Uniknya Rumah Kapitan, Warisan Budaya Bagan Siapiapi



rumah kapitan bagan siapiapi rokan hilir

Mirwaners, kota Bagan Siapiapi, Rokan Hilir, merupakan kota yang penuh dengan hasil peninggalan sejarah Belanda. Sebagaimana yang telah saya kunjungi kemaren bersama tim Bagan Heritage, salah satunya peninggalan sejarah yang ada di Bagan Siapiapi adalah Rumah Kapitan. Di Provinsi Riau sendiri, sepertinya tidak ada lagi bangunan Rumah Kapitan, kecuali hanya ada di Bagan Siapiapi. Jadi, Rumah Kapitan yang ada di kota Bagansiapiapi ini adalah satu-satunya  Rumah Kapitan yang masih berdiri sampai sekarang.


Kota Bagansiapiapi ini juga merupakan kota yang memiliki mayoritas suku Tionghoa dan Melayu. Meskipun berbeda suku namun mereka tetap damai dan harmoni dalam menjalani aktifitas dalam kehidupan sehari-hari sejak dahulu. Salah satu bukti keharmonisan mereka dalam kehidupan bersuku-suku adalah adanya hasil peninggalan sejarah Belanda ini, Rumah Kapitan, yang didesain dengan gaya Tradisonal Tionghoa dan Melayu. 

Rumah Kapitan ini adalah warisan budaya sejak zaman dahulu dengan seni arsitektur yang klasik dipadu dengan gaya Tradisional Tionghoa dan Melayu yang seharusnya dirawat karena sebagai symbol keberagaman suku di Bagansiapiapi yang hidup dengan damai dan harmoni.  Selain itu, rumah kapitan ini bisa dijadikan salah satu objek wisata yang mungkin bisa mendapatkan perhatian bagi setiap wisatawan atau para traveller yang berkunjung ke kota “kota ikan” itu.

Sebenarnya terdapat beberapa Rumah Kapitan lain di kota ini, namun sebagian besar bangunan tradisional tersebut tidak terawat, bahkan beberapa rumah kapitan lainnya telah dihancurkan. Bangunan yang terbuat dari papan ini dirubuhkan dan dibongkar demi semata untuk memenuhi kepentingan ekonomi atau kepentingan modernisasi. Kini salah satu rumah kapitan yang tersisa di kota ini adalah Rumah Kapitan Tua Marga NG milik Kapitan NG I Tam. Bangunan ini telah didirkan pada awal tahun 1900.

rumah kapitan bagan siapiapi rokan hilir

Didalam rumah yang bersejarah ini masih terdapat beberapa peralatan yang sengaja ditinggalkan seperti beberapa kursi tua yang masih bisa dipakai untuk tempat duduk, sebuah piano tua yang sudah uzur dimakan usia, sepeda anak yang sangat klasik yang kini tentunya tidak akan diproduksi lagi sepeda yang sedemikian rupa. Dan masih banyak lagi peralatan-peralatan kuno yang terdapat didalam rumah kapitan ini. Selain itu, corak dinding, jendela dan pintu serta komponen-komponen lainnya yang terlihat sangat klasik dan berseni membedakan bagunan ini dengan bangunan modern yang berada disekitarnya.


Menurut sejarah, Kapitan merupakan seorang pejabat yang diangkat oleh Pemerintahan Kolonial Belanda yang zaman dahulu ia dipilih menjadi pejabat atas dasar ketokohan dan kekayaan serta pengaruh dalam masyarakat pedagang Tionghoa. Kapitan Tionghoa pada umumnya merupakan orang-perorang yang sangat kaya diantara komunitas masyarakat Tionghoa pada saat itu. Dan pada saat itu, kekayaan seseorang merupakan bagian dari parameter penghargaan yang tinggi dan juga pengaruh ketokohannya pada komunitas masyarakat Tionghoa yang dipercayai penuh berperan menjembatani kepentingan ekonomi, politik, dan sosial antara Pemerintah Kolonial Belanda dengan Komunitas Tionghoa.

rumah kapitan bagan siapiapi rokan hilir

Dengan peninggalan sejarah yang hanya ada di Bagan Siapiapi ini, sudah sewajarnyalah Pemerintahan Provinsi Riau, khususnya Pemda Rokan Hilir memperhatikan dan merawat peninggalan yang sangat berharga ini. Karena selain sebagai warisan budaya, juga sebagai destinasi wisata sejarah yang akan dikunjungi oleh para wisatawan. Bagi para wisatawan atau traveller diluar sana, mari kita kunjungi dan melihat dengan mata sendiri peninggalan sejarah Belanda di kota Bagan Siapiapi ini yang kemungkinan beberapa tahun lagi akan musnah dimakan oleh waktu jika tidak ada perawatan dari penduduk setempat.

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


46 comments

kapitan di palembang juga ada mas, cuma mungkin masih terawat untuk didaerah mas, daripada disini :(

wih kayu-kayunya meski keliatan usang tapi masih awet gak dimakan masa apalagi rayap ya mas, jadi membawa sejarah. Andai lebih dipoles lagi pasti lebih menarik. Btw, aku taunya Kapitan itu seorang kapiten yang mempunyai pedang panjang ^_^

4/15/2017

itu masih di huni ngga bang? apa cuma dipakai buat objek wisata aja?
kayu-kayu dan arsitekturnya masih kuno banget

Oohh... Ada juga ya Rumah Kapitan di Palembang? Bagus deh kalau terawat. Semoga nanti yang di Bagn juga dirawat oleh penduduk disana.

Iya mbak Lia, padahal udah 1 abad lho umurnya. Masih awet. Tapi sayang, hanya kurang terawat.

Udah gak di huni lagi mbak. Rumah ini udah di tutup oleh penjaganya, dibuka hanya ketika ada wisatawan yang pingin lihat didalam.

4/15/2017

wah pianonya sampe kayak gitu
ini heritage banget, harus ekstra ngewaratnya

seharusnya warga dan pemerintah saling membantu untuk menjaga dan melestarikan situs dan sejarahnya agar tidak hilang dimakan waktu

Iya mas, benar-benar heritage ini. Hahaha.... Sayangnya, kurang terawat.

Bener banget, kerja sama dari semua pihak sangat di butuhkan untuk merawat peninggalan sejarah ini.

ada mas, di kampung arab tempatnya.
semoga aja mas :)

Benar unik rumahnya ya, Mas. Aku penasaran sama sepedanya itu, masih ada ternyata ya :)
Coba kalau masih bisa digunakan ya, Mas :)

Iya mas Andi. Masih ada kok mas sepedanya, tapi kecil. Gak cocok buat mas. Hehehe...

Oh gitu ya? Mantap!!!

4/17/2017

Paling suka dengan wisata sejarah. Kapitan ini ternyata ada dimana mana yak. Kalau ga salah di Palembang juga ada.

Iya mbak, kayaknya Kapitan ini ada dimana-mana. Kalau dengar nama kapitan jadi teringat Kapitan Pattimura yang ada di uang kertas seribu rupiah.

4/17/2017

keren artikelnya. blognya juga keren :D
salam

Makasih ya mas Undi. Salam kembali.

4/17/2017

Baru tau ada rumah' seunik itu gan :D

Iya Gan, yuk jalan-jalan ke Bagan Siapiapi untuk melihat rumah ini.

4/17/2017

Jadi pingin kesini :)))

didirikan awal tahun 1900. tp masih masih bagus tuh rumah dan kayukayunya

4/17/2017

peninggalan sejarah kaya gini memang butuh perhatian besar.jangan sampai anak cucu kita gak hanya bisa liat lewat foto saja. sayangnya pemerintah masih menyepelekan situs semacam ini, padahal kalo mau dipromosikan pasti rame kok orang pada datang.

