Review ABAH Digital Marketing : Pengalaman Ku dalam Dunia Digital Marketing



Pengalaman Ku dalam Dunia Digital Marketing

Apa yang anda pikirkan ketika mendengarkan kata ‘marketing’? Sebagian orang pasti merasakan bahwa merketing itu adalah tentang penjualan, pemasaran dan lain sebagainya. Tapi bagi saya, marketing itu dapat diartikan dengan suatu kegiatan yang kerjanya mempromosikan atau mengiklankan suatu produk atau jasa. Tempat mempromosikannya pun berbagai macam ragam seperti dipasar, ke rumah-rumah atau dipinggir jalan. Tapi kerennya, zaman sekarang sudah ada yang namanya digital marketing. Digital marketing ini bisa dikatakan suatu kegiatan untuk mempromosikan produk dan jasa secara digital. Digital marketing ini sangat keren sehingga bisa membantu para pebisnis untuk mendapatkan konsumen tanpa bersusah payah kesana kemari mencari alamat.

Dalam dunia digital marketing, saya sering menggunakannya dalam hal mempromosikan blog travel saya sehingga pada akhir-akhir ini pengunjung blog saya semakin naik dan pageviewsnya semakin meningkat. Hal ini terbukti ketika melihat di statistik blog dan jumlah komentar yang ada pada postingan blog tersebut. Teman-teman saya pun banyak yang nanya bagaimana caranya supaya blog kita banyak pengunjungnya. Oke, sebenarnya semenjak saya menjadi blogger, sekitar 1 tahun yang lalu, saya pernah beberapa kali berkecimpung dalam dunia digital marketing seperti berikut :

1. Facebook Ads

Pengalaman Ku dalam Dunia Digital Marketing

Facebook Ads adalah sebuah fitur yang terdapat di media sosial Facebook yang dipergunakan untuk mengiklan barang dan jasa yang ingin di promosikan oleh pengguna. Anda tentunya sering kali melihat postingan di Facebook yang berlabel ‘sponsored’. Postingan itu merupakan postingan yang diiklankan melalui fitur Facebook Ads oleh pengguna atau orang yang menggunakan Facebook. Pada saat pertama kali mengenal Facebook Ads, saya langsung mencobanya. Awalnya gagal. Saya tidak jadi beriklan di Facebook Ads karena metode pembayarannya hanya menggunakan kartu kredit. Padahal waktu itu saya belum memilik kartu kredit. Saya sempat berfikir bahwa Facebook Ads hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu saja.

Tapi, setelah beberapa waktu kemudian, ternyata Facebook menambah metode pembayarannya, yaitu transferan melalui ATM atau melalui Internet Banking. Saya senang sekali saat mengetahui informasi tersebut. Saya langsung bergegas mencoba untuk mengiklankan link blog saya ke Facebook Ads dan setelah otak atik langsung berhasil.

Dari marketing melalui Facebook Ads ini saya dapat mengambil kesimpulan bahwa di Facebook Ads kita bisa menargetkan kepada siapa saja iklan tersebut muncul. Contohnya, pengiklanan blog travel saya, saya bisa men-setting iklan tersebut menjadi sedemikian rupa sehingga iklan tersebut hanya muncul kepada pengguna atau orang-orang yang hobinya travelling saja. Selain itu, kita bisa juga men-setting di negara mana saja iklan kita akan muncul. Dikarenakan blog travel saya berbahasa Indonesia, jadi saya setting iklannya menjadi sedemikian rupa sehingga iklan tersebut hanya muncul di Negara Indonesia saja. Settingan ini sangat berguna untuk menartarget iklan kita kepada orang yang tepat.


2. Instagram Ads

Pengalaman Ku dalam Dunia Digital Marketing

Pastinya anda sudah bisa menebak apa itu Instagram Ads. Instagram Ads adalah salah satu fitur yang ada di aplikasi Instagram yang disediakan untuk pebisnis  yang ingin mempromosikan produk, jasa dan lainnya kepada pengguna seluruh dunia. Anda tentunya pernah melihat postingan di Timeline Instagram dari seseorang atau dari akun yang belum anda follow. Biasanya postingan yang seperti itu berlabel sponsored.

Saya pernah beriklan di Instagram beberapa waktu yang lalu. Berdasarkan pengalaman beriklan di Instagram Ads, postingan foto yang kita iklankan itu akan muncul kepada orang-orang yang sesuai dengan yang kita targetkan. Cara kerjanya hampir sama persisi dengan Facebook. Kita akan men-setting penargetan iklan tersebut sehingga iklan tersebut muncul hanya pada orang-orang yang sesuai dengan yang kita harapkan.

3. Blogwalking

Pengalaman Ku dalam Dunia Digital Marketing

Bagi anda yang suka ngeblog, pastinya anda familiar dan faham sekali dengan istilah ‘blogwalking’ ini. Blogwalking itu adalah suatu kegiatan dimana seorang blogger mengunjungi postingan blog orang lain dan kemudian memberi tanda jejak seperti memberikan komentar dan follow. Kemudian orang yang dikomentari tersebut kembali mengunjungi postingan blog orang yang mengomentari tadi. Jadi, ada timbal balik gitu. Hal ini tentunya salah satu kegiatan yang dikategorikan sebagai digital marketing. Dan marketing ini tentunya gratis tanpa pembayaran apa pun. Jadi, bagi anda yang mempunya blog dan ingin melakukan sesuatu secara gratis agar orang lain tau tentang blog kita, maka saya sarankan anda untuk blogwalking.

Saya sampai sekarang masih aktif menulis di blog. Sesuai dengan niche blog, saya menulis apa saja yang masih menyangkut tentang travelling. Kemudian, supaya tulisan saya dibaca oleh orang lain, saya bagikan tulisan saya di media sosial dan terus melakukan blogwalking ke postingan blog orang lain dengan harapan mereka juga akan mengunjung blog saya dan membaca postingan saya. Sehingga pada akhirnya, saya berhasil mendapat kunjungan dari mereka. Terbukti di setiap postingan blog saya pasti ada komentar dari orang yang pernah saya komentari blog nya.

4. ABAH

ABAH adalah perusahaan Digital Marketing Jakarta yang bergerak dalam dunia training intensif SEO dan juga bergerak dalam dunia digital marketing, terkhusus dalam penyediaan jasa kampanye yang berkualitas dan terpercaya. Saya berencana ingin menggunakan jasa ABAH Digital Marketing Specialist ini dalam mengkampanyekan blog travel saya agar blog saya semakin maju dan dibaca oleh banyak orang. Semoga saya bisa mencobanya nanti dengan lancar tanpa halangan apapun.

Pengalaman Ku dalam Dunia Digital Marketing

Demikianlah pengalaman saya dalam dunia digital marketing. Semoga dapat menginspirasi bagi mereka yang akan dan sedang berkecimpung dalam dunia digital marketing. Memang sebenarnya masih banyak lagi jenis digital marketing lainnya yang bisa anda lakukan, tapi diatas ini hanya beberapa jenis digital marketing yang sudah pernah saya lakukan. Saya sarankan kepada yang baru mulai berkecimpung di dunia digital marketing ini, anda harus lebih giat dan sabar dalam mempromosikan produk dan jasa anda secara digital. Kegagalan itu adalah hal yang biasa, tapi bangkit dari kegagalan itu adalah hal yang luar biasa.


Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


17 comments

Saya sudah cuba dua perkara iaitu Facebook Ads dan juga Blogwalking. Pertama kali sukar untuk percaya bahawa Facebook Ads boleh memberikan impak kepada apa yang kita iklankan. Setelah mencubanya, ternyata ia berhasil!

Ye bro, memang betol. Saya pun dah cuba bende ni. Memang berhasil. It's very recommended.

2/19/2017

Pengalaman yang cukup bagus dan dapat menginsprasi saya untuk mencoba satu atau dua diantaranya agar blog saya dapat target pengunjung. Thanks for share. Hehe

2/19/2017

Pengalaman yang cukup bagus dan dapat menginsprasi saya untuk mencoba satu atau dua diantaranya agar blog saya dapat target pengunjung. Thanks for share. Hehe

Makasih mbak Lisa. Iya mbak, semoga postingan ini dapat menginspirasi ya. :)

asik banget skrg FB ads udah bisa lewat transfer atm, semakin mudah untuk digital marketing..baru tau tentang ABAH, thx sharingnya

Iya mbak, asik banget sekarang Fb ads udah bisa bayaran lewat transferan ATM, jadi mudah deh, gak perlu pake kartu kredit.

Abah lagi heboh banget ya. Aku masih tertatih di dunia markeing kayak gini Mas. MAkasih infonya ya

Abah memang lagi heboh-hebohnya. Iya mbak, saya juga harus belajar lebih banyak lagi tentang marketing nih.

2/19/2017

aku ga begitu paham dunia marketing, soalnya ngeblog ya buat asyik aja
makanya cuma bisa blogwalking aja mas, hehe

Gak apa-apa mas, saya juga belum begitu menguasai dunia marketing. Yang penting kita terus aja coba kalau ada kemauan.

2/20/2017

ABAH ini apa lagi ??? aku takut suatu saat nanti UMMY nya muncul ihik ihik

Hahahaha.... Suatu saat nanti UMMY bakalan muncul tu mas.

2/22/2017

Sekarang banyak kemudahan ya untuk mereka yang jiwa bisnis, saya belum merambah ke arah bisnis sih, tapi enjoy aja ngeblog dan tentu berharap punya banyak pengunjung blog biar tambah semangat ngeblognya hehe

Iya mbak Maya, sekarang memang udah ada banyak cara untuk kemudahan bagi mereka yang berjiwa bisnis. Btw, kita harus tetap terus semangat ngeblog. :)

11/06/2017

abah.co.id link nya ga bisa dibuka mas

11/26/2017

Oh iya ya... kok gak bisa di buka ya?

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Review ABAH Digital Marketing : Pengalaman Ku dalam Dunia Digital Marketing
Review ABAH Digital Marketing : Pengalaman Ku dalam Dunia Digital Marketing
Review ABAH Digital Marketing. Semenjak saya menjadi blogger, sekitar 1 tahun yang lalu, saya pernah beberapa kali berkecimpung dalam dunia digital marketing seperti berikut :
https://1.bp.blogspot.com/-LFIwfjzkWe8/WKhe3IVKw4I/AAAAAAAAQxY/XdNTQ2HiL6ggjVFMGXlctrZ_H_ehE1WXACK4B/s1600/DIGIS.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-LFIwfjzkWe8/WKhe3IVKw4I/AAAAAAAAQxY/XdNTQ2HiL6ggjVFMGXlctrZ_H_ehE1WXACK4B/s72-c/DIGIS.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/02/pengalaman-ku-dalam-dunia-digital.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/02/pengalaman-ku-dalam-dunia-digital.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy