Pengalaman Aneh saat Bikin Passport



Pengalaman Aneh saat Bikin Passport
Mirwaners, sepertinya memang agak ketuaan atau ketinggalan zaman atau apalah, umur udah segini tapi baru bikin passport, kemana aja selama ini? Tapi untungnya setelah lebaran idulfitri kemaren hati ini tergerak untuk membuat passport. Gak buat kemana-kemana sih, yang penting ntar kalau ada yang nanya, “Bang Choky, udah punya passport?” dengan senangnya saya menjawab “Iya, dek. Abang udah punya passport. Kenapa? Adek mau ajak abang jalan ya? ke Negara mana?” Haha… Kayak bener aja. Emangnya ada ya adek yang kayak gini, ngajak abangnya jalan-jalan? By the way, passport ini sangat penting bagi saya. Passport ini merupakan sebuah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Jadi, kenapa sangat penting bagi saya, karena saya sebagai travel blogger, mana tau suatu hari nanti saya diajak travelling ke luar negeri. Aammiiinnn! #ngarep. Intinya, saya harus membuat passport dari awal, supaya ntar saat digunakan saya tidak sibuk kesana kemari mencari alamat.


Sebenarnya, dalam pengurusan passport ini, ada satu persyaratan yang agak aneh bagi saya, kalau kita lihat dari persyaratan yang tertulis di website resmi Imigrasi (imigrasi.go.id), persyaratan untuk bikin passport untuk warga negera Indonesia yang berdomisili di Indonesia adalah seperti berikut:


Persyaratan Bikin Passport Biasa untuk WNI Berdomisili di Indonesia

1. Bagi warga negara Indonesia yang berdomisili atau berada di wilayah Indonesia, permohonan Passport biasa diajukan kepada Menteri atau Pejabat Imigrasi yang ditunjuk pada kantor Imigrasi setempat dengan mengisi aplikasi data dan melampirkan dokumen kelengkapan persyaratan yang terdiri atas :
  • a. kartu tanda penduduk yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri;
  • b. kartu keluarga;
  • c. akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis;
  • d.surat pewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • e. surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama; dan
  • f. Passport biasa lama bagi yang telah memiliki passport biasa. 
2. Dokumen kelengkapan persyaratan sebagaimana dimaksud pada poin 1 huruf c harus dokumen yang memuat :
  • a. nama;
  • b. tanggal lahir;
  • c. tempat lahir; dan
  • d. nama orang tua 
3. Dalam hal dokumen sebagaimana dimaksud pada poin 1 huruf c tidak memuat data sebagaimana dimaksud pada poin 2, permohonan dapat melampirkan surat keterangan dari instansi yang berwenang.
Nah, berdasarkan pengalaman saya kemaren saat mau bikin passport, semua persyaratan sudah saya bawa, tapi aneh nya, persyaratan yang diminta tidak hanya seperti yang tertera di website resminya. Ada satu hal yang agak aneh menurut saya. Pada awalnya petugas imigrasi itu nanya bikin passport untuk melakukan perjalanan kemana? Terus saya jawab bahwa saya ingin ke Malaysia. Terus om imigrasi itu nanya lagi, “di Malaysia ada siapa? Siapa yang dituju?” Lho, om imigrasi ini kepo banget sih. Terserah saya dong mau menuju siapa. Tapi saya jawab saja sesuai dengan fakta bahwa saya ingin ke Malaysia, ingin menghadiri acara wisuda keponakan saya. Setelah saya jawab, eh dia nya malah minta IC (Identity Card) keponakan saya. Lho, saya yang mau bikin passport, kok malah IC keponakan saya yang diminta? Yang lebih parahnya lagi, yang diminta itu IC beserta surat keterangan yang ditandatangani oleh keponakan saya. “Lho, pak. Gimana saya mau ke Malaysia minta tanda tangan keponakan saya, passport saya aja baru mau dibikin.” Gila memang. Katanya dia sih, IC itu untuk sebagai jaminan. Lah, emang saya mau ngapain sih disana pakai jaminan-jaminan segala, wong cuma di Malaysia kok. 
Saya orangnya gak suka debat, saya turuti saja dari pada nambah masalah. Saya langsung minta keponakan saya untuk mengirimkan foto IC nya lewat Inbox Facebook. Saya print dan kasi kan ke om imigrasi itu. Namun surat keterangan itu tidak bisa saya penuhi. Setelah melewati lika-liku,akhirnya passport saya selesai juga, meski menunggu selama 1 minggu. Secara logika sih, kalau seandainya saya ingin pergi ke Arab, apa saya harus ngasi juga IC beserta surat keterangan dari orang Arab ke om imigrasi itu? Hhhmmm… Gak tau deh, saya yang katrok, atau memang peraturannya seperti itu. Tapi, walau apapun, lega banget deh dengan biaya Rpp. 355.000, akhirnya saya bisa memiliki passport. I am ready to travel the world! Azzeekk!


56 comments

kayaknya memang tergantung jawaban kita sewaktu wawancara bang. Saya terakhir perpanjang paspor alasannya untuk berobat anak. Saya langsung diminta surat rujukan berobat ke rumah sakit disana, lah, saya perlunyakan 2nd opini, jadi belum (atau gak bakalan) ada rujukan. Setelah debat2 dikit akhirnya saya dibolehkan melampirkan hasil pemeriksaan di RS di Batam saja.

Memang begitu,beliau takut anda jadi imigran di malaysia dengan hanya mengunakan paspor dan visa holiday,prosedur petugas imigrasi sudah benar. Coba anda bilang hanya ingin holiday. Pasti urusannya gak seribet itu.

Memang begitu,beliau takut anda jadi imigran di malaysia dengan hanya mengunakan paspor dan visa holiday,prosedur petugas imigrasi sudah benar. Coba anda bilang hanya ingin holiday. Pasti urusannya gak seribet itu.

Biar makin percaya kalik mas, jadi nanyanya kudu detail
Alasannya kita ke negara tujuan harus meyakinkan xixixiix

Iya yaaa, kok ada2 aja dimintain segala macam. Aku pertamakali bikin pasport sih pas msh kecil mas, jd ga tau apa sedetil itu pasport pertama. Tp berkali2 aku udh renew pasport, ga ada ditanyain sedetil itu. Palingan ditanya mau traveling kemana lagi. Trs pas bikin pasport si kecil pertama kali, kita jg ga ditanyain macem2. Cm ditanya mau kemana, tapi ya udah, ga sampe dimintain aneh2 kayak mas.. Parnoan banget petugasnya yaa..

Owh, ditanyak2 gitu ya Kalo mau but passport
Ak ada rencana m sih mau buat passport,

Hohoho...itu parah jugaa. Alhamdulillah saya lancar lancar aja. Ditanyain juga sih mau kemana, terus saya jawab saya mau jalan jalan ke Malaysia sendiri. Yaa...habis itu dia enggk nanya nanya lagi coz' saya punya surat izin orng tua pembuatan paspor dan surat keterangan negara tujuan dan seharusnya gak perlu ada pertanyaan macam "mau kemana? Ngapain?" lagi.

Hmm sy waktu perpanjang thn kemarin cm ditanya mau kemana aja tuh.. berkas cm ktp, kk, ijazah, dan paspor lama beserta fotokopi.

Mungkin krn waktu itu sy msh pegang kartu pers kali yaa.. karena skrg freelance mungkin nanti beda urusan lagi kayaknya.. we'll se lahh.

ya ampun lihat gambar kaki berbulu aku sempet mikir ini cerita horor ketemu genduruwo pas bikin paspor... ternyata oh ternyata...
skrg isu lagi hot , jadi beberapa teman karyawan ex max..... dipersulit kalau mau perpanjang paspor . alasan petugas imigrasi karena perusahaan itu mau cabut dari batam takutnya nanti eks karyawan dibawa ke dubai jadi tki ilegal. aku pikir sih perusahaan sebesar itu nggak akan mempekerjakan tenaga kerja ilegal. ini petugas imigrasi kerja apa cari celah sih?

Belum pernah sih urus pasport, semoga gak ada hal-hal aneh seperti itu.

7/30/2017

Sepertinya pasti ditanya tujuannya untuk apa..kemarin saya nunjukin bukti ikut seminar, untung udah ngeprint

Memang begitu ko, Mas, dulu aja aku gitu pas bikin, ditanya mau kemana. Waktu itu aku mau ke Singapur, ada jalan2 sembari nulis buku, dan disuruh print surat, intinya surat untuk menyakinkan, bahwa disana yang tanggung jawab, gitu..

7/31/2017

klo ditanya mending buat jalan2 aja mas, biasanya sih aman
tapi jangan kayak saya, jalan2 ke Filipina, tar didoain ilang sama petugasnya -_-

persyaratan yang sangat membingungkan

Anonymous
8/01/2017

Ga aneh sih mas.. kalo dijawabnya kayak gtu pasti ya diminta macem2.. jawab aja mau jalan2.. selesai deh.. hehehe...

ogiti, jadi bisa berbagi pengalamn ya, aku jg bwlum pernah buat, makasi yarefetensinyaaa hiho

8/02/2017

Saya bikin passport saat ditanya tujuan cuma jawab Singapura untuk piknik. Selesai.

Mas, ngeyel mas, ngeyel. Kalo saya mah sekalian nyolot. Oh... nama bapak 'ini'. Oke, sudah saya catat. Kalo bapak mempersulit saya, akan saya tulis kejadian ini di kompas. Tapi mukanya harus judes gitu mas, jangan muka melas. Coba deh latihan dulu di depan kaca, wkwkwkwk.

Oooohh gitu ya mbak....

Ide yang bagus mas, tapi udah terlanjur terjadi. Wkwkwk

Iya juga sih mbak.

Iya mbak, kayak gak masuk logika gitu permintaannya.

Iya mas, ditanya-tanya gitu.

Iya mbak, parah banget deh. Bagus lah kalau mbak lancar-lancar aja saat bikin passport kemaren.

Kalau untuk perpanjang pasport mungkin beda lagi ceritanya mbak.

HAhahhahaa.... jangan salah fokus mas. :D :D :d

BIkin dong passport...

Iya, mantap deh kalau semunya udah ada,

Iya mas, alhamdulillah deh semuanya udah selesai.

Ohh gitu ya mas?

membingungkan banget.

HAhahaa... gak kepikiran kek gitu kemaren.

Iya bisa. Ayo dong bagi-bagi pengalamannya.

Mantap banget deh, gak banyak cincong tu orang.

Hahahhaa..... mungkin saya gak cocok mas, kemaren itu gak kepikiran mau bikin kayak gitu. hahaha...

Hahahaha kok malah d buat ribet ya, untung saya kemarin ga dimintain surat keterangan study tour sekalian waktu bikin paspor mau k malaysia juga :)

Hahahaha kok malah d buat ribet ya, untung saya kemarin ga dimintain surat keterangan study tour sekalian waktu bikin paspor mau k malaysia juga :)

Iya mbak, bikin ribet aja.

Anonymous
8/06/2017

wah sepertinya memang sedikit aneh hehehe ....

Cuthat bikin passport ni ye...

Lain2 tempat lain juga syaratnya ya.. Di Bandung dlu aku mbikinnya lancar aja..

Iya om, memang agak aneh.

Iya doonng.... hehe

Iya begitu lah, mungkin persyaratan tambahannya tergantung dari jawaban kita yang ditanya.

11/01/2017

Kalau boleh tau blog ini pakai template apa mas ?

11/01/2017

Memang begitu kok bang, saya dan suami juga jawab ke Malaysia dan ditanya siapa yang mau dikunjungi dan kami jawab aja mau wisata. Ya udah deh. Intinya wisata aja, meskipun ntar mau berkunjung ke rumahnya siti nurhaliza :)

11/01/2017

Wah, dikira mau nyari kerja kali, bang. Makanya ditanya2 gt. Soalnya pas aku mau bikin juga dikira mau kerja di luar. Wkekek. Padahal cuma mau liburan.

hal yang wajar mas. soalnya banyak orang yang bikin passpor untuk bekerja di luar negri secara ilegal. terutama kalo tujuannya ke malaysia pasti banyak pertanyaannya. mnding bilang ke singapura aja biar cepat kelar urusannya.

11/05/2017

Pake template magOne mas.

11/05/2017

Oohh.. iya ya, bagus juga tu ide nya. Kenapa saya gak kepikiran kayak gitu kemaren.

11/05/2017

Hahahaha... iya mungkin, kan sekarang lagi banyak orang Indonesia kerja di Malaysia ya kan?

11/05/2017

Iya sih, kayaknya bilang ke singapur aja deh ya kalau ada ntar yang mau bikin passport.

Kadang saya sampai berpikir. Apa jangan-jangan semoyan pemerintahan kita itu "Kalo bisa dipersulit kenapa di permudah"
Gak habis pikir soalnya. Menarik informasinya.

Dulu pas interview saya ngaku karyawan, soalnya mikir kalau ngaku wirasawasta malah ribet ditanya mavem-macem. Eh malah disuruh melampirkan surat keterangan dari atasan. Ngemis ke kantor temen deh minta tolong...

7/08/2018

Kayaknya iya sih.... tapi yaahh kita hanya rakyat jelata hanya bisa ikutin aja.

7/08/2018

Hahahahaa...... katanya sih malah bagus ngakunya sebagai wisatawan aja sih.

Komentar dengan backlink akan terhapus. Setelah komentar jangan lupa follow dan share ya.
Name

Aceh,44,Affiliate,1,Artis,7,Automotive,14,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,27,Culture,8,English Zone,13,Events,23,Fashion,1,Featured,34,Finance,5,Fitness,6,Gym,1,Hotel,10,I-Sing,10,Info,2,International,15,Kesehatan,3,Lifestyle,94,Lomba,2,Lowongan Kerja,1,Malaysia,3,NTT,13,Pendidikan,8,Pesawat,13,PPG SM-3T,16,Property,3,Religi,1,Resep Masak,2,Review,26,Riau,17,Rommentiq,17,Shopping,8,Singapore,13,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,25,Timor Leste,1,Tips,38,Transportation,6,Travel,78,Viral,43,Whatever,4,
ltr
item
Mirwan Choky: Pengalaman Aneh saat Bikin Passport
Pengalaman Aneh saat Bikin Passport
Pengalaman Aneh saat Bikin Passport, Persyaratan Bikin Passport Biasa untuk WNI Berdomisili di Indonesia
https://3.bp.blogspot.com/-wkKwgRnPkUQ/WX2BN6UURdI/AAAAAAAASWY/VIViPpWI-IUor1wErKr1odkzeSFl5freQCK4BGAYYCw/s1600/zzz.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wkKwgRnPkUQ/WX2BN6UURdI/AAAAAAAASWY/VIViPpWI-IUor1wErKr1odkzeSFl5freQCK4BGAYYCw/s72-c/zzz.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/07/pengalaman-aneh-saat-bikin-passport.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/07/pengalaman-aneh-saat-bikin-passport.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy