My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?



My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?
Mirwaners, kebanyakan orang pasti memiliki resolution atau goal di tiap-tiap tahunnya. Dan goalnya itu pun bermacam-macam seperti, pingin lulus kuliah, travelling ke Eropa, atau mungkin pingin ngajakin dia naik pelaminan. Alasan kenapa kita seharusnya memiliki goal tiap tahunnya karena goal itu bisa membuat kita menjadi semangat dan konsisten dalam menjalani aktifitas keseharian. Selain itu, resolution ini juga bisa menjadi sebuah pedoman agar menjadi terarah apa yang seharusnya akan kita lakukan di hari esok. Memang sih agak berat untuk menjalaninya, meskipun tidak seberat menemui calon mertua, tapi kalau kita menjalaninya dengan konsisten dan bawa enjoy, semuanya akan berjalan sesuai dengan harapan. 
My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?
Kalau ditanya, apa resolution mu di tahun ini? Maka saya akan menjawab “Ditahun ini saya akan merambah ke dunia Youtube. Saya pingin jadi Youtuber”. Tidak hanya kids jaman now lho yang pingin jadi Youtuber, tapi saya yang sudah agak tua ini, meskipun muka masih terlihat baby face, juga pingin jadi Youtuber lho. Ada yang bilang, “Jadi seorang Youtuber itu susah lho, bang!” Ya, benar sekali. Jadi Youtuber itu tak semudah yang teman-teman bayangkan. Menjadi Youtuber itu tak semudah mengungkapkan “I Love You” kepada pasangan.Tapi kata para Youtuber senior, menjadi Youtuber itu butuh kesabaran, kreatifitas dan perjuangan. Jadi, saya akan berusaha untuk mewujudkan hal ini di tahun 2018. Saya akan mencoba merealisasikannya dengan cara-cara yang telah saya terapkan pada resolution saya di tahun-tahun kemaren seperti berikut :

My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?
Cara untuk menggapai goal, selain harus konsisten dan enjoy, kita juga harus senantiasa berdoa agar apa yang kita inginkan bisa terkabulkan. Satu hal lagi, untuk mencapai goal, kita harus melakukan sesuatu sebagai pendorong, misalnya menempelkan kertas yang bertuliskan kata-kata motivasi ditempat-tempat yang sering kita lihat seperti di dinding, di pintu, di cermin dan ditempat lainnya. Jangan hanya nama dia saja yang anda tempel, tapi juga kata-kata motivasi yang perlu dibikin. Berdasarkan pengalaman, dulu sekitar tahun 2012, saat saya sudah berada di semester dimana teman-teman saya sudah pada lulus kuliah, saya sangat berharap untuk dapat menyelesaikan tugas skripsi saya. Saat itu, hampir semua teman-teman seangkatan sudah pada selesai semua kuliahnya. Hanya tinggal saya dan beberapa teman lainnya. Saya menjadi khawatir apakah saya bisa menyelesaikan kuliah sebelum di drop out. Interogasi berdatangan silih berganti dari saudara dan teman dekat, bertanya kapan saya bisa selesai kuliah. Sungguh bikin saya tertekan.
Akhirnya, pada akhir tahun 2012, saya coba memiliki resolution untuk tahun 2013, sebuah goal yang wajib saya gapai, yaitu harus bisa ujian compre dan harus bisa ikut wisuda. Saya coba dan berusaha sebisa mungkin untuk mewujudkan hal ini. Selalu berdoa dan kuatkan hati untuk mengerjakan skripsi. Tak lupa juga menempelkan kertas yang bertuliskan kata-kata penyemangat di dinding kamar saya. Dan syukur, setelah melalui pahit manisnya melakukan penelitian dan mengerjakan skripsi, akhirnya saya bisa mengajak orang tua dan saudara untuk hadir dalam acara wisuda saya.


My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?
Nah, pada tahun 2015, saya juga memiliki resolution yang pingin saya realisasikan. Di tahun ini saya pingin sekali memfokuskan isi konten blog saya ke satu topik, yaitu travelling. Kenapa travelling? Karena saya memang suka travel, packpackeran, jalan-jalan kesana kemari mencari jodoh, eh. Sebenarnya saya sudah mulai ngeblog beberapa tahun sebelum tahun 2015 ini, tapi dengan topik kontennya yang bercampur aduk, tidak terarah dan tidak konsisten ke satu topik. Meskipun selalu update dengan modal artikel copy paste, namun terbesit di hati bahwa “ini bukan karya gue!” Oleh karena adanya rasa tidak puas dengan cara saya ngeblog, akhirnya pada tahun 2015 kemaren saya memiliki resolution dimana saya pingin merubah cara ngeblog. Saya harus bisa menulis artikel sendiri tanpa menjiplak artikel orang lain. Saya harus memfokuskan topik konten blog saya ke topik travelling. Kenapa pingin fokus satu topik? Karena kata para blogger senior, blog dengan satu niche itu lebih baik dari pada blog yang topik kontennya bercampuran.
My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?
Jadi, dengan merubah cara saya ngeblog dengan modal niat, berdoa dan semangat serta konsisten menulis tentang travelling, akhirnya blog saya mulai berkembang. Blog saya mulai mendapat respon positif dari para pembaca sehingga sering mendapat email dari brand-brand terkenal untuk bekerjasama sampai sekarang. Terlebih lagi, yang membuat saya terharu adalah disaat saya diminta untuk mengisi beberapa acara talkshow untuk berbagi pengalaman ngeblog. Memang benar kata pepatah “Hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha”. Tapi juga saya tidak akan melupakan kata-kata ini “Tuntutlah ilmu dari ayunan hingga ke tiang lahad”. Meskipun sudah mendapat respon positif dari pembaca, namun saya tetap harus belajar agar bisa menjadi seorang blogger yang lebih baik lagi.

My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?


My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?
Sebenarnya saya sekarang sudah mulai lihat-lihat dunia per-Youtube-an. Saya pun sudah mulai coba-coba upload video saya sendiri yang bertujuan untuk hanya sebagai observasi dan test market. Video yang saya buat terdiri dari berbagai macam jenis dengan editing skill yang ala kadarnya. Meskipun kadang sampai sakit badan dan terpaksa minum Theragran-M, karena capek ngedit video, tapi saya harus tetap mencoba bikin video untuk di upload di Youtube. Saya pakai vitamin ini karena kata si mantan, “Kalau sakit jangan lama-lama”. Ciyeee…masih mengenang mantan!


My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber? Theragran-M ini adalah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan
Ohya, Theragran-M ini adalah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Saya pilih vitamin ini karena Kombinasi Multivitamin (Vit A, Vit B, Vit C, Vit D, Vit E) dan Mineral esensial (seperti Magnesium dan Zinc) di dalam Theragran-M ini sangat cocok bagi saya untuk penyembuhan dari berbagai jenis sakit yang membutuhkan dukungan daya tahan tubuh yang maksimal. Tapi sayang sekali, Theragran-M ini tak bisa menyembuhkan dari rasa sakit hati karena ditinggal si dia.



Ngomong-ngomong, survey dari beberapa video yang sudah saya upload di Youtube, saya bisa mengambil kesimpulan bawah ada banyak alasan kenapa di tahun 2018 ini saya lebih memilih ingin masuk ke dunia Youtube ketimbang mengenang mantan yang sudah lama pergi, diantaranya yaitu :
Disaat saya mulai fokus menulis blog tentang dunia travelling, ruang media ekspresi saya terasa menjadi agak sempit. Semua yang saya bicarakan di blog hanya tentang travelling. Alhasil, opini-opini saya tentang topik lain menjadi terpendam, tersimpan dilubuk hati yang terdalam. Padahal disaat orang lain sedang membicarakan topik tentang jodoh, saya kan pingin juga ngomong tentang itu. Media sosial tidak cukup bagi saya untuk meluahkan dan mengekspresikan apa yang saya pikirkan. Oleh karena itu lah saya merambahkan ke dunia Youtube. Saat di talkshow kemaren, salah satu peserta ada yang bertanya bahwa apakah saya akan meninggalkan dunia blog disaat saya mulai nge-Youtube? Dan saya pun dengan spontanitas menjawab “Tidak!” Walaupun saya merambah ke dunia Youtube, saya tidak akan pernah meninggalkan hobby nulis yang telah lama saya lakukan ini. Tapi saya hanya akan meninggalkan mantan saja. Saya akan meninggalkan dia juah-jauh, meskipun susah. Jadi, saya akan tetap terus update blog, begitu juga dengan Youtube.
Sejujurnya, semenjak keluar dari dunia kampus, saya menjadi jarang bereksplorasi di dunia bahasa Inggris. Saya khawatir kalau pelajaran bahasa inggris yang telah saya dapati selama ini menjadi lupa atau hilang seperti yang dialami teman saya. Dulu dia kuliah di jurusan bahasa Inggris, tapi dikarenakan jarang bahkan tidak diaplikasikan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari, sekarang dia menjadi kurang lancar ngomong bahasa Inggiris. Memang sih, di Indonesia ini tidak banyak yang menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari sehingga sangat sulit untuk mencari lawan bicara. Oleh karena itu, saya menjadikan Youtube ini sebagai wadah untuk melestarikan skill bahasa Inggris yang saya punya. 
Dibeberapa video yang telah saya upload, disitu bisa terlihat bahwa saya tidak bisa ngomong bahasa Indonesia dengan lancar tanpa code-switching dengan bahasa Melayu. Meskipun saya merasa saya sudah ngomong bahasa Indonesia dengan benar saat bicara di depan kamera, tapi setelah saya lihat lagi videonya, logat Melayu saya masih kedengaran. Orang-orang yang sudah melihat video saya juga bilang bahwa bahasa Melayu saya masih kelihatan meskipun sedang ngomong menggunakan bahasa Indonesia. Bahkan, ada yang menyarankan, “Jangan pakai bahasa Indonesia lah. Logat melayu mu masih ketara. Pakai bahasa Inggris aja. ”Tidak hanya di video, dipercakapan sehari-hari pun saya agak canggung menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Bukan berarti saya tidak suka bahasa Melayu. Tapi kan lucu aja kalau saya tidak bisa menentukan kapan harus menggunakan bahasa Melayu dan kapan harus menggunakan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, di Youtube ini, selain menggunakan bahasa Inggris, saya juga akan tetap terus mencoba menyelingin dengan menggunakan bahasa Indonesia.
Saya dulu adalah seorang introvert, dimana dulu saya sangat susah untuk bergaul dan mencari teman baru. Tapi sejak mulai aktif ngeblog, saya pun mulai mendapatkan teman baru. Sehingga kini, saya adalah salah satu orang yang sangat antusias kalau berbicara tentang teman. Apa pun akan saya lakukan demi persahabatan, selama itu masih dalam koridor positif. Jika ada teman-teman yang mengajak bertemu, saya bahkan rela meninggalkan sementara pekerjaan yang sedang saya kerjakan saat itu. Karena tanpa mereka, siapalah kita. Tanpa mereka, hidup kita hampa. Jadi, meskipun saya sudah memiliki teman dari beberapa komunitas, salah satunya yaitu komunitas blogger, tapi saya ingin menambah lagi teman dari komunitas lain, yaitu komunitas Youtuber. 



Jadi, intinya, meskipun sudah menjadi blogger, saya juga ingin menjadi Youtuber. Walaupun tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi dengan kesabaran, konsistensi, dan doa, semoga resolusi 2018 ini terwujudkan. Kesuksesan itu tidak bisa dicapai dengan instant, kecuali kalau masak mie instant. Bahkan melupakan mantan pun tidak bisa secara instant. Jadi, itulah resolusi saya pada tahun 2018, menjadi Youtuber. Bagaimana dengan resolusi anda?

*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M.
My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?

Yuk follow untuk mendapatkan info-info terupdate dari Mirwans.com


72 comments

Bang giveaway kapan?

12/11/2017

Oh iya ya... Kapan yaa...

12/11/2017

Moga jadi YouTuber sukses.

Please comment, like and subscribe! Hehe...

12/12/2017

Mantep

Semoga resolusinya terwujud ya mas. Aamiin.... BTW saya udah follow blognya ya, *ngasih kode.

Ini lomba blog dari Blogger Perempuan ya? Cowok boleh ikutan yah? Thanks salam kenal

12/12/2017

Semoga target 2018 nya tercapai ya mas..

Goodluck buat resolusi n lombanya yaa

12/12/2017

Semoga tercapai dan konsisten ya.

Blognya keren mas. Semoga bisa terkabul menjadi youtuber pada tahun 2018 yaa.. aamiin :)

12/12/2017

Aku banyakin meng-amin-kan resolusinya mas Mirwan niih..

Kalo aku,
Uda sadar diri bahwa kekuatannya bukan di delan kamera.
Hiihii...jadi kalo ga kepepet, gak aplot video.

Semangaatt, mas Mirwan.

12/12/2017

Saya yakin keinginan mas mirwans untuk jadi youtuber akan tercapai, karena di tahun 2017 ini produktifitasnya bikin video cukup tinggi. Semoga di tshun 2018 lebih meningkat lagi.

12/12/2017

Saya yakin keinginan mas mirwans untuk jadi youtuber akan tercapai, karena di tahun 2017 ini produktifitasnya bikin video cukup tinggi. Semoga di tshun 2018 lebih meningkat lagi.

12/12/2017

travelling sambil ngyoutube keren tu mas pasti banyak subscribernya, sukses resolusinya, pasti tercapai

Butuh kameramen nggak mas... HAHAHAHA

12/12/2017

Wah mantap om, semoga apa yang di cita-citakan terwujud dengan sempurna, saya pingin sih jadi youtuber cuma kurang 1aja nih, face nya gak mendung hahahah

12/12/2017

yang paling sulit ketika saya memiliki resolution adalah konsistennya gan, entah knpa goal saya selalu berubah-ubah sebelum saya mencapai goal tersebut

12/12/2017

yang paling sulit ketika saya mempunyai resolution adalah konsistennya gan, entah knpa goal saya selalu berubah ketika goal tersebut belum tercapai

12/14/2017

Moga terwujud dan lancar buat resolusinya yah. Udah rajin banget kan sekarang bikin video

Ngungkapon i love you kepasangan gampang tapi ke gebetan susah banget. Menurut saya kalau jadi youtuber itu harus PD soalnya depan kamera dan diliat banyak orang

12/15/2017

Semoga tercapai ya bang. Amin.
Itu theragran itu mmg ampuh utk sgra memulihkan kondisi setlh sakit.

Anonim
12/16/2017

Menjadi content creator memang butuh keseriusan dan harus terus mengasah kemampuan, semoga membuat konten yang bervariasi bukan hanya sekadar vlog saja. Terus semangat mas agar jadi Yutuber yang kreatif. :)

12/16/2017

Semoga tercapai bang

12/16/2017

Semoga cepat terealisasikan menjadi youtuber nya Mas, jadi youtuber emang gak gampang yang mau ngeblog aja susah apalagi jadi youtuber.yang penting semangat Mas

Asyik, ditunggu konten2 gokil di channel youtubenya lg bang

12/16/2017

Hanya bisa mendoakan semoga resolusinya tercapai. Jika sudah tercapai jangan lupa bagi-bagi dengan yang lain

12/17/2017

aku doain sukses ya, aamiin, cuma aku ingatkan ya kak, kalo ntar bikin video jangan ngambil video atau foto orang tapi ga kasih nama sumbernya atau malah ngasih nama dewek, hehehe

Kakak Nawra mau juga ini jadi youtuber

Iyapss utk jadi seorang youtuber hrs pnya skill ga kagokan saat berhadapan didepan kamera

"Hey guys welcome back to ma shienel" eakkkk

Ditunggu video2 barunya bang

12/19/2017

anakku juga bercita-cita jadi youtuber... tapi dia main game sih... semoga sukses dan terwujud resolusinya ya...

wah mau jadi youtuber , duitnya kencang yah kalo fokus

12/26/2017

Semoga sukses trs ngblognya dan kesampaian jd youtuber, ku aminkan yaaa.. Aamiin

12/26/2017

keren resolusi nya, aku juga ada keinginan untuk memperluas blog ke youtube aka bikin video yah.. tapi masih belajar cara edit dan upload nya juga nih hahahha. semoga kelak jadi youtuber handal ya AMIN

12/27/2017

Semoga keinginan untuk menjadi youtuber nya tercapai ya mas mirwan
kalo saya blum berani merambah ke youtube

12/31/2017

Saya dulu waktu awal-awal merantau ke Bandung juga logat jawa saya masih kenthal sekali. Lma-kelamaan bisa bahasa indonesia ala2 anak kota hehe.

12/31/2017

HAhahhaa.... AMin!!!

12/31/2017

Thanks gan.

12/31/2017

Amin ya rabbal alamin....
Ciyyeee... yang minta di folback... hehhee...
Udah saya folback ya...

iya lomba blog... semua kalangan boleh kok ikutan...

12/31/2017

Amin ya Allah...

Makasih ya mbak....

12/31/2017

Aminnnnn ya rabbal alamin.. makasih mbak.

12/31/2017

Makasih ya mbak.... Amiiiinnnnnn!

12/31/2017

AMiinnnn... makasih banget ya mbak Lendy...

cobain aja mbak ngoceng depan kamera, lama-lama pasti terbiasa... hehehe....

12/31/2017

Iya mas.... makasih banget atas dukungannya.... Ammiiin ya rabbal alamin...

12/31/2017

Iya mbak.... semoga aja. Makassih banget buat doa nya mbak.....

12/31/2017

Ahaaaiii.... boleh juga kalau mas mau jadi voluntir kameramen... hehehe

12/31/2017

Halaaahh.... hajar aja om.... jangan minder karena muka... hahahaha...

Thanks om buat dukungannya.

12/31/2017

KOnsisten itu kedengarannya sepele, tapi gak semudah membalikkan telapak tangan. Yan penting terus berusaha gan.

12/31/2017

Aminnn ya rabbal alamin... thanks kak Oci...
iya, kak. Semoga tetap semangat bikin video nya :D

12/31/2017

Kalau PD sih... yaaa... inisyallah udah PD kayaknya. Tapiii yaahh.. gitu lah... hvahahhaa

12/31/2017

Ammiiinnnn..... ya Allah..
iya maas... theragran itu top banget dah.

12/31/2017

Iya bener banget mas.... Makasih banget atas dukungannya mas.

12/31/2017

Iya.. makasih ya atas dukungannya.

12/31/2017

Iya... aminnn aminnnn...... makasih atas dukungannya mas.

12/31/2017

Iyaaa... jangan lupa subscribe yaaaa :D

12/31/2017

Iya mbak, insyaallah.... Makasih atas dukungannya mbak.

12/31/2017

Amiiiinnnnnnn.... Sippp mbak..... thanks buat saran dan dukungannya... :D

12/31/2017

Ayo dongg... kita sama-sama coba...

12/31/2017

Bener banget mbak, tapi bagi pemula mungkin perlu kebiasaan agar lancar ngomong di depan kamera.

12/31/2017

"....see you next time. Don't forget to subscribe to my youtube shienel..." hahahha,,,,, udah kayak youtuber beneran ya mas.

12/31/2017

Harus dukung mbak anaknya... supaya menjadi youtuber yang kreatif.

12/31/2017

Iya bro... yang penting berkreasi dulu, duitnya ntar datang sendiri... aazzeekk

12/31/2017

Amiiinn... ya rabbal alamin.... Makasih mbak atas doanya.

12/31/2017

Amiiiinnn.... ayo gan kita sama-sama coba produksi video.

12/31/2017

Iya mas... makasih ya atas dukungannya...
Kenapa belum berani mas? :D

12/31/2017

Oh gitu ya mbak... Saya sih kok gak berubah-berubah ya? Hehehe

Wah..resolusinya unik...semoga tercapai yaa..aamiin...

Wah Calon Youtubers Sukses nih bisa kaya Calon Sarjana Channel....

1/01/2018

Amiin semoga terwujud jd youtubers nya. G'luck buat lombanya

Amiiinnn.... makasih ya mbak.

Makasih gan... doain aja yaa.....

Makasih atas doa dan supportnya mbak.

Sama donk, saya juga lagi menekuni dunia peryutuban, moga konsisten ya kakak

Ammiinnn.... mari kita berkreasi gan...

Nama

Aceh,45,Affiliate,1,Artis,8,Asuransi,3,Automotive,19,Axioo Blog Competition,1,Axioo Indonesia,1,Bagan Siapiapi,7,Berita,2,Blogging Tips,6,Cheria Halal Holiday,1,Culinary,42,Culture,9,English Zone,37,Events,33,Fashion,1,Featured,10,Film,9,Finance,32,Fitness,59,Gym,1,Health,6,Hotel,20,I-Sing,10,Info,17,International,20,Kesehatan,13,Lifestyle,110,Lomba,2,Lowongan Kerja,3,Malaysia,11,NTT,13,Pendidikan,18,Percetakan,5,Pesawat,14,PPG SM-3T,16,Property,4,Religi,1,Resep Masak,2,Review,27,Riau,23,Rommentiq,16,Sablon,3,Shopping,8,Singapore,20,Skin Care,1,Smartphone,6,Sponsored,8,Surakarta,1,Techno,39,Technology,7,Timor Leste,1,Tips,43,Transportation,12,Travel,96,Viral,5,Whatever,3,
ltr
item
Mirwan Choky: My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?
My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber?
My 2018 Resolution – Pingin Jadi Youtuber? Theragran-M ini adalah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan
https://2.bp.blogspot.com/-7SwYFr172RA/Wi1QjattfmI/AAAAAAAATFw/XsTmqhqqSCgUVxAsOBqx3WlJJOFB_tuCACK4BGAYYCw/s1600/filmmaker-2838932_1280.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-7SwYFr172RA/Wi1QjattfmI/AAAAAAAATFw/XsTmqhqqSCgUVxAsOBqx3WlJJOFB_tuCACK4BGAYYCw/s72-c/filmmaker-2838932_1280.jpg
Mirwan Choky
https://www.mirwans.com/2017/12/my-2018-resolution-pingin-jadi-youtuber.html
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/
https://www.mirwans.com/2017/12/my-2018-resolution-pingin-jadi-youtuber.html
true
6351450605521220399
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All YAKIN SUDAH BACA YANG INI ? LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy