Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MSI Riau Berbagi dan Mengedukasi Siswa SDN 142 Pekanbaru

MSI Riau Berbagi dan Mengedukasi Siswa SDN 142 Pekanbaru

Pendidikan itu merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang. Sadar atau tidak, semua orang, baik laki-laki maupun perempuan tentunya pernah merasakan pendidikan dari masa anak-anak hingga dewasa. Setidaknya, waktu kecil, kita pernah dididik oleh ibu. Dididik cara ngomong, dididik cara pakai baju sendiri tanpa bantuan orang lain bahkan ibu juga pernah mendidik cara pipis agar pipisnya gak berserakan. Pada intinya, pendidikan terhadap anak-anak itu memang bermula dari rumah dimana kedua orang tua adalah sosok guru yang pertama kali hadir dalam kehidupan seorang anak.

Ketika usia anak mencapai lebih kurang 4 atau 5 tahun, maka anak tersebut mulai mendapat pendidikan tidak hanya dirumah, tapi juga disekolah. Mereka tidak lagi belajar cara pakai baju dengan mandiri. Mereka mungkin tidak lagi diajarkan bagaimana cara pipis agar tidak berserakan, tapi mereka dididik bagaimana bersikap yang baik dalam bersosialisasi dengan orang-orang disekitarnya. Mereka dididik bagaimana cara mengharungi kehidupan ini dengan sehat dan cerdas serta berguna bagi nusa dan bangsa sehingga mereka bisa menaikkan taraf kehidupan.

Dalam hal ini, Masyarakat SM-3T Institute (MSI) Riau turut berpartisipasi dalam menyehatkan dan mencerdaskan generasi penerus bangsa. Tepatnya pada hari Sabtu, 6 Mei 2017 kemaren, dalam momen Hari Pendidikan Nasional dengan tema “Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas”, MSI Riau berpartisipasi dalam mencerdaskan anak negeri dan berbagi ilmu di SDN 142 Pekanbaru yang berlokasi di pinggiran kota Pekanbaru. Berbagai macam kegiatan telah dilaksanakan dengan sukses pada hari tersebut. Jenis kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya adalah senam bersama. Senam bersama ini dilaksanakan di pagi hari agar jasmani siswa maupun guru tetap segar bugar sehingga pada hari-hari berikutnya bisa kembali melaksanakan aktifitas belajar dan mengajar dengan keadaan sehat walafiat.


Setelah melaksanakan senam pagi, mereka diajak bermain outbond. Dalam kegiatan permainan outbond ini mereka difokuskan untuk saling bekerjasama dengan teman-temannya dalam memecahkan masalah dalam sebuah permainan. Dengan riang dan gembiran mereka belajar bekerjasama untuk menyelesaikan permainan tersebut. Sebagai makhluk sosial, permainan ini sangat penting bagi mereka untuk belajar bekerjasama dan bersosialitas sehingga mereka bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah bermain outbond, MSI Riau mengadakan kampanye hidup bersih dan sehat dengan gosok gigi bersama. Dalam kegiatan ini, siswa-siswi disekolah tersebut diberitahukan bahwa betapa pentingnya untuk hidup sehat. Karena sehat itu mahal. Untuk memulai hidup sehat, mereka diajarkan dan didemonstrasikan cara gosok gigi yang benar. Setiap siswa mendapatkan 1 buah sikat gigi bersama dengan odol yang disediakan oleh MSI Riau. Selain itu, mereka juga diajarkan cara menyaring air secara tradisional. Hal ini berguna agar mereka nantinya bisa membuat penyaringan air secara tradisional dan mandiri dirumah. Mengingat mereka sekarang tinggal didaerah pinggiran kota dimana air bersih mungkin agak sulit dicari. 

Mereka juga diperlihatkan video dokumenter tentang kehidupan anak-anak sebaya mereka di daerah perbatasan Indonesia. Mereka diperlihatkan bagaimana kehidupan anak-anak lain yang serba kekurangan tapi masih semangat untuk belajar disekolah yang serba sederhana dan jauh dari teknologi canggih. Mereka juga diperlihatkan tentang keragaman budaya yang ada di Indonesia tercinta ini. Dengan memperlihatkan video dokumenter pengabdian SM-3T tersebut, diharapkan mereka nantinya lebih semangat dalam belajar dan semoga mereka lebih bisa menghargai apa yang mereka miliki sekarang ini.

A post shared by Mirwan Choky (@mirwanchoky) on

Pada akhir kegiatan ini, MSI Riau membagikan bingkisan kepada siswa-siswi berupa alat tulis, seperti buku, pensil, rol, dan beberapa alat lainnya. Dengan adanya pembagian bingkisan alat tulis tersebut, mereka dari golongan ekonomi lemah mudah-mudahan bisa terbantu dan tentunya berharap mereka tetap semangat dalam belajar dikelas. Respon posifit dan antusias yang luar biasa yang MSI Riau dapatkan dari siswa maupun para guru yang turut berpartisipasi dalam rangkaian acara dari pagi sampai siang di hari tersebut. Dari pihak sekolah juga berharap agar kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi pada periode berikutnya.

Sumber dana yang didapatkan untuk menunjang kegiatan ini adalah donasi dari lembaga dan beberapa individu yang berupa uang dan barang. MSI Riau mengucapkan ribuan terimakasih kepada mereka yang telah berdonasi. Bagi mereka yang telah mendonasikan hartanya demi kemajuan bangsa, semoga mendapatkan pahala dan semoga makin dimurahkan rezekinya. Amin!

Masyarakat SM-3T Institute Riau

16 komentar untuk "MSI Riau Berbagi dan Mengedukasi Siswa SDN 142 Pekanbaru"

  1. senang banget lihat senyum senyum anak sekolah, lagi belajar. pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, senyuman mereka menceriakan.

      Hapus
  2. Bener-bener bikin anak seneng, senang terus outbond. Jadi teringat masa-masa kecil dulu Mas, saat ini belum pernah senang lagi, sekalipun sering lihat dijalan, tapi gk pernah ikutan..hehe

    Semoga dengan dibagikannya alat tulis, semoga anak-anak itu bisa lebih rajin dan bisa menggapai cita-citanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.... iya mas. Semoga dengan dibagikannya alat tulis, semoga mereka bisa lebih rajin dan bisa menggapai cita-citanya.

      Hapus
  3. Eksis terus mas Mirwan. Selalu seneng kalau bisa berkunjung ke sekolahnya anak-anak. Ada aja kelucuan yang terjadi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Asik deh kalau ketemu sama mereka yang lucu-lucu ini.

      Hapus
  4. inspiratif :)
    semoga project berbagi dg anak-anak bisa berjalan konsisten dan merata ke berbagai sekolah lainnya di Riau. aamiin

    dulu ikut sm3t dimana bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiiinnn ya rabbal alamin. Dulu saya ikut sm3t di NTT mas. Mas Wisnu alumni sm3t juga ya?

      Hapus
  5. ngajar SD itu emang "hobi" yang paling asyik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas. Mereka itu lucu-lucu. Dan bikin gemes...

      Hapus
  6. ihhh enak nya bisa ikut program SM3T...
    paling hobi kalau udah ngajarin anak2 kecil.. seneng banget soalnya ngeliatnya. apalagi kalau mereka udah pada rebutan "mas mau salim" hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak doong. Kalau mereka udah slim salim gitu, hati jadi tenang deh.

      Hapus
  7. Senang banget ya bisa bersama anak-anak SD. Program SNM3T inspiratif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya asik banget mbak. Mereka ini lucu-lucu. Ada-ada aja tingkah lakunya. Hehhe... SM-3T mbak, bukan SNM3T.

      Hapus
  8. Ya Allah, sungguh menyentuh hati membaca posting ini. Program yang bagus. Senang dapat melihat anak-anak muda senyum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih awak. Mari kita berdoa untuk kesuksesan mereka.

      Hapus