4/17/2017

Kalau secara kepemilikan Rumah Kapitan yang satu-satunya tersebut, siapa berarti mas? Itu kalau enggak dirawat, bisa punah. Sebaiknya ada tindakan langsung agar peninggalan bersejarah tersebut enggak punah yang berakibat, generasi berikutnya tidak bisa mengenali sejarahnya sendiri...

Ayo kesini mas. Jalan-jalan ke Bagan Siapiapi.

Iya mas, walaupun udah berabad, tapi masih kokoh.

Bener banget mas oll. MAkanya mulai sekarang pemda Rohil mulai membenahi lokasi-lokasi yang memungkinkan dijadikan tempat wisata.

Sekarang katanya rumah ini udah di ambil sama pemerintah setempat. untuk dijadikan tempat wisata sejarah. Tapi sayanganya kurang terjaga.

boleh juga itu di kunjungi, perlu di lestarikan peninggalan bersejarah seperti itu mas

Iya bener banget gan. Harus dilestarikan peninggalan sejarah ini untuk dijadikan destinasi wisata.

4/17/2017

itu sepeda ontel yg roda 3, keren tuh. tp gak bisa buat boncengan

Hahaha... iya mbah, tapi kecil. Hanya buat anak-anak.

4/17/2017

wih keren banget yah,, apa lagi jika untuk melestarikan.. sangat setuju ane gan.. hehe

Wow, vintage banget! Keren! Sayang banget jika kemudian rusak dimakan zaman. Semoga pemda setempat memperhatikan keberadaan sejarah seperti ini.

Memang Keren banget, semoga pemerintah bis merawatnya.

Iya mbak, sayang banget peninggalan ini kalau tidak di rawat dengan baik.

Wah 1900, tua, tp msh kuat & cantik ya

Iya mbak, udah ama tapi masih kokoh dan cantik.

wah seru banget bisa mengunjungi peninggalan masa lampau kayak gini..
btw, salam kenal bang

Iya seru banget mbak, selama kenal kembali ya mbak Lisa.

4/20/2017

Wah asyik ya bisa masuk ke rumah panggung, apalagi di dalamnya ada peninggalan sejarah adat juga.

ya asik dong mbak, bisa lihat barang-barang peninggalan yang antik didalam rumah ini.

Jadi ingat lagu anak-anak :
"Aku seorang Kapitan ..
mempunyai pedang panjang ..
kalo berjalan prak prok prak prok .. Aku seorang kapitan" :D

Saya baru tahu kapitan itu apa dari blog ini, saya pikir dulu itu Kapiten hehehe .. nice post

Waaah.... Jadi penasaran saya dengan lagu nya. Kira-kira di Youtube ada gak ya?

Wah, terima kasih sekali atas informasinya, sangat membantu sekali.

@Bisma Adinata terimakasih ya udah singgah ke blog nya....

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: Uniknya Rumah Kapitan, Warisan Budaya Bagan Siapiapi
Uniknya Rumah Kapitan, Warisan Budaya Bagan Siapiapi
Uniknya Rumah Kapitan, Warisan Budaya Bagan Siapiapi, objek wisata sejarah bagan siapiapi, tempat piknik dan rekreasi di Riau
https://1.bp.blogspot.com/-5WUdHPY1xZw/WPGd0yqeHcI/AAAAAAAARK4/9oIIBR9EHgw0q5uUWwiDaH0ZOfUzscnowCK4B/s1600/IMG_20170404_094829_H1DR.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-5WUdHPY1xZw/WPGd0yqeHcI/AAAAAAAARK4/9oIIBR9EHgw0q5uUWwiDaH0ZOfUzscnowCK4B/s72-c/IMG_20170404_094829_H1DR.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/04/uniknya-rumah-kapitan-warisan-budaya.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/04/uniknya-rumah-kapitan-warisan-budaya.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy