oleh orang lain. Karena ucapan terima kasih itu dapat membuat hati seseorang menjadi senang dan membuat seseorang itu merasa lebih dihargai atas pertolongan yang telah diberikan.

6. Rekam Perjalanan anda

Jika anda memang seorang blogger atau vlogger, pastinya anda ingin berbagi segala aktifitas travelling anda di akun media social yang anda punya, bukan? Jadi gak ada salahnya dong anda merekam perjalanan anda itu, termasuk merekam saat anda sesat dijalan dan bertanya-tanya sama orang. Seru lho saat kita melihat-lihat lagi hasil videonya nanti. Untuk aktifitas merekam seperti ini, lebih cocoknya anda menggunakan Action Cam atau Kamera Mirrorless juga bisa. Kalau anda belum punya kamera, ya beli dong, hehehe. Beli di Toko Online aja biar lebih gampang. Saat ini udah banyak kok yang Jual Kamera Online.

Demikianlah tips bertanya dijalan saat anda tersesat dijalan. Semoga bermanfaat. Ingat yah, carilah orang yang menurut kita paham lokasi. Terus, kalau udah jumpa, matikanlah mesin kendaraan dan turunlah dari kendaraan anda. Awali dengan senyum dan salam sebelum bertanya. Setelah selesai, ucapkan terimakasih. Oke?

Tips Cerdas Cara Bertanya Di Jalan Raya Saat Travelling

44 comments

1/13/2017

nomer 3 tuh yang paling sering dilupakan :)

1/13/2017

aku biasanya kalo nanya suka males turun dari kendaraan hehe

Memang ramai orang sering melupakan yang poin nomor 3 tu.

Ada baiknya kta turun dari kendaraan dulu mbak :)

Budaya ucapkan terimakasih ini yang harus digalakan, jangan asal kabur jika sudah paham.
Turun dari kendaraan jika itu memungkinkan.
Jika nanyanya sama perempuan cantik, jangna lupa minta nomor telephonenya juga. Siapa tahu nanti bisa berkenalan lebih lanjut.

Anonymous
1/13/2017

Kalo naek motor biasanya turun dulu, tapi kalo naek mobil biasanya ga.. hehehe.. tapi tergantung keadaan sih tapi..
kalo yang nomer 6 biasanya emang ga pernah dilakukan sih.. hehehe...

Jika nanyanya sama perempuan cantik, jangan minta nomor telephonenya aja, sekalian minta pin BBM nya. Hahaha...

Iya sih, tapi walaupun lagi pakai mobil, lebih baiknya keluar aja dulu dari mobilnya. Meskipun agak repot sih. Tapi lebih bagus. Kalau yang nomor 6 itu biasanya hanya sebagian dari orang-orang yang pingin eksis di dumay atau para blogger yang melakukannya. Menurut saya sih gitu.

Kalau perempuan mungkin diutaman bertanya kepada petugas kayaknya ya :D demi keamanan

1/13/2017

iya mas, turun dari kendaraan
sering lihat orang gak sopan gak turun terus nanyanya maksa
duh gak tak jawab kalo gitu xixi

Bener banget mbak, yang perempuan kudu hati-hati kalau di tempat yang asing.

Iya mas, ntar gak usah dilayani deh kalau mas ketemu sama orang yang ke gitu.

1/13/2017

Iya setuju... kurang sopan rasanya jika masih di kendaraan

Iya mas, sebaiknya kita memang turun dari kendaraan dulu sebelum minta bantuan.

Wah tipsnya penting ni untuk lokasi yg tidak ada di waze, makasih mas.

Wah tipsnya penting ni untuk lokasi yg tidak ada di waze, makasih mas.

Iya sama-sama ya. Bener banget, tips ini cocok banget untuk lokasi yg tidak ada di waze.

1/13/2017

Boleh juga tanya sama rumah makan yg ada deliverynya.. Daya jelajahnya juga ok tuh

Pengen cepet dijawab mas? Tanyanya sambil kibas-kibas duit 100 ribuan....

Ohh iya juga yah. Kan sering nganter makanan kan...

Hahahaa... kalau pakai kibas-kibas duit, orang yang gak ditanya pun langsung jawab dia..

1/14/2017

Wah bagus nih tipsnya. Betul tuh, saya juga sering tanya-tanya ke pangkalan ojeg/becak. Basanya soal jalan, pengetahuan mereka luas. Dan alhamdulillah, dari tips 1 sampai 5 di atas selalu saya pake :)

Nanya sama sembaarangan takut juga ah jaman skrg..takutnya malah orang jahat...

Iya mas, ojek atau becak memang pengetahuan mereka luas tentang jalan. KArena mereka ya biasanya beroperasi di jalan.

iya mba, hati-hati jangan nanya ke sembarangan orang, apa lagi kalau yang nanya itu cewe.

1/14/2017

berarti hanya blogger goblog yang tidak melakukan poin 2 s/d 4 ketika bertanya saat sedang traveling ya mang ya?

Kalo saya kadang nanya di warung gitu, sambil beli permen sedikit, itung-itung balas jasa.

hahaha...aku jadi teringat orang2 yang tersesat deh, kebetulan aku tinggal di tepi jalan dan sering liat orang2 tersesat....yang melakukan semua tips di atas (kecuali tips narsis ya) sudah pasti tak berlama-lama bingungnya...'kan langsung kulayani dengan baik, sedangkan yang diam seribu bahasa dan hanya seliweran bolak balik sembari celingak-celinguk...selamanya saja begitu... lha wong ada aku berdiri di tepi jalan siap ditanya kok malah dicuekin :)

ahahaa... gak gitu juga kali mas. Tips ini kan hanya berbentuk saran.

Ide yang bagus. Nanya di warung sambil beli sesuatu di warung nya, bikin si penjaga warung jadi semangat untuk membantu kita.

Hahaha... orang yang diam seribu bahasa dan gak mau nanya itu mungkin takut juga sama mbak, mungkin dia kira mbak orang jahat. Makanya mbak dicuekin. Hahaha... pissss.

1/15/2017

hi, onie dari Malaysia datang sini...hehe..pernah tak jumpa tempat di satu Negara tu..sedangkan dia stay di tempat tu. Tapi bagi direction pun salah,haha

mantap mas mirwan tipsnya tapi kebanyakan orang yang naik mobil kalo bertaya tidak pernah mematikan kendaraan apalagi turun dari mobilnya :( #malahcurhat

Hello, Onie. Hahaha... Memang selalu pun jumpa orang yg macam ni. Diorang asal situ, tapi tak tau jalan. HAhaa...

Iya mas Budy. MEmang banyak yang kek gitu. MEmang sih agak repot harus turun dulu dari mobil, tapi kurang sopan sih :)

aih. ini nih yang bagus dan mesti diterapkan. harus ada unggah ungguhnya karena kita berkunjung ke kampung orang. keren mas tips nya!

Keren tips nya, memang budaya ucapan terimakasih setelah bertanya perlu dilestarikan. Poin 1-5 sudah dilakukan tinggal yang no 6 nih. Suka lupa ngerekam. Asyik jalan jalan.

Iya bener banget mas. Harus ada unggah-unggahan, itung-itung untuk dokumentasi pribadi, Hehe...

Iya mbak, budaya ucapan terimakasih setelah bertanya memang perlu dilestarikan. Poin yang nomor 6 dilakukan juga dong mbak. Hehehe...

Nah iya bener tuh musti turun dulu dari kendaraan. Disini sampe ada dibikin tulisan gede2 kalo mau tanya turun dulu dari kendaraan. hwehehehehe

Iyaaa... harus turun dulu dari kendaraan. Hahaha... kok bisa ada yang bikin tulisn gede2 kayak gitu ya?

no 1 yg susah, biasanya ketemu orang main tanya aja :) Soalnya driver ojek atau pengemudi angkot blm tentu tau juga sih arah tempat yg ditanyakan

Iya mbak, driver ojek atau pengemudi angkot yang gak tau arah tempat biasanya mereka itu bukan orang yang berdomisili disitu.

5/10/2018

No,3 jarang mas. Lambat, ntar orang yang mau ditanya, yang kebetulan juga di jalan raya, jadi ngacir.

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa follow dan share ya.
Name

Aceh,44,Affiliate,1,Artis,7,Automotive,14,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,27,Culture,8,English Zone,13,Events,23,Fashion,1,Featured,34,Finance,5,Fitness,6,Gym,1,Hotel,10,I-Sing,10,Info,2,International,15,Kesehatan,3,Lifestyle,94,Lomba,2,Lowongan Kerja,1,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,13,PPG SM-3T,16,Property,3,Religi,1,Resep Masak,2,Review,26,Riau,17,Rommentiq,17,Shopping,8,Singapore,13,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,25,Timor Leste,1,Tips,38,Transportation,6,Travel,78,Viral,43,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Tips Bertanya Di Jalan Raya Saat Travelling
Tips Bertanya Di Jalan Raya Saat Travelling
tips bertanya saat anda berada di jalan raya, etika cara bertanya di jalan saat travelling,
https://3.bp.blogspot.com/-mCD9kJGGy8A/WHeQfcHoHEI/AAAAAAAAQc0/3aGLJkhyuSMZUKhrYb-FPZNJP-QLNbXIwCK4B/s1600/z.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-mCD9kJGGy8A/WHeQfcHoHEI/AAAAAAAAQc0/3aGLJkhyuSMZUKhrYb-FPZNJP-QLNbXIwCK4B/s72-c/z.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/01/tips-cerdas-cara-bertanya-di-jalan-raya.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/01/tips-cerdas-cara-bertanya-di-jalan-raya.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy